Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner | Peserta didik mempelajari materi tentang dasar-dasar industri kuliner, perkembangan bidang kuliner termasuk teknologi dan tren yang sedang berkembang didunia kuliner,  foodpreneurs dan job profile dibidang kuliner.

Dasar-Dasar Kuliner adalah mata pelajaran yang memuat materidasar dalam  kegiatan mengolah makanan yang berasal dari bahan yang masih mentah menjadi makanan yang siap dikonsumsi. Istilah- istilah di bidang kuliner yang ada dalam mata pelajaran Dasar- Dasar Kuliner dituliskan dengan bahasa Inggris sebagai landasan untuk mempelajari bahasa inggris untuk kebutuhan belajar di fase berikutnya melalui penyelarasan dgn kurikulum berstandar ASEAN (Common ASEAN Tourism Curriculum/CATC).

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner

A. Rasional Dasar-Dasar Kuliner 

Dasar-Dasar Kuliner adalah mata pelajaran yang memuat materidasar dalam  kegiatan mengolah makanan yang berasal dari bahan yang masih mentah menjadi makanan yang siap dikonsumsi. Istilah- istilah di bidang kuliner yang ada dalam mata pelajaran Dasar- Dasar Kuliner dituliskan dengan bahasa Inggris sebagai landasan untuk mempelajari bahasa inggris untuk kebutuhan belajar di fase
berikutnya melalui penyelarasan dgn kurikulum berstandar ASEAN (Common ASEAN Tourism Curriculum/CATC).

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner berfungsi untuk memberikan motivasi dan meningkatkan minat belajar peserta didik sebagai bekal untuk mempelajari materi pada kompetensi keahlian berikutnya. 

Pada dasar-dasar kuliner, peserta didik mempelajari materi tentang dasar-dasar industri kuliner, perkembangan bidang kuliner termasuk teknologi dan tren yang sedang berkembang, foodpreneurs dan job profile dibidang kuliner sehingga dapat bekerja di hotel, restaurant, rumah sakit, kapal pesiar, food stylist, atau
berwirausaha. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner juga merupakan wahana belajar bagi peserta didik untuk mempelajari dasar-dasar pengetahuan bahan makanan serta teknik dan metode pengolahan makanan yang meliputi teknik memasak panas basah (moist heat) dan panas kering (dry heat) agar hasil olahan sesuai dengan standar yang telah ditentukan dengan mengikuti prinsip pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, juga mempelajari tentang pengetahuan peralatan dapur, menu, pengetahuan dasar masakan Indonesia, Oriental, Kontinental, serta pengetahuan dasar Patiseri/pastry dan bakery. 

Soft skills yang dibangun adalah bagaimana mereka :
  • mencintai pekerjaan yang terkait industri kuliner, 
  • berkreativitas, 
  • membangun kerja tim,
  • berorientasi pada kualitas yang tinggi, dan 
  • membangun suatu jaringan kerja (networking).

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran seperti :
  • discovery learning, 
  • inquiry learning, 
  • project based
  • learning, 
  • problem based learning, 
  • teaching factory atau
  • model dan metode lainnya yang relevan. 
Sobat GS bisa lebih mendalam tentang ke 5 model tersebut di atas pada artikel lainya di 5 Sintaks Model Pembelajaran

Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang lebih interaktif, inspiratif dan eksploratif, sehingga memotivasi peserta didik untuk mampu membangun sikap kolaboratif dan mandiri. Model pembelajaran yang tepat akan dapat mengembangkan bakat, minat dan renjana peserta didik.

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner membekali peserta didik dengan serangkaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan perubahan zaman, menunjang pengembangan diri melalui jalur studi dan pengembangan karir lebih lanjut sehingga bisa menjadi insan Profil Pelajar Pancasila yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bernalar kritis, mandiri, kreatif dan mampu bergotong royong.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner

B. Tujuan Dasar-Dasar Kuliner 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Kuliner bertujuan memastikan peserta didik dapat:
  1. memahami proses bisnis bidang industri kuliner;
  2. memahami perkembangan dan isu terkini bidang kuliner secara global, dan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan bidang kuliner;
  3. memahami profesi dan kewirausahaan (foodpreneurs dan job profile) di bidang kuliner;
  4. memahami dasar penerapan pelayanan prima (excellent service) pada industri kuliner;
  5. menerapkan prinsip Pelaksanaan CHSE (Cleanliness Hygiene Safety and Environment Sustainability) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point);
  6. memahami tahapan operasional persiapan dasar memasak meliputi pengetahuan alat, bahan, dan metode dasar memasak;
  7. memahami struktur menu masakan; dan
  8. melaksanakan praktik dasar memasak masakan Indonesia, oriental dan continental serta Pastry dan Bakery.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner

C. Karakteristik Dasar-Dasar Kuliner 

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner menekankan pada aspek-aspek yang berkaitan dengan kedisiplinan, ketangguhan, keuletan, ketelitian, responsif, akurat, kebersihan, kerjasama, ketekunan, keramahtamahan, kreatif dan etika kerja sebagai cook. 

Adapun aspek yang dipelajari serta elemen dan desripsinya silahkan cek bersama dengan capaian pembelajaran di bagian D.

D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner 

Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan dorongan hati (passion) dan visi untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Selain itu, pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan dasar-dasar Industri Kuliner, Perkembangan Bidang Kuliner, Entrepreneurship dan job profile di bidang kuliner, menerapkan prosedur pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan/Cleanliness Health Safety Environmental Sustainability (CHSE), serta menerapkan persiapan dasar memasak.

Berikut dibawah ini elemen dan deskripsi serta capaian pembelajaran dasar-dasar kuliner :


Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner  yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.