Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajaran Hidup dari Mitokondria (organel sel)

Sebelumnya saya jelaskan dulu pada teman-teman apalagi yang baru kenal dan mendengar namanya …  apa dan siapa mitokondria ini, namun saya yakin untuk para siswa SMP dan SMA sudah pada mengenal, minimal pernah dengar,  sebagaimana peribahasa “tak kenal maka tak sayang”…yu kita simak dulu siapa dia.

Mitokondria
mitokondria pixabay.com

Fungsi dan Tugas utama mitokondria adalah menghasilkan energi dalam sel, sehingga menjadi tempat respirasi sel, oksidasi glukosa, dan segala proses yang berhubungan dengan pembentukan energi seperti lingkaran sitokrom, dan siklus/daur Kreb , sehingga sering juga disebut power house atau power supply nya  sel, memastikan sel berfungsi secara maksimal dan menghasilkan energi untuk metabolisme.

Apa saja yang menyusunnya

Mitokondria adalah organel sel dengan diameter kurang lebih 0,2-1 μm Panjang sampai 10 μm berbentuk oval atau batang yang dikelilingi 2 membran dengan ukuran 6 ηm, membrane luar licin dan membrane dalam berlipat-lipat membentuk krista untuk memperluas permuakaan, diantara kedua membrane terdapat ruang antar membrane seperti gambar dibawah ini :
Struktur Mitokondria
struktur mitokondria .wikipedia.org

Krista-krista membatasi suatu ruang dalam mitokondria yang disebut matrik, krista  merupakan dinding-dinding yang berlekuk-lekuk seperti rak kebagian dalam mitokondria, fungsinya memperluas bidang permukaan agar proses pembetukan energi menjadi lebih efektif dan optimal. 


Pada matrik terdapat enzim yang memungkinkan berlangsungnya siklus Kreb yang akhirnya dihasilkan energi (ATP), enzim respiratoris berikatan pada membrane, enzim yang berkaitan dengan fosforilasi oksidatif dan ATPase terletak pada partikel-partikel dasar, dan sitokrom oksidase dan enzim lainnya yang berkaitan dengan transport electron terlihat berikatan dengan membrane dalam.

Pelajaran hidup dari Mitokondria

Pelajaran hidup pertama; Mitokondria adalah  pekerja keras dan produktif, ia hadir menjadi penentu,  Tau ngak apa yang terjadi ketika kita puasa? krisis pasokan nutrisi dan apa yang Mitokondria lakukan? Diam dan tidur karena ingin dapat pahala tidur dibulan puasa ?. tidak! Mereka malah semakin produktif, ia memproduksi semakin banyak mitokondria untuk memasok energi. Sebuah amal yang hebat kan !

mitokondria dalam sel
Pelajaran hidup kedua; Mitokondria yang gak perform, alias sudah tua, ia  tau diri,, umur mitokondria pendek, hanya 1 minggu untuk mitokondria sel hati tikus, ia bukan jadi saingan yang muda dan fresh graduate dan memberikan kesempatan yang penuh pada yang muda, yang tua kemudian menghancurkan dirinya sendiri dan mitokondria yang mudalah yang mengambil alih agar bisa memberikan energi terbaik buat sel tubuh kita. Sehingga bagi mitokondria tidak ada istilah kendor, ia terus memberikan yang terbaik, tidak ada hentinya kerja, kerja dan kerja.

Pelajaran ketiga, Mitokondria adalah organel yang efektif dan bertindak tidak berlebih serta jauh dari perbuatan mubah ia hadir di sel dan menyesuaikan diri dengan sel tersebut dalam memproduksi energi,ia organel yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan,  ia akan membelah banyak di sel yang membutuhkan energi besar seperti di sel jantung, memiliki krista yang menyilang sampai seluruh lebar mitokondria sehingga bisa menghasilkan energi yang banyak.

mitokondria dan perannya

Btw faham kan sekarang, kenapa kalo kita mau jaga tubuh tetap ideal dengan membakar lemak tubuh, angkat beban lah. Stresing yang kita kasih ke otot akan membuat mitokondria dalam sel otot semakin banyak, sehingga otot jadi membutuhkan energi terus. Meminjam istilah para olahragawan “No pain no gain” akhirnya lemak terpaksa harus dipecah untuk jadi energi dan hilang tuh timbunan lemak. Latihannya cuma satu jam, namun bakar lemaknya bisa all day full 24 jam deh.

