Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UKM Jalan Keluar dari Resesi Ekonomi

Hampir satu tahun berjalan bayang-bayang ancaman pandemi covid-19 bukan semakin  turun malah justru terus naik dan mengkhawatirkan, membuat situasi dan kondisi semakin berat disegala sektor. 

Resesi ekonomi sudah didepan mata, tanpa paparan data statistic dari BPS yang membuat pusing bagi pembacanya atau tanpa mengikuti berita dari Bapenas pun semua orang bisa merasakan dan mengatakan situasi dan kondisi saat ini, yang serba sulit. 

Para pengusaha banyak yang menutup usahanya, prabrik-prabrik mengurangi bahkan berhenti berproduksi, banyak pekerja yang dirumahkan, dirasionalisasikan bahkan sampai pemecatan.

Situasi semakin diperburuk oleh angkatan kerja yang merangkak terus naik dengan tingginya lulusan baik SMA/SMK dan diploma/sarjana , bonus demografi yang harusnya membawa  efek positif dengan produktifitas yang tinggi malah menjadi beban sosial ekonomi. 

Kondisi leher botol yang membuat situasi semakin tambah berat, dimana pencari kerja banyak namun lapangan pekerjaan semakin sulit.

Kalau dulu para pencari kerja bersaing itu dengan para pencari kerja, namun sekarang mereka yang bekerjapun bersaing dengan para pekerja lain agar tidak di pecat dan rasionalisasi perusahaan yang diakibatkan oleh  melemahnya sektor usaha. 

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, usaha kecil sampai besar sudah banyak yang menutup usahanya dan bangkrut.



Indonesia bukan kali ini saja mengalami krisis ekonomi, tahun 1997-1998  kita mengalami krisis moneter, biaya hidup melonjak karena pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar namun saat itu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Usaha Kecil Menengah (UKM)  menjadi pemutar balik keadaan. 

Pelaku UKM   menjadi penopang kebangkitan ekonomi Indonesia keluar dari krisis, dengan banyak mengeksport produk UKM ke luar negeri memanfaatkan selisih nilai tukar dolar AS yang sangat besar saat itu, sehingga menguntungkan dan menjadi penyelamat perekonomian Indonesia. 

Namun situasi krisis ekonomi saat ini, tahun 2020 berbeda, dimana  semua negara didunia dalam kondisi yang sama, mengalami kontraksi dan pelemahan ekonomi, yang diakibatkan oleh pandemi,  sehingga nilai ekspor  ke luar tidak bisa kembali menjadi solusi, sebagaimana pada krisis moneter 1998.

Indonesia adalah Negara  dengan jumlah penduduk ke-4  terbesar merupakan pasar potensial yang besar, kalau dulu UKM  menjadi penyelamat krisis dengan mengeksport produksinya ke luar negri. 

Bagaimana caranya sekarang agar pasar besar didalam negeri ini, tidak sampai direbut pelaku  luar yang masuk ke Indonesia, maka kebangkitan UKM Indonesia, dengan kampaye Gerakan Nasional Bangga Buatan  Indonesia (BBI) adalah waktu yang tepat, sehinga memberikan peluang besar bangkitnya UKM. 

Pasar dalam negeri inilah  potensi besar dan UKM kembali menjadi kunci jalan keluar dari resesi ekonomi Indonesia.

Kondisi yang harus disadari oleh semua para pencari kerja, kalaulah terus terkurung dengan paradigma, bahwa sekolah itu untuk mencari kerja maka pengangguran akan semakin tinggi dan memberikan multi efek yang  merugikan. 

Sekaranglah waktunya mengubah budaya dan nilai tersebut  bahwa sekolah adalah jalan untuk menjadi pengusaha serta langkah tercepat menjadi pengusaha adalah membuat usaha sendiri , hal ini harus didorong bersama-sama mulai dari Pemerintah dan elemen masyarakat lainnya sehingga lahir para pengusaha dan pelaku UKM baru.

Walau di tengah pandemi UKM  terus menggeliat, selalu muncul pengusaha-pengusaha sukses baru  ditengah krisis karena ide-ide briliannya. Selain itu untuk keluar dari resesi, banyak  bisnis dan UKM yang  merubah strategi operasional dan pemasarannya menjadi go online, sebagai jawaban dalam mempertahankan bisnis dan usaha di tengah  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) /Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

Hal ini dimungkinkan karena beralihnya budaya dan gaya hidup serta aktifitas ekonomi masyarakat ke transaksi online, ditambah kemudahan yang ditawarkan dalam bertransaksi online, mengakibatkan pasar online yang terus membesar. 

