Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka. Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Tingginya mobilitas orang, barang, jasa, dan informasi antar-ruang merupakan implikasi dari revolusi  ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. 

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka


Berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dilingkungan masyarakat tersebut telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek ekonomi. Banyak kegiatan masyarakat yang telah berubah dan bertransformasi sedemikian rupa mengikuti perkembangan zaman. 

Beberapa perubahan dan transformasi tersebut ditunjukkan melalui adanya kemudahan dalam mengakses informasi,  perubahan tersebut, berupa kemudahan dalam melakukan pembayaran, kecepatan mobilitas barang dan jasa, dan semakin banyaknya bentuk usaha kerakyatan yang berbasis digital, 

Hal tersebut memberikan dampak pada berubahnya model pembelajaran mengenai ilmu ekonomi, khususnya yang diberikan di tingkat menengah atas, sehingga modul ajar ekonomi SMA inipun di rancang sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman sehingga bisa menghantarkan peserta didik mampu terlibat dan beradaftasi dalam perubahan tersebut.

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka

Modul ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka ini didesain agar peserta didik mampu mengikuti perubahan paradigma yang diikuti dengan perubahan prilaku dalam menjalankan tindakan ekonomi, sehingga seseorang menjadi efisien dan bertanggung jawab sebagai tujuan utama mempelajari mata pelajaran ekonomi pada pendidikan menengah. 

selain itu modul ajar ekonomi SMA kurikulum Merdeka ini menjadi perangkat ajar yang dapat  membantu para  guru dalam proses Pembelajaran ekonomi, dalam membentuk generasi mandiri dan kreatif yang mampu mengatasi masalah-masalah sosial kontemporer pada masyarakat seperti rendahnya etos kerja dan menurunnya jiwa kewirausahaan.

Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang menguraikan berbagai upaya manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya. 

Mata pelajaran ekonomi merupakan mata pelajaran yang mempunyai materi yang sangat kompleks dan mempunyai relevansi tinggi dalam kehidupan sehari-hari (Amir, 2016). sehingga modul ajar ekonomi dirancang untuk mempermudah peserta didik memahami konteks pembelajaran, serta mampu menjadi pelaku ekonomi tingkat global namun tetap berpijak pada kearifan lokal. 

Pendidikan ekonomi yang berkearifan lokal menjadi mutlak dilakukan agar peserta didik memiliki berbagai kompetensi yang dibutuhkan guna menyikapi berbagai fenomena dan tantangan perekonomian baik di lingkungan kecil seperti keluarga hingga di lingkungan besar seperti masyarakat internasional.

Dalam konteks pembelajaran di sekolah, pendidikan ekonomi perlu dibangun dengan paradigma bahwa dunia dapat berubah dengan cepat mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu, Modul ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka ini disusun dengan paradigma pembelajaran ekonomi diantaranya :

  1. mendorong peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber yang tersedia, bukan sekedar diberi tahu;
  2. mendorong peserta didik untuk mampu merumuskan masalah dengan melatih kemampuan bertanya, bukan hanya menyelesaikan masalah dengan menjawab melalui bantuan mesin (komputer, ponsel pintar) yang dapat menyajikan dan memproses data secara cepat;
  3. memotivasi peserta didik dan melatih berpikir analitis (pengambilan keputusan) bukan berpikir mekanis (rutin) yang dapat dilakukan oleh mesin yang terprogram; dan
  4. menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat mengomunikasikan informasi yang dihasilkan baik cara perolehan dan kegunaan informasi tersebut.

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka sebagai perangkat ajar yang dirancang agar peserta didik dalam memperlajari ilmu ekonomi disertai proses pembelajaran yang menanamkan karakter yang mandiri dan bernalar kritis sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. 

Berikut ini modul ajar Ekonomi SMA yang admin gurusumedang kumpulkan dari sumber kemdikbudristek yang disusun oleh :

  • Fiktor Piawai,S.Pd.,M.E  dari Quipper
  • Yeni Fitriani, S.Pd., Gr  dari  SMA Alwildan Islamic School

Semoga bisa dijadikan  contoh modul ajar dan rujukan sobat GS dalam membuat modul ajar ekonomi yang sesuai konteks dan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didiknya masing-masing.

Buku Guru dan Buku Siswa Ekonomi

NoBuku Teks Download
1 Buku Guru EkonomiDownload
2 Buku Siswa Ekonomi Download

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Ekonomi

No CP & ATP Download
1 Capaian Pembelajaran  Download
2 Alur Tujuan Pembelajaran Download

Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka

No   Topik /Modul Penyusun Download
1 Konsep Ilmu Ekonomi, Kelangkaan (Scarcity),
Biaya Peluang (Opportunity cost, Skala Prioritas,
Circular FlowDiagram, Utilitas, Produktivitas,
Pasar Ekulibrium  (X)
Fiktor Piawai,S.Pd.,M.E Download
2 Badan Usaha dalam Perekonomian (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
3 Pendapatan Nasional, GDP, GNP Pendekatan Produksi, Pendekatan Pengeluaran Pendapatan
Perkapita (XI)
Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
4 Ketimpangan Distibusi Pendapatan (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
5 Ketenagakerjaan (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
6 Pengangguran (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
7 Permintaan dan Penawaran Uang (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
8 Indeks Harga dan Inflasi (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download
9 Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal (XI) Yeni Fitriani,S.Pd.Gr Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya semua mapel di:  Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan contoh dan rujukan dalam menyusun modul ajar Ekonomi SMA sesuai konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi. semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.