Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka. Seni Teater merupakan ekspresi manusia terhadap berbagai fenomena melalui media yang lebih kompleks, dengan menggabungkan semua bidang seni, baik bidang seni tari, musik, akting, seni rupa, dan multimedia. 

modul ajar seni rupa sekolah penggerak, modul ajar seni rupa smk, modul ajar seni rupa kurikulum merdeka kelas 4, modul ajar seni rupa fase d, modul ajar seni budaya kelas 9, modul ajar seni rupa kelas 7 kurikulum merdeka, modul ajar seni musik kelas 7 kurikulum merdeka, modul ajar seni rupa kelas 7 menggambar

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka


modul ajar seni rupa sekolah penggerak, modul ajar seni rupa smk, modul ajar seni rupa kurikulum merdeka kelas 4, modul ajar seni rupa fase d, modul ajar seni budaya kelas 9, modul ajar seni rupa kelas 7 kurikulum merdeka, modul ajar seni musik kelas 7 kurikulum merdeka, modul ajar seni rupa kelas 7 menggambar

Manusia memiliki sifat homo ludens (manusia bermain), sehingga sejak usia dini teater dapat diajarkan sebagai bentuk pengenalan, pemahaman, pengolahan, peniruan (mimesis) dan pengekspresian emosi melalui tubuhnya. 

Melalui modul ajar seni teater SMA kurikulum merdeka ini siswa di dorong dan diajak untuk  bermain peran, mengajak siswa untuk mengasah daya pikir (imajinasi dan bernalar kritis), mengenali dan mengembangkan potensi diri (mandiri) serta meningkatkan kepercayaan diri.

Modul ajar teater SMA  siswa dirancang agar peserta didik mengalamai proses pembelajaran dengan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal agar peserta didik dapat berinteraksi dan menyampaikan pesan dengan lebih baik dan menarik lagi dengan lingkungan sekitar. 

kemudian memparaktekannya dalam bentuk eksperimen pertunjukan di kelas, di mana peserta didik dapat bekerja sama dalam permainan peran, menulis naskah, atau latihan repetisi dalam gladi bersih. 

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka

dengan adanya modul ajar seni teater SMA membantu guru untuk dapat mengarahkan dan membawa peserta didik atas persoalan- persoalan yang ada di sekitarnya, mencari lebih jauh permasalahan, dan menggunakan media seni teater untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengulik, menyampaikan atau mencari alternatif jawaban terhadap persoalan tersebut (berpikir kritis, kreatif dan asas berkebhinekaan global). 

Seni teater dapat mengajarkan empati dan tanggung jawab kepada sesama, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali dan mengeksplorasi potensi individu, kerjasama, dan unity menuju kreativitas estetis, berdasarkan norma yang berlaku (beriman dan bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa).

Oleh karena itu, mata pelajaran seni teater dapat membentuk profil Pelajar Pancasila dengan 

  • sikap beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, 
  • kritis (mengasah daya pikir, memahami persoalan di sekitarnya), 
  • mandiri (mengenali dan mengembangkan potensi diri), 
  • gotong royong (memahami kerja ansambel sehingga semua peserta didik memiliki peran untuk mencapai tujuan bersama), 
  • kreatif (mencari solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi di lingkungan sekitarnya), dan memiliki sikap hormat dan toleransi pada kebhinekaan sebagai bagian dari masyarakat global.

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka

Berikut ini Contoh modul ajar Seni Teater SMA yang disusun oleh :

Semoga penyusun mendapatkan keberkahan atas kebaikannya dalam berbagi contoh modul ajar seni teater SMA.

Mudah-mudahan dapat dijadikan rujukan sobat gurusumedang dalam membuat modul ajar seni Teater SMA sendiri yang sesuai potensi lokal, konteks dan karakersitik satuan pendidikan dan peserta didiknya masing-masing.

Buku Guru dan Siswa Seni Teater

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Seni TeaterDownload
2Buku Siswa Seni TeaterDownload

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

NoCP & ATPDownload
1Capaian Pembelajaran Seni  TeaterDownload
2Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater Download

Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka

NoTopik /Modul PenyusunDownload
1modul ajar seni : Improvisasi (X)Tria Sismalinda Download
2modul ajar seni : Menulis Naskah (X)Tria SismalindaDownload
3modul ajar seni :  Merancang Tata Artistik Panggung Deden Yusuf.S,S.Sn Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA semua mapel di Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan perbandingan dalam menyusun modul ajar, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Seni Teater SMA Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.