Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi

CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka | Teknik mesin atau teknik mekanik adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang luas dan merupakan aplikasi dari prinsip fisika untuk merancang, mengembangkan, membuat (manufaktur), menguji dan memelihara sebuah sistem mekanik.

Teknik mesin atau teknik mekanik adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang luas dan merupakan aplikasi dari prinsip fisika untuk merancang, mengembangkan, membuat (manufaktur), menguji dan memelihara sebuah sistem mekanik.

CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Mesin

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Dasar-Dasar Teknik Mesin adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian teknik pemesinan dan pengepasan (fitting and machining). 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Mesin, agar peserta didik memiliki dasar kompetensi yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Teknik mesin atau teknik mekanik adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang luas dan merupakan aplikasi dari prinsip fisika untuk merancang, mengembangkan, membuat (manufaktur), menguji dan memelihara sebuah sistem mekanik. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Pengetahuan dan keahlian teknik mesin dapat dimanfaatkan untuk mendesain dan membuat (manufaktur) kendaraan, pesawat, kapal laut, pabrik industri, peralatan, mesin industri, alat kesehatan dan peralatan lainnya.

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri pertama di Eropa pada abad ke-18 dan terus berkembang hingga kini memasuki era revolusi industri keempat (Industri 4.0). 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Saat ini keilmuan teknik mesin berkembang semakin canggih ke bidang material komposit, mekatronika, robotika dan nanoteknologi. Ilmu ini juga memiliki andil dalam memberikan solusi pada keilmuan lain seperti teknik penerbangan, teknik perkapalan, teknik perkeretaapian, teknik otomotif, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, dan teknik kimia, bahkan hingga ke bidang kedokteran, kesehatan dan obat-obatan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang pemesinan dan pengepasan (fitting and machining) dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis
    peserta didik. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model
    pembelajaran lainnya yang relevan.

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Ada beberapa konsentrasi yang dimungkinkan untuk dibentuk pada program keahlian Teknik Mesin antara lain Teknik Pemesinan, Teknik Pemesinan Pesawat Udara, Teknik Pemesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Logam, Teknik Perancangan dan Gambar Mesin, Teknik Pembuatan Perkakas (Tool Making), Teknik Pembuatan Alat Penepat dan Penjepit (Jig and Fixture) dan sejenisnya. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), softskills dan karakter peserta didik pada bidang teknik pemesinan dan pengepasan (Fitting and Machining) sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Mesin

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin bertujuan untuk memastikan peserta didik dibekali dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan dan karakter (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis bidang manufaktur mesin secara menyeluruh;
    2. memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dunia manufaktur mesin;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan di bidang manufaktur (job profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang manufaktur mesin;
    4. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya;
    5. memahami kegiatan praktik yang terkait dengan seluruh proses produksi dan teknologi yang diaplikasikan dalam industri manufaktur mesin;
    6. memahami jenis-jenis bahan, sifat fisik, sifat kimia, sifat mampu listrik dan mampu mekanik terkait fungsi-fungsinya dalam proses manufaktur;
    7. memahami jenis sambungan, tumpuan (bushing & bearing), transmisi mesin, dan pemipaan; dan
    8. menggambar teknik dasar lingkup teknik mesin.

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Mesin

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang operator atau teknisi pemesinan dan pengepasan (fitting and machining) sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    v
    Melalui pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, teknik dasar proses pemesinan, pengetahuan bahan (material science), dasar sistem mekanik, dan gambar teknik sesuai standar yang ditentukan pada bidang teknik mesin.

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin terdiri atas elemen-elemen
    berikut ini.

    D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin

    CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka
    Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK), peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Teknik Mesin, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Capaian Pembelajaran pada elemen- elemen mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin dapat diuraikan sebagai berikut:


    Atau silahkan Download CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi Kurikulum Merdeka  pada link berikut ini :


    Untuk capaian pembelajaran, buku teks dan modul ajar  kompetensi lainnya seilahkan kunjungi :

    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022, sebelumnya

    Semoga Bermanfaat
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Dasar-Dasar Teknik Mesin Revisi"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.