Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fokus Pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA tahun 2020

Hai Sobat guru yang dimulyakan saat ini kita semua didunia pendidikan berjibaku mensikapi  kondisi Pandemi, bagaimana dan seperti apa upaya pembelajaran yang bisa maksimal ditengah berbagai kendala dan hambatan dimasa Pandemi sekarang ini.

Banyak guru yang bertanya, apa dan bagaimana cara kita memilih dan memilah matari ajar di masa kondisi pandemi covid 19 ini !

Dibawah ini saya sodorkan "Fokus Pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA tahun 2020 " yang di susun oleh BSNP. Sebagai panduan sobat guru semua menghadapi kondisi saat ini.

Dibawah ini saya paparkan Fokus Pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA yang di susun oleh BSNP.

Dalam Kondisi normal saja berbagai kendala dan permasalahan banyak sekali factor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran  apalagi dengan kondisi Pandemi Covid 19 ini semakin rumit dan komplek permasalahannya.

Kemdikbudristek sendiri meluncurkan "Merdeka Belajar" yang memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang dan menyusun kurikulum sendiri ,disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi namun tetap saja kebingungan dan kesulitan bagi kita sebagai guru. 

Hal inilah yang dihadapi penulis bagaimana memilih, menyusun dan merancang pembelajaran yang memenuhi standar kompetensi lulusan minimal yang tidak merugikan siswa.:
  • Bingung memahami lingkup materi yang harus diajarkan, karena luas dan panjangnya lingkup materi antar jenjang
  • Kesulitan dalam menghubungkan koneksitas antara Standar Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Evaluasi ? apalagi bagi mereka para tim pengembang kurikulum dan penyusun kurikulum /KTSP disekolahnya masing-masing. 
  • Apa tingkat kompetensi minimum yang harus dicapai di tiap level dan jenjang ?
  • Pengalaman belajar seperti apa sehingga sesuai dan memenuhi Standar Kompetensi Lususan (SKL) ?
Akibatnya banyak guru memburu modul-modul PJJ yang sudah jadi dari berbagai sumber, baik yang resmi dari kemdikbud maupun tidak resmi dari para penulis buku maupun group komunitas belajar seperti MGMP dan lain sebagainya. 

Namun tetap muncul kegamangan , kok kenapa materi/bab ini tidak ada yah ? padahal ini sangat penting, dan lain sebagainya pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari tiap guru.

Tidak banyak guru , tim pengembang kurikulum atau pihak sekolah mengetahui bahwa Pemerintah / kemdikbudristek melalui BSNP mengundang para ahli Pendidikan dan Ilmu pengetahuan dari seluruh pelosok universitas di Indonesia, telah merumuskan satu buku dengan judul : FOKUS PEMBELAJARAN SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA  tahun 2020“ yang bisa dijadikan pegangan yang Qot’i  kalau saya pinjam bahasa santrinya, yaitu pegangan pasti dan jelas serta terfokus sehingga bisa memudahkan guru dalam memilih, menyusun dan merancang pembelajaran yang tidak merugikan siswa dan tidak mengurangi kompetensi minimal yang harus dikuasai di tiap jenjang dan level sehingga tidak mengurangi kualitas lulusan atau sesuai dengan SKL.

"Fokus pembelajaran ini akan memudahkan guru mengambil keputusan fokus  tindakan pembelajaran apa yang harus segera dilakukan ketika situasi dan keadaan darurat terjadi" (Abdul Mut'i/Ketua BSNP,2020)
Gurusumedang.com pada artikel – artikel berikutnya akan membedah “ Fokus Pembelajaran” tersebut tiap jenjang dan level ditiap mata pelajaran. atau silahkan langsung simak dan pelajari saja dibawah ini "fokus pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA tahun 2020 dari BSNP :


Silahkan cek juga :

Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Fokus Pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA tahun 2020"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :