Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023, untuk SD-SMP-SMA-SMK| adalah Capaian Pembelajaran (CP) Revisi  PAUD,SD-SMP-SMA-SMK, 4 September 2023 oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023, untuk SD-SMP-SMA-SMK| adalah Capaian Pembelajaran (CP) Revisi  PAUD,SD-SMP-SMA-SMK, 4 September 2023 oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah disiplin ilmu yang mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara kritis, kreatif, dan komunikatif baik lisan maupun tertulis dalam berbagai konteks kehidupan. Mata pelajaran ini juga diharapkan membantu peserta didik mengaplikasikan keterampilan berbahasa dalam berbagai tujuan dan konteks kehidupan. 

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuantujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran dalam menguatkan kemampuan literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia. 

Pendekatan utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Pendekatan ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan pendekatan lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan: 

  1. kemampuan berkomunikasi secara efektif dan santun; 
  2. sikap pengutamaan dan penghargaan terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Republik Indonesia; 
  3. kemampuan berbahasa dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual) untuk berbagai tujuan (genre) dan konteks; 
  4. kemampuan literasi (berbahasa, bersastra, dan bernalar kritis-kreatif) dalam belajar dan bekerja; 
  5. pemahaman tentang kaidah tata bahasa, kosa kata, sastra, dan budaya Indonesia; 
  6. kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang cakap, mandiri, bergotong royong, dan bertanggung jawab; 
  7. kepedulian untuk berkontribusi positif dalam bidang bahasa sebagai warga Indonesia 

CP Bahasa Indonesia Revisi 2023

Karakteristik Bahasa Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membentuk keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). 

Kompetensi berbahasa ini berdasar pada tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik, yaitu :

  • bahasa (mengembangkan kompetensi kebahasaan), 
  • sastra (kemampuan memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan mencipta karya sastra); 
  • dan berpikir (kritis, kreatif, dan imajinatif).  

Kemampuan reseptif dan produktif dikembangkan saling berkaitan. Keterkaitan ini dikembangkan dalam proses pembelajaran dengan gambaran sebagai berikut: 

  1. peserta didik perlu dilibatkan dalam interaksi verbal (percakapan dan diskusi) yang didasarkan pada pemahamannya tentang teks, mengapresiasi estetika teks dan nilai budayanya, serta proses mencipta teks; 
  2. peserta didik juga perlu diberi kesempatan untuk membaca teks dalam beragam format (atau yang dikenal dengan teks multimodal (teks tertulis, teks audio, teks audiovisual, teks digital, dan teks kinestetik) serta beragam konten dan genre (deskripsi, laporan, rekon, eksplanasi, eksposisi, instruksi/prosedur, serta narasi); dan 
  3. peserta didik memiliki pengetahuan tentang tata bahasa bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta cara penggunaannya yang efektif untuk mendukung kompetensi berbahasa. 

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis genre melalui pemanfaatan beragam tipe teks dan teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual). Pendekatan pembelajaran menggunakan pedagogi genre, yaitu: 

  1. penjelasan (explaining, building the context), guru menyampaikan tujuan dan konteks genre agar peserta didik dapat mengaitkan genre tersebut dengan kehidupan sehari-hari;  
  2. pemodelan (modeling), guru memodelkan cara menganalisis dan menanggapi sampel teks genre terkait; 
  3. pembimbingan (joint construction), peserta didik berlatih mengenali fungsi dan menganalisis teks dengan bimbingan guru;  
  4. pemandirian (independent construction), peserta didik mengonstruksi teks secara mandiri dalam pengawasan guru. Pendekatan pembelajaran ini disertai dengan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, dan imajinatif dalam proses pembelajaran.

Download CP Bahasa Indonesia Revisi 2023

Selengkapnya Capaian Pembelajaran / CP Bahasa Indonesia revisi 2023 mulai dari rasionalitas, Tujuan, Karakteristik, ruang lingkup CP bahasa Indoneisa, Elemen dan Capaian pembelajaran bahasa Indonesia bisa anda scrolling atau silahkan anda download pada tombol dibawah ini :


Download CP bahasa Indonesia revisi 2023 :


Untuk CP Revisi 2023  seluruh mata pelajaran cocok untuk sobat GS pengelola kurikulum disekolah bisa anda download pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Bahasa Indonesia Revisi 2023 dimana pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia bermaksud membentuk peserta didik yang memiliki karakter sesuai profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; bernalar kritis; mandiri; kreatif; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Semoga Bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Indonesia Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.