Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa  | Mata pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa merupakan fondasi dari perawatan kulit wajah, tangan, kaki, badan dan rambut yang menjadi sangat penting sebagai landasan peserta didik untuk menambah pengetahuan dan keahlian kerja yang lebih spesifik.

Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang dasar-dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang Beautician, Hairdresser, Makeup Artis, dan Therapistyang profesional .


Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

A. Rasional Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang dasar-dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang Beautician, Hairdresser, Makeup Artis, dan Therapistyang profesional .

Memiliki kompetensi yang meliputi salah satu atau keseluruhan rangkaian kegiatan untuk membekali penguasaan keahlian kecantikan kulit, rambut, dan Spa yang menjadi landasan bagi peserta didik untuk mendalami Industri Kecantikan dan Spa serta industri kreatif pada wirausaha bidang kecantikan (Influencer, Beauty Blogger, dan Makeup Freelancer).

Juga memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia Kecantikan dan Spa, profil entrepreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi pelayanan jasa Spa dan Kecantikan, tahapan operasional perawatan Kecantikan dan Spa secara menyeluruh dengan pelayanan prima (excellent service).

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa merupakan fondasi dari perawatan kulit wajah, tangan, kaki, badan dan rambut yang menjadi sangat penting sebagai landasan peserta didik untuk menambah pengetahuan dan keahlian kerja yang lebih spesifik.

Spesifikasi keahlian kerja Kecantikan dan Spa mampu memberikan perspektif mudah untuk dijadikan pemikiran dalam pemilihan kemampuan spesifik yang dapat diambil dan diasah oleh peserta didik di tingkatan berikutnya kelas XI dan kelas XII.

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran seperti discovery learning, inquiry learning, project based learning, problem based learning, teaching factory atau model dan metode lainnya yang relevan. 

Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang lebih interaktif, inspiratif dan eksploratif, sehingga memotivasi peserta didik untuk mampu membangun sikap kolaboratif dan mandiri. Model pembelajaran yang tepat akan dapat mengembangkan bakat, minat dan renjana peserta didik. 

Masing-masing materi memuat soft skills, antara lain  :
  • berpikir kritis dan pemecahan masalah, 
  • kreativitas dan inovasi, 
  • kerjasama, 
  • keterampilan komunikasi, 
  • serta sadar mutu layanan, 

sedangkan hard skills nya yaitu :
  • penguasaan kompetensi spesifik sesuai dengan pekerjaan di dunia kerja; dan 
  • integritas, yaitu jujur, pekerja keras, menginspirasi,
  • sehat, 
  • akhlak mulia, 
  • bertanggungjawab, 
  • cinta Indonesia, 
  • keterampilan untuk hidup mandiri, sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

B. Tujuan Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan bertujuan untuk memastikan peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, sikap (soft skills dan hard skills) meliputi:
  1. memahami proses bisnis dan profil industri atau di dunia Kecantikan dan Spa;
  2. memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia pariwisata dan kecantikan;
  3. memahami profesi dan kewirausahaan di bidang dunia Kecantikan dan Spa;
  4. dasar penerapan pelayanan prima (excellent service) pada industri Kecantikan dan Spa;
  5. memahami konsep dasar Sanitasi hygiene dan kesehatan dan keselamatan kerja;
  6. menerapkan konsep dasar anatomi fisiologi kulit dan rambut serta memahami sel, serta jaringan dan organ tubuh manusia;
  7. memahami dasar konsep Spa yang meliputi sejarah dan klasifikasi Spa; dan
  8. melaksanakan praktik dasar proses kecantikan kulit dan rambut.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

C. Karakteristik Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa menekankan pada aspek-aspek yang berkaitan dengan kebersihan, kesehatan, keindahan, keserasian, ketelitian, ketekunan, kesabaran, komunikatif, keramahtamahan, dan etika kerja. 

Adapun aspek dan elemen serta deskripsinya bisa sobat telaah bersama capaian pembelajaran dasar-dasar kecantikan dan spa.

D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa 

Pada akhir fase E (Kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian Kecantikan dan Spa sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu pada fase E aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen
kompetensi pada Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa.

 

Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan Spa  yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kecantikan"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.