Pelajaran keempat;  Mitokondria adalah organel yang adil, menurut KBBI adil tuh tidak berat sebelah, walau berbeda tapi proforsional, kaya memberi makan bayi dan orang dewasa baik kualitas maupun kuantitasnya berbeda kan !, komposisi dan jumlah mitokondria tiap sel akan berbeda-beda karena ia akan menyesuaikan dengan  kebutuhan dan fungsi selnya. Misalnya limfosit dan spermatozoa berisi sel mitokondria yang sedikit walau menjadi energi utamanya, sedangkan sel hati memiliki sel yang banyak sekitar 1000 mitokondria, dan kita tidak akan menemukan organel mitokondria dalam sel darah merah, karena sel darah merah kebutuhan energinya sudah dipenuhi  dari proses glikolisis.sehingga tidak ada penumpukan yang tidak perlu.

Pelajaran kelima; kolaborasi. Asli mitokondria ini gak gengsian, ia mampu menyesuaikan dengan kebutuhan sel, mitokondria akan bergabung dengan yang lain atau memisahkan diri. Santai aja gak baperan kalo kerja. Yang penting perform dulu. For a greater good, katanya ketika ditanya soal ini 

contohnya : didalam matrik mitokondia ada ribonucleoprotein yang berkaitan dengan organel lain yang Namanya ribosom, jadi mitokondria berperan dalam pengaturan kimia yang penting dalam sintesa protein di ribosom.

Pelajaran keenam; ia organel yang mandiri dan tidak menjadi beban yang lain, dari dulu mitokondria emang sel yang terpisah, sehingga memiliki mekanisme biogenesis mitokondria yang luar biasa dan berisi DNA dan RNA yang khas sebagai sel prokariot tersendiri,  yang menjadi satu dengan sel eukariot yang lebih besar itu, mereka bersymbiosis  Sama-sama saling bantu dan saling menguntungkan kayak keluarga samawa, mitokondria masakin makanan, eukariot yg lebih gede menyediakan rumahnya, sehingga karena kerjasama yang harmonis ini meningkatkan kemampuan metabolise sel, jadi we .. bisa survive terus.

asal usul mitokondria

Pelajaran ke tujuh; Mitokondria mengajarkan kita untuk selalu sayang sama ibu kita.. gimana coba hidup kita akhirnya kalo mitokondria gak berfungsi? ambyar boss. Tanpa mitokondria, kita gak akan bisa tumbuh, dan bertahan hidup.
Tau darimana mitokondria kita berasal? dari ibu kita. yes, eksklusif "only from mama". mitokondria punya DNA-nya tersendiri, dan DNA mitokondria datangnya dari ibu. Kenapa? because Dad’s DNA is basically useless. Mati sendiri  waktu fertilisasi saat ovum dan sperma bersatu.

www.hipwee.com

Beberapa ahli berpendapat hal ini terjadi karena mitokondria bapak kelelahan setelah menyediakan  dan memasok energi ke sperma,  dimana antar sperma saling bersaing  dan berenang dengan jalur yang panjang dan berbagai rintangan yang menghadang untuk menjadi yang pertama dan tercepat mencapai ovum. Ia adanya di ekor sperma sehingga pas mau fusi, ngilang tuh dilepas karena udah nyampe kaya Apollo11 yang membuang roketnya,  jadi mitokondria bapak gak bisa ngurus anak seterusnya. Classic dad’s excuse.

So, kita-kita gak akan sesukses sekarang jika tanpa doa dan mitokondria dari ibumu.. Call your mom now, say thanks for her mitochondrion. Bahkan biologi pun tau, ibu akan selalu memberikan semua yang terbaik buat anak-anaknya.

Mah, makasih ya buat doa, pengorbanan dan mitokondrianya

 Inspirasi dan refferensi tulisan :

  1. Geneser Finn.1994. jilid 1 Buku Teks Histologi,ed.ke-1. Terjemahan F Arifin  GunawijayaM.S dkk . Binarupa Aksara.Jakarta
  2. Kurnadi, Kemal Adyana.1992.Dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia, FPMIPA IKIP Bandung.
  3. Thread twitter : @sdenta
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Pelajaran Hidup dari Mitokondria (organel sel) "

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.