Mensikapi dan mendorong kondisi  ini Masterweb memberikan solusi dan kemudahan –kemudahan bagi para pengusaha dan pelaku  UKM untuk mengalihkan usahanya ke flatform online, atau anda yang mau bekerja secara online.

Jangan tertinggal dengan Jutaan Pelaku UKM yang sudah go online,  MasterWeb siap mendampingi dan mewujudkan impian-impian anda.

Ada dua kelompok besar yang bekerja dan berusaha secara online yaitu : 

1. Mengonlinekan unit usaha /Jualan Online

  • Menggunakan Media social seperti WA,Intagram,Facebook dll ( cepat dan langsung sudah bisa jualan namun tentunya terbatas skupnya, tergantung sejauh mana anda bisa bergaul)
  • Gabung di marketplace (anda punya barang dan  langsung bisa jualan, namun anda harus mengikuti aturan dari website marketplace tersebut, dan  sulit membangun brand sendiri) 
  • Membuat Toko Online /Website ;  Ini adalah pilihan terbaik untuk mulai berbisnis online. 

Anda pelaku UKM ? mau meningkatkan omset penjualan tanpa batas ? mulailah  mengonlinekan bisnis anda di Hosting UMKM , Solusi hosting yang tepat untuk website UKM Anda. 

Hosting UMKM terbaik dari Masterweb yang dibekali dengan teknologi berbasis Cloud, menyiapkan website siap saji dengan harga murah terjangkau, dengan fitur komplit memudahkan anda  terjun kedunia e-Commerce dengan cepat. 

Layanan murah, berkualitas serta bersahabat dan pastinya MasterWeb akan memberikan kepada anda  :
  1. Produk serta layanan terbaik
  2. Gratis Domain dan SSL 
  3. Dukungan Teknis 24 jam dengan tim support terbaik membantu dan memberikan solusi permasalahan anda dengan cepat.
  4. Server Cepat dan Handal, dengan server 99,98% dan network server 99,99% memungkinkan website anda selalu online setiap saat. 
  5. Hosting lebih cepat, akses website 30x lebih cepat dengan hardware terbaru, teknologi server berbasis cloud dan juga unlimited bandwidth, dengan kecepatan loading website anda membuat pengunjung nyaman dan tidak akan lari ke website kompetitor.
  6. Website lebih aman, terjamin dan terhindar dari ancaman malware, virus,phising, spam, brute force attacks dan sql injections. 

Dengan membuat toko online /website sendiri memberikan kebebasan dan kesempatan yang besar untuk terus berkembang serta anda bisa membangun brand anda sendiri dengan tingkat kepuasan yang tinggi tentunya.

Jika anda merasa tidak memiliki kemampuan mengelola website jangan khawatir untuk memiliki website  toko online tidak perlu harus memiliki kemampuan pemograman, siapa saja bisa,  MasterWeb bisa membantu mewujudkan toko online anda,dirancang bangun sesuai keinginan dan disesuaikan dengan ciri khas dari produk yang anda jual, sangat  berpengalaman dan telah menjadi Website Builder Terbaik di Indonesia.

2.    Internet marketer, yang bekerja secara online,  dengan kehadirannya membuat para pengusaha UKM bisa dengan cepat menghasilkan omset berkalilipat dan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat, sebuah mutualisme antara pemilik barang dengan para pemberi jasa online.

kenapa begitu ? karena mereka yang meng-onlinekan usahanya secara langsung memiliki toko virtual yang banyak ,tanpa terbatas waktu dan wilayah ke seluruh dunia, sebuah usaha mudah dan murah dalam mengembangkan usaha, tinggal mengatur komisi dan para pemberi jasa online hadir menjadi tenaga yang membesarkan usaha online anda.

