Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023 | Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. 

Dengan demikian, pendidikan agama diharapkan dapat menjadi perekat bangsa dan memberikan anugerah yang sebesarsebesarnya bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. 

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023 | Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.   Dengan demikian, pendidikan agama diharapkan dapat menjadi perekat bangsa dan memberikan anugerah yang sebesarsebesarnya bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.


CP Pendidikan Agama Kristern Revisi 2023 memberikan penekanan pada pembentukan iman, takwa, dan akhlak mulia menyiratkan bahwa pendidikan agama bukan hanya bertujuan untuk mengasah kecerdasan spiritual dan iman, juga aspek ketaatan pada ajaran agama. 

Namun, lebih dari itu, pendidikan agama harus mampu membentuk manusia yang manusiawi. Jadi, mengukur keimanan peserta didik tidak hanya dilihat dari ketakwaan dan ketaatan pada ajaran agama serta pengetahuan secara kognitif melainkan menekankan prinsip nilai-nilai agama.  

Hal tersebut sesuai dengan fungsi Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti yang memberikan pengajaran mengenai pengetahuan dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus. 

Pengajaran yang diberikan merupakan pengembangan pendidikan yang diarahkan bagi pembinaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ajaran agama Kristen sebagai acuan pembentukan sikap, moral, karakter, spiritualitas, berpikir, dan bertindak. 

Hal tersebut dapat dicapai melalui proses menanamkan nilai-nilai agama Kristen dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat.  

Melalai Cp Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti disajikan dalam bentuk mata pelajaran pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan yang mengacu pada Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Penyusunan Capaian Pembelajaran/CP Pendidikan Agama Revisi 2023 didasarkan pada dua elemen, yaitu: Allah Tritunggal dan Nilai-nilai Kristiani. Dua elemen tersebut masih sangat umum dan belum dapat menggambarkan substansi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti secara spesifik. 

Secara spesifik, kedua elemen dikembangkan menjadi empat sub elemen yaitu: Allah Berkarya; Manusia dan Nilai-nilai Kristiani; Gereja dan Masyarakat Majemuk; serta Alam dan Lingkungan Hidup, yang dapat mengakomodir seluruh substansi pembelajaran 

Melalui CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti pada jenjang SD/Program Paket A, SMP/Program Paket B, dan SMA/Program Paket C. Masing-masing elemen dan sub elemen merupakan pilar dalam pengembangan Capaian Pembelajaran dan materi pembelajaran.  

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bertujuan untuk membantu peserta didik: 

  1. mengenal serta mengimani Allah yang berkarya menciptakan alam semesta dan manusia; 2. mengimani keselamatan yang kekal dalam karya penyelamatan Yesus Kristus; 
  2. mensyukuri Allah yang berkarya dalam Roh Kudus sebagai penolong dan pembaru hidup manusia; 
  3. mewujudkan imannya dalam perbuatan hidup setiap hari ketika berinteraksi dengan sesama dan memelihara lingkungan hidup; 
  4. memahami hak dan kewajibannya sebagai warga gereja dan warga negara serta cinta tanah air; 
  5. membangun manusia Indonesia yang mampu menghayati imannya secara bertanggung jawab dan berakhlak mulia serta menerapkan prinsip moderasi beragama dalam masyarakat majemuk; 
  6. membentuk diri menjadi anak-anak dan remaja Kristen yang memiliki kedewasaan berpikir, berkata-kata dan bertindak sehingga menampakkan karakter kristiani; 
  7. membentuk sikap keterbukaan dalam mewujudkan kerukunan intern dan antarumat beragama, serta umat beragama dengan pemerintah; 
  8. memiliki kesadaran untuk mengembangkan kreativitas dalam berpikir dan bertindak berdasarkan Firman Allah; dan 
  9. mewujudkan peran nyata di tengah keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat Indonesia yang majemuk. 

CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti merupakan usaha yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik agar dengan pertolongan Roh Kudus dapat memahami dan menghayati kasih Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus yang dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan. 

Setiap orang yang terlibat dalam proses pembelajaran PAK memiliki keterpanggilan untuk mewujudkan kebenaran dan tanda-tanda Kerajaan Allah dalam kehidupan pribadi maupun sebagai bagian dari komunitas dalam konteks masyarakat majemuk. 

Masyarakat Indonesia yang majemuk dipandang sebagai berkat Tuhan dan dalam konteks pemahaman iman Kristen dan merupakan medan layan bagi orang Kristen untuk membangun kehidupan bersama yang adil dan setara. 

Panggilan iman orang Kristen ini secara historis telah dibangun sejak proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, karakteristik Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti yang kontekstual harus menegaskan peran hidup orang beriman dalam mewujudkan tanggung jawabnya membangun bangsa Indonesia yang berketuhanan, bersatu, setara, dan berkeadilan, serta menghargai kemajemukan dalam masyarakat dan bangsa Indonesia. 

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti harus mampu menyikapi perkembangan zaman, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan dan menjawab segala problematika yang dihadapi. 

Dengan demikian, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti harus memiliki muatan pembelajaran kontekstual. Artinya, materi yang ada di dalam Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti selalu dikaitkan dengan situasi dan konteks agar dapat menjelaskan berbagai peristiwa yang dialami dalam kehidupan nyata.  

Fakta yang diperoleh dari kajian bagi program pendidikan Kristen, yaitu: 

  • Pelaku telah diberi karunia Roh; 
  • Bertujuan mendewasakan umat untuk melayani; 
  • Menghasilkan dan mewujudkan hubungan yang harmonis; 
  • Bersifat kebenaran teologis; 
  • Penuh kasih karunia dan kebenaran; serta saling membantu dan berkembang secara harmonis. 

Download CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023

Selengkapnya CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023 mulai dari rasionalitas, Tujuan Pendidikan Agama Kristen, Karakteristik Pendidikan Agama Kristen, Elemen dan sub elemen Pendidikan Agama Kristen dan Capaian Pembelejaran/CP Pendidikan Agama Kristen SD-SMP-SMA-SMK dibawah ini:

Untuk download CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023 tinggal anda klik tombol biru berikut Ini :

Demikian CP pendidikan Agama Kristen Revisi 2023 yang dapat disodorkan, 

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Pendidikan Agama Kristen Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.