Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan surat nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023 tentang Revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan surat nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023 tentang Revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.


A. Rasional 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti membentuk peserta didik yang memiliki Profil Pelajar Pancasila berlandaskan pada nilai-nilai Agama Buddha dan nilai-nilai Pancasila dasar negara. 

Konsep Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti adalah belajar dari agama. Belajar dari agama melibatkan peserta didik dalam mengevaluasi yang telah mereka pelajari dari agama, baik secara impersonal maupun personal. 

Muatan materi belajar dari agama merupakan nilai-nilai Agama Buddha yang terintegrasi dalam ajaran moralitas, meditasi, dan kebijaksanaan yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila dasar negara. 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti secara holistik menginternalisasi nilai- nilai Agama Buddha selaras dengan nilainilai Pancasila dasar negara melalui pembelajaran nilai, pembelajaran berpusat pada siswa, teladan, dan pembiasaan. 

Belajar dari Agama Buddha akan membentuk mental peserta didik dengan kesadaran dapat mengamalkan cara hidup, dalam keterhubungannya dengan Ketuhanan Yang Maha Esa dan Triratna, diri sendiri, sesama manusia, negara dan bangsa yang majemuk, makhluk lain, dan lingkungan alam. 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti membantu peserta didik menumbuhkembangkan karakter, potensi diri dengan menyelami empat pengembangan holistik sebagai entitas Pendidikan Agama Buddha yang mencakup pengembangan fisik (kāya-bhāvanā), pengembangan sosial (sīlabhāvanā), pengembangan mental (citta-bhāvanā), serta pengembangan pengetahuan (paññā- bhāvanā). 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Revisi 2023

B. Tujuan 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menghayati nilai-nilai Agama Buddha, nilainilai Pancasila dasar negara, dan memiliki Profil Pelajar Pancasila yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. 

Secara khusus melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, peserta didik dapat: 

  1. Mengembangkan rasa ingin tahu terhadap nilai-nilai Agama Buddha yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila dasar negara dan dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai fondasi moral sehingga dapat memengaruhi cara hidup sebagai individu, anggota masyarakat yang multikultural; 
  2. Memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri, menjaga moralitas, meditasi, dan kebijaksanaan selaras dengan nilai-nilai Pancasila dasar negara dalam kehidupan nyata, sebagai perwujudan keyakinan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa dan Triratna, mencintai diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan negaranya; 
  3. Mengembangkan keterampilan belajar inovatif, berpikir kritis, kreatif, dan mandiri sebagai individu, anggota masyarakat yang multikultural dan warga negara yang baik berdasarkan nilai-nilai Agama Buddha; menghormati, menghargai, dan menjaga kemajemukan (kebinekaan) agama atau kepercayaan dan kearifan lokal, serta gotong-royong dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia sebagai warga Indonesia dan warga dunia; 
  4. Mempraktikkan perilaku luhur berdasarkan nilai-nilai budi pekerti sesuai dengan ajaran Buddha Sakyamuni untuk mewujudkan pelajar moderat yang memiliki sembilan nilai moderasi beragama yaitu adil, berimbang, menjunjung tinggi nilai luhur kemanusiaan, menjaga kemaslahatan dan ketertiban umum, menaati kesepakatan bersama dan taat konstitusi, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penghormatan pada tradisi. 

CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Revisi 2023

C. Karakteristik 

CP  Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti diarahkan untuk mempelajari materi Pendidikan Agama Buddha pada penerapan esensi nilai, tidak hanya berada pada ranah pengetahuan keagamaan. 

Proses pelaksanaan Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti harus didukung oleh pendidik dan lingkungan yang membudayakan pengembangan kebijaksanaan dan cinta kasih serta dilakukan melalui tiga tahapan Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti yaitu mempelajari teori, mempraktikkan teori, dan memperoleh hasil dari mempraktikkan teori secara terintegrasi. 