Kolaborasi antara pengusaha/pelaku UKM dengan internet marketer inilah salah satu rumus menjadikan usaha anda cepat besar dan pembuat untung cepat para pengusaha online. untuk itu ayo gabung di masterweb, dan alihkan usaha anda secara online. Siapa saja mereka ?  
  • Publisher; anda harus punya web/blog kemudian membuat konten yang hebat untuk menarik pengunjung setelah itu tempel iklan , dan anda mendapat komisi dari iklan yang dilihat atau di klik  
  • Referal/Affiliate , anda menjadi pihak ke dua/tangan panjang produsen/supplier dengan mempromosikan produknya di website /blog anda, kemudian anda dapat komisi dari hasil penjualan yang mengklik link produk tersebut dan membelinya melalui link yang anda pasang.
  • Dropshipper/reseller ; hampir sama dengan referral/affiliate, intinya anda menjual barang,  dropshiper tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, ia dapat komisi dari mempromosikan dan menjual kemudian yang mengirim barang ke konsumen langsung dari supplier/produsen, sedangkan reseller anda harus membeli dulu barangnya dan menstok barang kemudian kembali menjualkannya, keuntungan didapat dari selisih harga yang kita jual ke konsumen)
  • Jasa Online/digital (programmer/pengembang aplikasi/graphic designer/konten creator/artikel /translator /kursus online/plugin dan templet blog/wordpress/training online apapun pekerjaan offline bisa dionlinekan. Akan semakin banyak jenis dan bentuk usaha serta jasa yang bisa di orderkan.
  • Penjual informasi (ebook/video dan audio atau penulis buku yang dijual secara online)
  • flatform pencari kerja /online tempat bertemunya antara pemberi kerja dan pencari kerja secara online, seperti copy writer/translator dll)
  • Youtuber dan lain-lainnya.

Untuk menjadi publisher/affiliate/referral/dropshipper/reseller dan jasa online digital, penjual informasi harus memiliki website/blog  yang dikelola dengan baik sehingga banyak pengunjungnya.  

Tidak cukup konten yang bagus untuk menarik pengunjung  namun website/blog juga harus memiliki nilai SEO yang tinggi sehingga nongkrong di pageone google/microsoft bing dengan begitu pengunjung bergelombang dari seluruh dunia datang dan berkunjung ke website/blog anda. 

Tampilan website/blog juga harus diperhatikan dan  diseting sedemikian rupa dan menarik sehingga pengunjung kembali dan betah berlama-lama di website/blog kita, tidak  cukup hanya website/blog gratisan, maka langkah terbaik mewujudkannya adalah dengan  memiliki domain berupa .com .net.org.info.co.id. 
Untuk itu  jangan ragu silahkan beli domain dan hosting  terbaik di MasterWeb . 

Apa jaminan yang diberikan  jika  anda  beli domain dan hosting di masterweb  ? 

  1. Berpengalaman dengan produk dan layanan terbaik
  2. Kepercayaan konsumen yang tinggi terbukti dengan menjadi Web Hosting No 1, sejak 2004 sampai dengan sekarang MWN meraih pangsa pasar hosting terbesar di Indonesia
  3. Gratis Domain dan SSL dengan langganan hosting otomatis anda bisa mendapatkan domain com,net,org,info,co.id dan SSL Gratis.
  4. Fitur terlengkap, layanan terbaik dengan  harga murah
  5. Tim Support 24 jam sehari 7 hari seminggu, bantuan teknis professional menangani masalah dengan cepat 24/7 tanpa menunggu lama.
  6. Jaminan keamanan informasi dan data pelanggan sesuai standar keamanan informasi kelas dunia dibuktikan dengan Sertifikasi ISO 27001

MasterWeb pilihan tepat dan siap menjadikan anda  pengusaha e-commerce, dengan mengonlinekan usaha anda dan menjadi internet marketer. Ayo bergabung bersama MasterWeb Network Indonesia yang berpengalaman dan telah mengabdi selama 18 tahun yang terus berkembang, menjadi perusahaan Webhosting no.1 Indonesia serta memberikan layanan domain murah, domain gratis, serta hosting murah .

MasterWeb sejak 2019 resmi menjadi bagian dari Exabytes Indonesia untuk membantu lebih banyak lagi pelanggan di Indonesia dan mendukung UKM menjadi kunci penyelamatan resesi ekonomi akibat pandemic covid-19

Maju terus Masterweb dan Jayalah Indonesia.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

51 komentar untuk "UKM Jalan Keluar dari Resesi Ekonomi "

  1. Bismillah....terimakasih sudah membaca artikelnya, boleh di share kembali semoga bisa bermanfaat. yu kita berdiskusi atau memberikan saran/masukan di kolom komentar. Salam sehat selalu

    BalasHapus
  2. Betul sekali bu guru, resesi sudah didepan mata, semoga benar UKM jadi penopang kembali

    BalasHapus
  3. terimakasih artikel mya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Ide yang sangat realistis untuk dapat diimplementasikan di tengan situasi sulit saat ini. Artikel ini memberikan inspirasi untuk kita tetap bisa bangkit dan membangun usaha. Terima kasih artikelnya, sukses selalu Bu Guru.

