Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka. Seni merupakan refleksi, ekspresi, dan apresiasi serta respon manusia terhadap berbagai fenomena yang terjadi dalam kehidupannya, baik di dalam (diri) dan di luar (budaya, sejarah, alam dan lingkungan) seseorang, yang diekspresikan melalui media dalam bentuk tari, musik, rupa, lakon/teater.

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka


Seni sifatnya universal, ia dapat masuk ke berbagai hal dan membuka sekat-sekat perbedaan dan menyuarakan hal-hal yang tidak dapat diwakili oleh bahasa. Seni mengajak manusia untuk mengalami, merasakan dan mengekspresikan keindahan.   Melalui modul ajar seni tari SMA kurikulum merdeka ini didesian agar peserta didik diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik agar manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global dan sejahtera secara psikologis, sehingga berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan.

Seni sifatnya universal, ia dapat masuk ke berbagai hal dan membuka sekat-sekat perbedaan dan menyuarakan hal-hal yang tidak dapat diwakili oleh bahasa. Seni mengajak manusia untuk mengalami, merasakan dan mengekspresikan keindahan. 

Melalui modul ajar seni tari SMA kurikulum merdeka ini didesian agar peserta didik diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik agar manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global dan sejahtera secara psikologis, sehingga berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan. 

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka

Untuk itu, modul ajar seni tari SMA Kkurikulum merdeka ini berisi dengan pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni dan belajar melalui seni.

Modul Ajar Seni tari SMA Kurikulum merdeka ini menjadi perangkat ajar guru dalam membantu peserta didik memiliki kepekaan estetis, mengembangkan sensitivitas, multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai-nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif. 

Pengetahuan, sikap dan keterampilan yang di rancang dalam modul ajar Seni tari SMA Kurikulum merdeka  dengan memperhatikan budaya dan konteks sosial melalui pengalaman mengalami, menciptakan, refleksi, berpikir, dan bekerja artistik, dan berdampak sesuai elemen pada capaian pembelajaran seni dari berbagai sumber. 

Kegiatan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam tari menggunakan tubuh sebagai media komunikasi yang memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat setempat. 

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka ini mendorong peserta didik  melalui Tari untuk  dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan keterampilan abad 21 yang terkait dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk menjawab tantangan di era global yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

Harapannya melalui modul ajar Seni Tari SMA Kurikulum merdeka ini peserta didik dapat memahami dirinya sendiri melalui proses kreatif dalam mengembangkan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka

Berikut ini Contoh modul ajar yang disusun oleh :

  • Eko Purnomo dari SMA Indonesia Maju
  • Enny Kusumastuti dari SMA Indonesia Maju
  • Ersa Megareta Putri,S.Pd dari SMAN 2 Pali
  • Rian Puspitasari,S.Pd.,M.M dari SMAN 1 Unggulan Muara Enim 
  • Usrek Tani Utina dari SMA Indonesia Maju

Semoga teman-teman penyusun contoh modul ajar seni tari SMA diatas mendapat keberkahan atas berbagi contoh modulnya.

Mudah-mudahan dapat dijadikan rujukan sobat gurusumedang dalam membuat modul ajar seni tari SMA sendiri yang sesuai potensi lokal, konteks dan karakersitik satuan pendidikan dan peserta didiknya masing-masing.

Buku Guru dan Siswa Seni Tari

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Seni TariDownload
2Buku Siswa Seni TariDownload

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

NoCP & ATPDownload
1Capaian Pembelajaran Seni  TariDownload
2Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari Download

Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka

NoTopik /Modul PenyusunDownload
1Penciptaan tari tunggal Eko Purnomo Download
2Penciptaan Tari Berpasangan Eko PurnomoDownload
3Makna dan Simbol gerak tari tradisional daerah
setempat (X) 
Eny Kusumastuti Download
4Berpikir dan bertindak artistik (XII)Eny Kusumastuti Download
5Pengetahuan manajemen pertunjukkan seni (XII)Ersa Megareta Putri,S.PdDownload
6Keterampilan Manajemen pertunjukkan
seni Tari (XII)
Ersa Megareta Putri,S.PdDownload
7Nilai estetika tari, tariberpasangan, tari tradisi,
tari kreasi (XI)
Rian Puspita Sari,S.Pd.,M.MDownload
8makna dan simbol gerak tari berpasangan,
tatarias tari berpasangan, level pola tari 
berpasangan dan makna/simbol tari
berpasangan (XI)
Rian Puspita Sari,S.Pd.,M.MDownload
9Tari Tradisi, Tari Kreasi dan Nilai Estetika (XI)Usrek Tani utinaDownload
10Nilai Estetika tari tradisi dan tari kreasi (XI)vvvDownload

Atau silahkan download dibawah ini modul ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka kelas XI dan XII dari penulis diatas lengkap satu ebook pdf:

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan perbandingan dalam menyusun modul ajar, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Seni Tari SMA Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.