Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka

Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka untuk siswa Autis dan hambatan intelektual, Modul ajar sendiri merupakan perangkat ajar yang menjadi tugas seorang guru untuk mempersiapkannya dalam menghadirkan proses pembelajaran yang berkualitas.

Dalam Implementasinya proses pembelajaran TIK Kelas X SMALB ini dilakukan dengan pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik, bukan pada pada tingkatan kelasnya.


Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka untuk siswa Autis dan hambatan intelektual, Modul ajar sendiri merupakan perangkat ajar yang menjadi tugas seorang guru untuk mempersiapkannya dalam menghadirkan proses pembelajaran yang berkualitas.  Dalam Implementasinya proses pembelajaran TIK SMALB kelas X ini dilakukan dengan pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik, bukan pada pada tingkatan kelasnya.

Capaian Pembelajaran TIK kelas X (Fase E, Usia Mental ± 10 Tahun) dan Pada akhir Fase E, peserta didik dapat memahami prosedur ketika menggunakan laptop dan komputer, perlengkapan, alat, dan simbol-simbol keselamatan dan kesehatan kerja dengan mandiri, larangan atas pembajakan aplikasi, melakukan prosedur instalasi sistem operasi, menelusuri situs ( web browser ), mengunduh aplikasi dari web browser , mengoperasikan software aplikasi dan antivirus serta menghapus aplikasi. 

Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tindakan awal penanganan ( troubleshooting ) dengan bernalar kritis dan mandiri, mengoperasikan utilitas dasar dengan mandiri. 

Modul Ajar TIK SMALB Kurikulum Merdeka

Modul Ajar merupakan salah satu perangkat ajar yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran. Modul ajar sama seperti RPP, namun modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap

Modul ajar adalah sebuah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Dibawah ini saya sodorkan Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka yang disusun oleh Tri Cahyadi Arif,S.Pd dari SLB Model 1 untuk Autis dengan hambatan intelektual.

  • Kompetensi Awal : entri behavior siswa dipotret dengan tes diagnostik
  • Profil Pelajar Pancasila : 
    • 1. Mandiri 
    • 2. Kreatif 
    • 3. Bernalar kritis dalam mendapatkan informasi  
  • Sarana dan Prasarana : Unit komputer, software aplikasi, software antivirus, CD, flashdisk , internet, pias kata dan simbol dan buku sumber lainnya terkait software aplikasi dan antivirus.  
  • Target Peserta Didik : Autis dengan hambatan intelegensi 

 

Atau silahkan download Modul Ajar TIK kelas X SMALB di link berikut ini :
Demikian contoh Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan dan anda seabgai pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul yang disediakan pemerintah. 
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar TIK Kelas X SMALB Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.