    BalasHapus
  5. Benar bu ai, semoga UKM bisa menopang perekonomian . Dan artikelnya bermanfaat dan mantap. Sukses bu ai

    BalasHapus
  6. Ide cemerlang, bisa menjadi inspirasi ........

    BalasHapus
  7. Terimakasih .. artikel yg sangat menarik dan menginspirasi kita untuk mencoba menjadi pelaku usaha dengan membuat toko on line dengan bantuan masterWeb... INSPIRING..👍🏼👍🏼👍🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, jadi mudah dengan masterweb harus dicoba

      Hapus
  8. Terimakasih bu, artikelnya sangat bermanfaat. Semoga UMKM makin maju dan berkembang. Semangat

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat bagus dan mengisnpirasi smagat bu

    BalasHapus
  10. Artikelnya sangat bagus...lanjutkan.

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. silahkan di share kembali jika bermanfaat

      Hapus
  12. Terimakasih artikelnya menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya, happy sharing

      Hapus
  13. Artikelnya menarik, terima kasih.

    BalasHapus
  14. Artikel yang menarik semoga menginspirasi pembaca umumnya...UMKM lebih maju dlm menopang perekonomian Indonesia. Sukses & sehat selalu bu Ai ya

    BalasHapus
  15. Terimakasih artikelnya sangat menarik dan bermanfaat semoga menjadi inspirasi bagi semua pembaca, semangat sukses selalu buat Bu ai

    BalasHapus
  16. Terima kasih artikelnya menarik dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan boleh dihshare kembali kok, klik saja icon medsos dibawah artikel OK

      Hapus
  17. Terima kasih atas artikelnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  18. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Semoga bisa terus memberikan manfaat bu 😊

    BalasHapus
  19. Terimakasih kasihi artikelnya sangat bagus Bu Ai

    BalasHapus
  20. Terimakasih ibu artikelnya, bagus..
    Semoga bisa bermanfaat utk yg baca. Sukses dan sehat selalu Ibu Ai 😊

    BalasHapus
  21. Terimakasih atas pencerahannya. Nice sharing👍👍👍

    BalasHapus
  22. Salah satu penggerak roda ekonomi masyarakat adalah UKM, baik skala industri maupun rumah tangga. Seiring revolusi industri 4.0, sudah saatnya UKM berbasis GO-UKM lewat web. masterweb salah satu penyedia hosting terkenal.
    Terimakasih artikelnya jadi terinspirasi bu.

    BalasHapus
  23. Gagasan yang tepat untuk dilaksanakan pada masa pandemi Covid 19.
    Terima kasih atas artikelnya yang sangat inspiratif

    BalasHapus
  24. Waaah, ini bagus sekali, sangat menarik dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, boleh dishare kok di medsosnya, klik saja icon di bawah artikel yah, happy sharing

      Hapus
  25. Terima kasih, idenya sangat luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. start awal berawal dari ide, dan terus akan berlanjut...sip

      Hapus
  26. Seiring dengan perkembangan jaman dimana serba on line, artikel ini cukup membantu memberikan informasi bagi para pengusaha UMKM yang belum memahami bagaimana suatu produk dipasarkan secara on line . Mudah-mudahan semakin banyak pengusaha UMKM yang terbantu dengan artikel ini dan penjualan produk mereka dapat meningkat.

    BalasHapus
  27. Kekuatan dan pondasi ekonomi di negara berkembang seperti Indonesia yaitu UMKM.terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  28. setuju pak erwin, terimakasih

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. boleh dishare jika berguna untuk yang lain, terimakasih

      Hapus
  30. Alhamdulillah sangat bermanfaat artikelnya...ditunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih p dadang kunjungannya, kalau bermanfaat bisa dihare kembali melalui icon sosmed di bawah artikel, supaya dapat artikel otomatis ke email silahkan subcribe dipojok bawah

      Hapus
  31. Terimakasih artikelnya bagus Bu,ditunggu artikel beikutnya

    BalasHapus
  32. TERIMA KASIH BU, ARTIKELNTA SANGAT BERMANFAAT. DITUNGGU ARTIKEL SELANJUTNYA... SUKSESSSSS

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.