Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu | Modul Ajar ini dirancang untuk membantu guru Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas VII tunarungu dalam mengajarkan mata
pelajaran Bahasa Indonesia.

Bagi guru yang mengajar peserta didik dengan jenis kekhususan lain dapat menyesuaikan isi Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu ini dengan mengganti pendekatan atau media pembelajaran yang sesuai dengan karakerteristik dan kebutuhan peserta didik.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu | Modul Ajar ini dirancang untuk membantu guru Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas VII tunarungu dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi guru yang mengajar peserta didik dengan jenis kekhususan lain dapat menyesuaikan isi Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu ini dengan mengganti pendekatan atau media pembelajaran yang sesuai dengan karakerteristik dan kebutuhan peserta didik.ar Biasa (SLB) kelas VII tunarungu dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi guru yang mengajar peserta didik dengan jenis kekhususan lain dapat menyesuaikan isi modul ini dengan mengganti pendekatan atau media pembelajaran yang sesuai dengan karakerteristik dan kebutuhan peserta didik.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu ini memuat aktivitas yang berpusat pada peserta didik dengan mengintegrasikan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai tujuan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu  ini sifatnya tidak mengikat. Guru dapat menyesuaikan materi ajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran adalah:
  • Memfasilitasi peserta didik dalam memahami konsep dan praktik dalam modul.
  • Membimbing peserta didik melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber belajar lain yang diperlukan.
  • Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika memungkinkan.
  • Melaksanakan asesmen.
  • Membuat laporan pencapaian kemajuan belajar peserta didik.
Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan harapan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif. Jika peserta didik mengalami kesulitan, maka guru memberikan bimbingan atau motivasi agar dapat mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang disediakan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah setiap hasil pekerjaan peserta didik harus diperiksa dan memberikan nilai sesuai kompetensinya melalui beberapa asesmen formatif.

Waktu yang direkomendasikan untuk pelaksanaan Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu ini adalah pada semester 1 selama satu bulan atau 4 kali pertemuan baik tatap muka atau tatap maya sesuai dengan waktu yang tercantum dalam struktur kurikulum SMPLB ( 2 JP/ Minggu).

Sebaiknya ada jeda waktu antar aktivitas agar guru memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan proses belajar. Peserta didik juga memiliki waktu untuk berpikir, berefleksi, dan menjalankan masing-masing aktivitas dengan baik.

Guru bekerjasama dengan orangtua untuk mengimplementasikan Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu ini dengan cara meminta orang tua untuk berdiskusi, dengan putra/putrinya, mengamati peralatan yang menggunakan listrik di rumah dan mendampingi putra putrinya belajar di umah. 

Berikut ini Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu, yang disusun oleh Ine Rahayu M,M.Pd dan Muhammad Khambali,S.Pd.


Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu :
Demikian Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu yang dapat dijadikan rujukan, contoh untuk bisa di sesuaikan dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan  serta karakteristik peserta didiknya masing-masing.
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPLB Tunarungu"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.