Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 | Negara menjamin pelaksanaan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di sekolah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh peserta didik (bdk. UUD 1945 Pasal 29 ayat 2; UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003). 

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 | Negara menjamin pelaksanaan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di sekolah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh peserta didik (bdk. UUD 1945 Pasal 29 ayat 2; UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003).


Dalam CP Pendidikan Agama katolik Revisi 2023 menekankah bahwa atas dasar tersebut diatas Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti bukan saja mengantarkan peserta didik untuk memiliki pengetahuan agama dan keterampilan dalam perilaku agama, melainkan juga mengajak peserta didik untuk semakin memiliki sikap sebagai orang beriman yang senantiasa bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan sekaligus bersikap baik, jujur, berakhlak mulia, dan penuh kasih sayang kepada sesama. 

Dengan cara-cara seperti itu, peserta didik telah belajar hidup beriman menurut pola Yesus Kristus. Hidup beriman menurut pola Yesus Kristus dalam Agama Katolik selalu bersumber dari Kitab Suci, Tradisi Suci, dan Kuasa Mengajar Gereja (Magisterium). 

Dalam Cp Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 dikembangkan bertolak dari pengalaman peserta didik, tokoh-tokoh umat, dan berbagai pengalaman Gereja sebagai umat Allah, bahkan pengalaman-pengalaman dari umat beragama lain. 

Oleh karena itu, kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, melalui CP pendidikan Agama Katolik 2023 disusun secara teratur dan berkesinambungan berdasarkan fase-fase pencapaian kompetensi peserta didik dari fase A sampai fase F. Pada setiap fase, peserta didik mempunyai kesempatan mengembangkan ketakwaan menurut iman Gereja Katolik. 

Dengan cara ini peserta didik mencapai kedewasaan iman. Kedewasaan dalam iman akan memudahkan peserta didik menghargai sesama yang seagama, juga yang beragama dan kepercayaan lain. 

Sikap seperti inilah yang mencerminkan moderasi beragama dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dari segi budaya, suku, dan agama. Dengan demikian akan terwujud cita-cita persatuan nasional dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia 

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023

Mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti bertujuan agar peserta didik: 

  1. memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap hidup yang semakin berakhlak mulia menurut ajaran iman Katolik; 
  2. membangun hidup menurut iman kristiani dengan sikap setia kepada Yesus Kristus, dan Injil-Nya tentang Kerajaan Allah, yang menggambarkan situasi dan peristiwa penyelamatan, perjuangan untuk perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, dan pelestarian lingkungan hidup;  
  3. menjadi manusia yang berkarakter mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global sesuai dengan tata nilai menurut pola hidup Yesus Kristus.  

CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023

Pada CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 berusaha memperkenalkan Allah yang Mahakuasa dan Maharahim dalam diri Yesus Kristus kepada peserta didik tingkat dasar dan menengah agar mereka menjadi manusia beriman. 

lelalui CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023, Usaha ini dilakukan fase demi fase dalam capaian pembelajaran melalui pendalaman materi-materi esensial yang terwujud dalam empat elemen yaitu pribadi peserta didik, Yesus Kristus, Gereja, dan masyarakat. 

Tujuannya agar peserta didik dapat menerima Yesus Kristus melalui ungkapan iman dalam doa-doa, ibadat, dan perayaan sakramen-sakramen. Peserta didik mewujudkan iman dalam hidup bermasyarakat yang beranekaragam budaya, suku, dan agama, berakhlak mulia demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Download CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023

Selengkpanya CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 mulai rasionalitas, tujuan Pendidikan agama Kristen, Elemen Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti serta capaian pembelajaran /CP pendidikan Agama Katolik Revisi bisa anda scrolling dibawah ini :

Atau silahkan  download CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 pada tombol biru berikut :

Untuk CP Revisi terbaru 2023lainya  perjenjang dan permata pelajaran bisa anda telusuri di : CP Revisi Terbaru 2023

Demikain CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023 yang bersumber dari Capaian Pendidikan revisi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023 yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Pendidikan Agama Katolik Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.