Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 7 BSNP

Sobat guru sebagaimana saya janjikan sebelumnya di artikel tentang fokus Pembelajaran SD-SMP dan SMA. yang belum baca silahkan di baca saja dulu  DISINI , sehingga sobat guru lebih mengenal apa yang dimaksud Fokus Pembelajaran dan bagaimana nilai pentingnya bagi guru, tim pengembang kurikulum dan para kepala sekolah. dalam merancang kurikulum merdeka ini. 
Sekarang saya iris-iris dan dimulai dari Fokus Pembelajaran IPA kelas 7 BSNP.

IPA (Fisika), Besaran dan satuan: 

Pengembangan kemampuan mengukur besaran besaran fisika dan memanfaatkan hasil pengukuran.
  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang besaran, satuan, dan pengukuran untuk melakukan pengukuran dengan alat-alat ukur dasar seperti alat-alat ukur panjang, massa, waktu, temperatur, gaya, dan tekanan dan menggunakan hasil pengukuran tersebut untuk  menentukan besaran-besaran turunan yang terkait. 
  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang gerak lurus untuk menganalisis gerak benda melalui pengukuran jarak tempuh dan waktu tempuh dan penentuan besaran-besaran jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan, dan/atau percepatan melalui grafik dan persamaan gerak dengan memanfaatkan data atau informasi yang diberikan.

Sobat guru sebagaimana saya janjikan sebelumnya di artikel tentang fokus Pembelajaran SD-SMP dan SMA akan saya sajikan . yang belum baca silahkan di baca saja dulu  DISINI , apa yang dimaksud Fokus Pembelajaran dan bagaimana nilai pentingnya bagi guru, tim pengembang kurikulum dan para kepala sekolah. dalam merancang kurikulum merdeka ini.   Sekarang saya iris-iris dan dimulai dari Fokus Pembelajaran IPA kelas 7 BSNP.

IPA (Fisika): Hukum Newton, usaha dan energi, dan pesawat sederhana: 

Pengembangan pemahaman dan pengenalan hukum-hukum Newton, konsep usaha dan energi, dan 
pesawat sederhana.

  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang hukum-hukum Newton dan beberapa contoh gaya (gaya gesek, gaya normal, gaya dorong/tarik, gaya pegas, dan gaya berat) untuk menganalisis keadaan gerak (diam atau bergerak) dan mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada sebuah benda (besar dan arahnya) termasuk pasangan gaya aksi-reaksi  melalui percobaan maupun telaah teoretis.
  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang konsep usaha untuk diaplikasikan pada  penentuan nilai jarak tempuh, gaya konstan (gaya dorong dan gaya berat) yang bekerja,  atau usaha yang dilakukan gaya konstan yang bekerja pada benda apabila dua dari ketiga  nilai besaran tersebut diketahui. 
  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang energi kinetik, energi potensial gravitasi, dan energi mekanik serta hukum kekekalan energi untuk menganalisis keadaan gerak (kecepatan dan ketinggiannya) melalui konsep energi. 
  • Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang konsep dari berbagai mesin sederhana (bidang miring, tuas, roda,  dan katrol) yang membantu mempermudah pemindahan benda untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

IPA (Kimia), Unsur dan Senyawa: 

Mengenal unsur dan senyawa dalam kehidupan sehari hari.
  • Siswa mempelajari konsep zat tunggal atau campuran. 
  • Siswa mengamati sifat dari beberapa benda yang tersusun atas zat tunggal seperti seng, besi (paku), aluminium,  tembaga, dan sebagainya. 
  • Siswa belajar membedakan zat tunggal dengan campuran, dan  mempelajari zat tunggal yang ada dalam suatu campuran. Siswa belajar membandingkan  sifat-sifat unsur logam dan non-logam. Siswa mempelajari konsep unsur dan senyawa.  Dengan menggunakan keterampilan tingkat tinggi siswa belajar membedakan istilah unsur  dan senyawa, serta mengenali beberapa unsur dan senyawa yang penting dalam  kehidupan. 

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Metode ilmiah: 

Pengembangan pemahaman metode ilmiah
  • Siswa mengembangkan pemahamannya tentang metode ilmiah melalui kegiatan percobaan atau penelitian sederhana yang mengandung langkah-langkah bekerja berkelompok,  mendesain set alat, mengukur dan mengumpulkan data, memanfaatkan data untuk  memperoleh besaran lain yang tidak bisa diukur, melakukan analisis untuk mendapatkan  kesimpulan, menuliskan laporan penelitian termasuk dalam bentuk poster, dan  melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi di depan kelas dengan  menggunakan powerpoint dan dalam bentuk video yang diunggah di dalam media sosial. 

IPA (Biologi), Makhluk Hidup: Mengklasifikasikan makhuk hidup (hewan, tumbuhan, dan  mikroorganisme).

  • Siswa memahami dan mampu mengklasifikasikan makhluk hidup, menggunakan taksonomi  yang tepat. Misalnya siswa melakukan pengamatan makhluk hidup lingkungan sekitar  sekolah lalu mengklasifikasikan ke dalam kelompok animalia dan plantae, dan juga ke  dalam kelompok invertebrata, vertebrata, magnoliopsida (dikotil), dan liliopsida 
  • (monokotil). 

IPA (Biologi), Genetika, pewarisan sifat dan mutasi: Memahami materi genetik,  pewarisan sifat dan mutasi

  • Siswa memahami materi genetik serta pewarisan sifat dan mutasi. Misalnya, siswa  mengamati DNA, RNA, gen dan kromosom melalui media elektronik (web link).  Selain itu,  
  • siswa memahami hukum Mendel yang menjelaskan tentang pewarisan sifat melalui  observasi anggota keluarga yang memiliki ciri atau sifat yang sama pada anggota tubuh.  
Pemahaman materi mutasi diberikan melalui media tulis atau visual seperti situs di  internet, video, atau jurnal, atau memberikan contoh abnormalitas yang terjadi di sekitar  akibat mutasi, seperti albino, buta warna.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu, serta memiliki kecakapan dan pengetahuan yang  memadai.
  • Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan, kreatif inovatif, produktif dan mandiri. 
  • Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan, kreatif inovatif, produktif, bersikap dan  berperilaku jujur, mandiri dan mampu bekerja kolaboratif. 
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki kegemaran terhadap 
  • matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa membiasakan diri berkerjasama dengan orang lain dalam memecahkan masalah atau hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. 
  • Siswa tumbuh rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negaranya. 
  • Siswa memiliki kreatifitas, kemandirian dan inovasi untuk melaksanakan percobaan 
  • sederhana di bidang IPA. Siswa juga memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan 
  • hasil percobaannya melalui tulisan dan juga mampu mempresentasikannya di depan 
  • kelas, baik secara individu maupun berkelompok 
  • Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan terkait materi yang diberikan 
Silahkan cek juga :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk " Fokus Pembelajaran IPA Kelas 7 BSNP"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.