Tiga tahapan tersebut merupakan tahapan belajar Dharma yang dalam proses Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dilakukan peserta didik dengan: 

  1. belajar dari nilai-nilai Agama Buddha serta nilai-nilai Pancasila dasar negara melalui keteladanan dan pembiasaan nilai oleh pendidik dan lingkungan dengan pembelajaran berpusat pada peserta didik; 
  2. praktik nilai-nilai Agama Buddha serta nilai-nilai Pancasila dasar negara dengan menerima dan menghayatinya; dan 
  3. mencapai hasil belajar nilai-nilai Agama Buddha serta nilai-nilai Pancasila dasar negara yaitu menjadi Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia dan berkebinekaan global dengan memiliki empat pengembangan holistik mencakup pengembangan fisik (kāyabhāvanā), pengembangan sosial (sīla-bhāvanā), pengembangan mental (cittabhāvanā), serta pengembangan pengetahuan (paññā-bhāvanā). 

Pengembangan fisik adalah perilaku peserta didik yang dikembangkan dalam hubungannya dengan lingkungan fisik dan lingkungan alam. 

Pengembangan dilakukan menggunakan indra dan pikiran dengan penuh kesadaran melalui kegiatan ritual, meditasi, maupun aktivitas fisik lainnya untuk memperhatikan jasmani dan perilaku secara bijaksana dalam hubungannya antara lingkungan fisik dengan alam. 

  • Melalui pengembangan fisik, peserta didik memiliki dasar keterampilan hidup dan perilaku yang baik, menghayati kebenaran, mampu menghayati kehidupan secara bijak, dan penuh perhatian terhadap aktivitas jasmani. 
  • Pengembangan sosial adalah perilaku baik yang dikembangkan dalam keterhubungan peserta didik dengan lingkungan sosial yang berbeda, negara dan bangsa yang majemuk, dan makhluk lain. 
  • Pengembangan sosial merupakan perilaku yang berlandaskan ajaran moralitas dan disiplin yang tercermin melalui ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, dan kebijaksanaan sebagai bentuk keterampilan hidup di lingkungan sosial. 
  • Pengembangan mental adalah kesadaran yang dikembangkan melalui usaha benar, perhatian benar, dan meditasi benar. Pengembangan mental menghasilkan konsentrasi, kesadaran, kesehatan mental, kecerdasan emosional, senang belajar, dan kemauan meningkatkan kualitas diri maupun batin. 
  • Pengembangan mental peserta didik tercermin melalui ucapan dan perilaku yang berlandaskan pikiran cinta kasih, belas kasih, simpati, dan keseimbangan batin. 

Perilaku peserta didik yang memiliki mental sehat akan memiliki rasa terima kasih, murah hati, malu berbuat jahat, takut akibat perbuatan jahat, bersikap hormat, lemah lembut, tidak serakah, semangat, sabar, jujur, dan bahagia dalam hubungannya dengan diri sendiri, dan lingkungannya. 

Pengembangan pengetahuan adalah pengembangan nilai-nilai Agama Buddha melalui pandangan benar dan berdasarkan keyakinan yang bijaksana terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa, Triratna, dan hukum kebenaran. 

Pengembangan pengetahuan diarahkan pada kemampuan berpikir kritis dan berpikir benar bagi peserta didik yang berfungsi untuk mengikis keserakahan, kebencian, dan kebodohan batin. 

Pengembangan pengetahuan tercermin dari pengalaman keagamaan peserta didik yang mampu memaknai hidup, memaknai diri sendiri, mengontrol emosi, penuh kesadaran, membedakan baik dan buruk, mampu berkomunikasi, serta mampu mengelola dan menyelesaikan permasalahan dalam semua aspek kehidupan berlandaskan pengetahuan terhadap nilai-nilai Agama. 

Download CP Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Revisi 2023

Selengkapnya capaian pembelajaran /CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023 dapat anda scrolling dan download dibawah ini :


Atau klik tombol biru untuk mendownload CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023


Untuk CP Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan seluruh permata pelajaran dapat anda telusuri pada : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Pendidikan Agama Buddha yang dapat di berikan, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Pendidikan Agama Buddha Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.