Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fun Fisika | Membuat Kompas Sederhana

Fun Fisika | Membuat Kompas Sederhana. anda yang suka berpetualang mungkin pernah lupa arah dalam perjalanan, tentunya hal ini bisa berakibat fatal, nah jika sobat GS lupa arah utara, ikuti langkah-langkah ini untuk membuat kompas sederhana sendiri.

Fun Fisika | Membuat Kompas Sederhana. anda yang suka berpetualang mungkin pernah lupa arah dalam perjalanan, tentunya hal ini bisa berakibat fatal, nah jika sobat GS lupa arah utara, ikuti langkah-langkah ini untuk membuat kompas sederhana sendiri.  Dalam Fun Fisika ini, Sobat GS  akan membuat magnet dan melihatnya bagaimana magnet tersebut bereaksi /merespon magnet yang lebih besar yaitu BUMI. Kami menunjukkan dua cara untuk melakukan ini.  Setiap magnet memiliki kutub pencari utara dan kutub selatan, seperti halnya Bumi, yang merupakan magnet raksasa. Jika dua magnet disatukan, kutub utara yang satu akan menarik kutub selatan yang lain.

Dalam Fun Fisika ini, Sobat GS  akan membuat magnet dan melihatnya bagaimana magnet tersebut bereaksi /merespon magnet yang lebih besar yaitu BUMI. Kami menunjukkan dua cara untuk melakukan ini. 

Setiap magnet memiliki kutub pencari utara dan kutub selatan, seperti halnya Bumi, yang merupakan magnet raksasa. Jika dua magnet disatukan, kutub utara yang satu akan menarik kutub selatan yang lain. 

Dalam Fun Fisika ini, Sobat GS  akan membuat magnet dan melihatnya bagaimana magnet tersebut bereaksi /merespon magnet yang lebih besar yaitu BUMI. Kami menunjukkan dua cara untuk melakukan ini.   Setiap magnet memiliki kutub pencari utara dan kutub selatan, seperti halnya Bumi, yang merupakan magnet raksasa. Jika dua magnet disatukan, kutub utara yang satu akan menarik kutub selatan yang lain.

Inilah sebabnya mengapa kompas bekerja di Bumi. Medan magnet bumi cukup kuat untuk membuat kutub utara dari jarum kompas yang sangat ringan sejajar dengan kutub selatan magnet planet. 

Jika Anda bingung (tidakkah kompas menunjuk ke utara???), Anda mungkin tidak menyadari bahwa Kutub Utara geografis Bumi adalah kebalikan dari kutub utara magnetnya ! Dengan kata lain, kutub utara geografis planet ini adalah kutub selatan magnetnya, dan sebaliknya!

Sebelum lanjut alangkah baiknya sobat GS pelajari juga tentang magnet dan manfaatnya

Alat dan bahan yang kamu butuhkan
Jika Anda bingung (tidakkah kompas menunjuk ke utara???), Anda mungkin tidak menyadari bahwa Kutub Utara geografis Bumi adalah kebalikan dari kutub utara magnetnya ! Dengan kata lain, kutub utara geografis planet ini adalah kutub selatan magnetnya, dan sebaliknya!

  • Semangkuk air
  • Klip kertas atau jarum jahit
  • Sebuah magnet

Apa yang akan kamu lakukan?

  1. Magnetkan klip kertas atau jarum jahit Anda dengan menempelkan salah satu ujungnya di ujung magnet Anda (induksi magnetik)
    Magnetkan klip kertas atau jarum jahit Anda dengan menempelkan salah satu ujungnya di ujung magnet Anda (induksi magnetik)  Apungkan jarum magnet dengan sangat hati-hati di permukaan air. Ujung jarum (langkah 1)  yang Anda magnetkan(induksi magnetik) akan mengarah ke utara atau selatan, tergantung bagaimana Anda membuat magnet itu. Jika Anda kesulitan melakukannya, coba masukkan jarum ke dalam sedotan, di atas gabus, atau apa pun yang bisa membuatnya mengapung.

  2. Apungkan jarum magnet dengan sangat hati-hati di permukaan air. Ujung jarum (langkah 1)  yang Anda magnetkan(induksi magnetik) akan mengarah ke utara atau selatan, tergantung bagaimana Anda membuat magnet itu.
  3. Jika Anda kesulitan melakukannya, coba masukkan jarum ke dalam sedotan, di atas gabus, atau apa pun yang bisa membuatnya mengapung.

Anda juga dapat membuat kompas sederhana dengan seutas tali dan magnet batang. Cukup gantung seutas tali dari atas ambang pintu dan ikat magnet batang ke tali agar seimbang secara merata. Saat berbelok, ia akan menetap dan mengarah ke utara-selatan. 

Anda juga dapat membuat kompas sederhana dengan seutas tali dan magnet batang. Cukup gantung seutas tali dari atas ambang pintu dan ikat magnet batang ke tali agar seimbang secara merata. Saat berbelok, ia akan menetap dan mengarah ke utara-selatan.

Pelajari lebih lanjut tentang kompas dengan memainkan Media virtual Interaktif berikut ini yang diambil dari Phet Colorado :

Tahukah kamu?

  • Kompas merespon medan magnet bumi. Para ilmuwan percaya bahwa medan dihasilkan oleh mendidihnya carian inti bumi(besi inti bumi) yang sangat panas.
    Kompas merespon medan magnet bumi. Para ilmuwan percaya bahwa medan dihasilkan oleh pengadukan besi cair yang sangat panas di inti planet.

  • Medan magnet bumi tidak berjalan persis dari Kutub Utara ke Kutub Selatan, tetapi sedikit miring. Itu disebut deklinasi, dan efeknya, yang bervariasi tergantung di mana Anda berada di planet ini, dapat dilihat di kompas.

Semoga Bermanfaat

Sumber Referensi :

  • nationalmaglab.org 
  • Phet  Colorado

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Fun Fisika | Membuat Kompas Sederhana"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.