Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI, STEM dan CT

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI, STEM dan CT. Untuk membelajarkan peserta didik memiliki keterampilan abad 21, pembelajaran yang harus dilakukan guru pun harus berorientasi pada pembelajaran abad 21.

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI , STEM dan CT

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang memiliki karakteristik :
  1. pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik; 
  2. peserta didik dibelajarkan untuk mampu berkolaborasi; 
  3. materi pembelajaran dikaitkan dengan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran harus memungkinkan peserta didik
  4. terhubung dengan kehidupan sehari-hari mereka; dan 
  5. dalam upaya mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Hemat saya, pendekatan pembelajaran pada modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI, STEM dan CT mengakomodir dan menstimulus peserta didik memiliki karakteristik pembelajaran abad 21 tersebut adalah pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics atau disingkat dengan STEM. 

STEM adalah pendekatan yang menintegrasikan Sains, Teknologi, Enjiniiring, dan
Matematika dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam
kehidupan nyata.

Computational Thinking (CT) adalah Serangkain pola pemikiran yang mencakup, memahami permasalahan dengan gambaran yang sesuai, bernalar pada beberapa tingkat abstraksi, dan mengembangkan penyelesaian otomatis.

Pembelajaran inkuiri yang dikembangkan merujuk pada referensi pembelajaran inkuiri yang dikemukakan oleh Dr. Carl Wenning dari IllInois State University, Amerika Serikat dengan karakteristik Learning Sequence yang terdiri atas 6 level, yaitu :
  1. Discovery learning, 
  2. Interactive demonstrations, 
  3. Inquiry lessons, 
  4. Inquiry labs, 
  5. Real-world applications, dan
  6. Hypothetical inquiry.

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI , STEM dan CT

Pembelajaran STEM,INKUIRI dan CT memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep- konsep, prinsip-prinsip Sains, Teknologi, Enjiniring, dan Matematika digunakan secara integrasi untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

Untuk menyiapkan peserta didik Indonesia memperoleh keterampilan abad 21, yaitu mampu berpikir kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan serta cara bekerja sama melalui kolaborasi dan komunikasi, maka pendekatan STEM, INKUIRI dan CT salah satunya dengan menggunaan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dengan menggunakan scientific dan engineering practices. 

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI , STEM dan CT

Berikut ini Modul ajar Fisika SMA berbasis Inkuiri, STEM dan CT yang dapat dijadikan contoh modul ajar sobat untuk dimodifikasi agar sesuai kurikulum merdeka. :

No  Modul Ajar Fisika SMA Penulis Download
1 Gerak lurus Dengan Kecepatan Tetap Suharto,S.Pd.,M.T
Kardiana,S.Pd
Download
2 Meteorologi Reza Setiawan,S.T
Lintang Rastri Prastika,M.Si
Dian Purnama,S.Si
Download
3 Our Solar System and Beyond Reza Setiawan,S.T
Lintang Rastri Prastika,M.Si
Dian Purnama,S.Si
Download
4 Gerak Jatuh Bebas (CT) Reza Setiawan,S.T
Lintang Rastri Prastika,M.Si
Dian Purnama,S.Si
Download
5 Magnet dan Induksi Elektromagnetik
(Purwarupa Penghantar listrik Nirkabel)
Reza Setiawan,S.T
Lintang Rastri Prastika,M.Si
Dian Purnama,S.Si
Drs. Kandi,M.A
Download
6 Kesetimbangan Benda Tegar dan
Fluida Statik (Purwarupa Perahu Layar)
Lintang Rastri Prastika,M.Si
Dian Purnama,S.Si
Drs. Kandi,M.A
Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA semua mapel  di Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI , STEM dan CT tersebut merupakan koleksi admin GS yang bersumber dari Seameo Qitep, dan P4TKIPA (Kemdikbudristek) ditulis para Widyaiswara P4TKIPA. cocok untuk dijadikan rujukan sobat sekalian dalam membuat modul ajar sesuai Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul Ajar Fisika SMA berbasis INKUIRI, STEM dan CT"

  1. Terimakasih Ibu.Modul modulnya sangat membantu saya untuk mengembangkan perangkat dan referensi pembelajaran saya di sekolah yang saya bina.Terimakasih banyak.Salam Pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga bermanfaat, happy sharing

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.