Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BDR Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek Di SMPN 3 Tanjungsari Kab.Sumedang

Best Practise BDR Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek 

Belajar Dari Rumah (BDR) Tematik Terintegrasi berbasis Proyek adalah salah satu program dari Strategi Komplementer 7 teknik Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMPN 3 Tanjungsari Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang dilaksanakan di rumah/kelompok belajar dengan sistem tematik terintegrasi berbasis proyek, dimana beberapa Kompetensi Dasar (KD) dari beberapa mata pelajaran digabungkan dalam satu tema, sebagai tema Proyek. 

Ada lima tema yang diterapkan dalam satu semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yaitu:
  1. Upaya pencegahan Covid-19, 
  2. Proyek pembuatan masker dari kain perca, 
  3. Proyek pembuatan Handsanitizer dari bahan alami, 
  4. Proyek tanaman vertikultur, dan
  5. Proyek pengolahan makanan dari bahan singkong.
Pengelolaan pembelajaran dilakukan pada kelompok-kelompok siswa, dimana setiap kelompok terdiri dari 6 siswa gabungan dari kelas 7, 8 dan 9 serta dibimbing oleh satu orang guru pembimbing. 
Dalam aktivitasnya setiap kelompok dipandu oleh lembar kerja (LK), yang dilaporkan seminggu sekali pada saat guru berkunjung ke kelompok belajar. 

SMPN 3 Tanjungsari melakukan tiga strategi pembimbingan dan pemantauan dalam BDR tematik terintegrasi berbasis Proyek , yaitu: 
  1. Daring ; dimana pembimbing menggunakan gawai (gadget) atau laptop yang dikirim melalui aplikasi komunikasi seperti WhatsApp
  2. Luring ; dimana pembimbingan dengan menggunakan modul belajar mandiri, lembar kerja, bahan ajar cetak, 
  3. Guru Kunjung ; dimana pembimbingan guru dengan mengunjungi kelompok-kelompok belajar peserta didik, memonitor perkembangan belajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian tugas/proyek.  

Aktivitas Mingguan Tematik Terintegrasi  berbasis Proyek 
masa pandemi covid-19





Hasil Proses Pembelajaran Tematik Terintegrasi berbasis 
Proyek masa pandemi covid-19 

Pengembangan Program Belajar Dari Rumah pada masa Pandemi Covid-19 melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek di SMP Negeri 3 Tanjungsari Kabupaten Sumedang menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
  1. Dengan menerapkan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di SMP Negeri 3 Tanjungsari Kabupaten Sumedang pada kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi covid-19.
  2. Dengan menerapkan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek respon peserta didik Sangat Baik yang diindikasikan dengan peserta didik sangat antusias dan merasa senang dalam kegiatan Belajar dari rumah (BDR) karena menarik dan menantang, sehingga peserta didik mendapat pengalaman yang bermakna.
  3. Respon guru terhadap Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek sangat posistif diindikasikan dengan semua guru sangat bersemangat ketika melaksanakan kegiatan Belajar dari rumah (BDR), guru merasa senang dengan suasana pembelajaran yang baru, pengalaman baru sepanjang pengalaman mengajarnya, dan guru merasa lebih dekat dengan peserta didik.
  4. Belajar dari rumah (BDR) tematik terintegrasi berbasis Proyek cukup efektif dalam membelajarkan peserta didik secara mandiri dan dapat memperoleh keterampilan yang diharapkan, karena peserta didik tidak merasa bosan dalam belajar dari rumah (BDR).
Dibawah ini dokumentasi dan hasil dari Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek SMPN 3 Tanjungsari program pembelajaran pada masa pandemi covid-19, silahkan di Scrolling saja :



Drs.Asep Supriatna,M.M.Pd

Sumber asli diambil dari laporan BDR dan Jurnal: 
 THE DEVELOPMENT OF HOME LEARNING PROGRAM IN THE
COVID-19 PANDEMIC PERIOD THROUGH INTEGRATED
THEMATIC LEARNING BASED ON PROJECT
AT SMPN 3 TANJUNGSARI SUMEDANG


yang dipresentasikan dalam seminar Internasional IClim/ICLS "the 1st International Conference of Learning improvement " di Universitas lambung Mangkurat tanggal 1-3 September 2020.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "BDR Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek Di SMPN 3 Tanjungsari Kab.Sumedang"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.