Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer

Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka | Teknik jaringan Komputer terdiri dari elemen mmateri yang meliputi Proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, wawasan perkembangan bidang Teknik Jaringan Komputer dan    Telekomunikasi, entrepreneurship dan job profile di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Media dan Jaringan Telekomunikasi, dan Prinsip Dasar Pengukuran.

Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka | Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi terdiri dari elemen mmateri yang meliputi Proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, wawasan perkembangan bidang Teknik Jaringan Komputer dan    Telekomunikasi, entrepreneurship dan job profile di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Media dan Jaringan Telekomunikasi, dan Prinsip Dasar Pengukuran.

Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi berfungsi untuk membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII. 

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Lingkup materi mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi meliputi wawasan sistem dan cara pengukuran di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian
    sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep dan nilai-nilai baru secara mandiri serta memahami dan menerapkan aspek digital consumer behaviour. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain :
    • Project-Based Learning, 
    • Teaching Factory, 
    • Discovery-Based Learning, 
    • Problem-Based Learning, 
    • Inquiry-Based Learning, atau model
    • lainnya serta metode yang relevan. 
    Untuk mengetahui lebih jelas tentang model pembelajaran diatas silahkan kunjungi tentang Sintaks 5 Model Pembelajaran

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta
    menyusun langkah- langkah solusi mengatasi masalah. 

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Penguasaan kemampuan Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan
    Telekomunikasi akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam mengembangkan solusi permasalahan di dunia usaha dan industri.

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi bertujuan membekali peserta didik dengan dasar- dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:
    1. memahami proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi;
    2. memahami wawasan perkembangan bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi;
    4. memahami lingkup kerja pada bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi;
    5. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;
    6. memahami penerapan media dan jaringan telekomunikasi; dan
    7. memahami prinsip dasar pengukuran dalam Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi memiliki elemen materi sebagai berikut: Proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, wawasan perkembangan bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, entrepreneurship dan job profile di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Media dan Jaringan Telekomunikasi, dan Prinsip Dasar Pengukuran.

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga admin database, analis sistem komputer, dosen ilmu komputer, peneliti, perancang jaringan komputer, perancang sistem komputer dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja. 

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Pengembangan soft skills pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi sangat penting sebagai bekal dasar di dalam membangun etos kerja, meliputi: komunikasi, critical thinking, kolaborasi, dan kreativitas. 

    Soft skills pada mata pelajaran ini menjadi fondasi dalam pengembangan hard skills seperti menginstalasi, memelihara, dan penanganan gangguan (troubleshooting) dalam bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

    Elemen dan deskripsi mata pelajaran Dasar-Dasar Jaringan Komputer
    dan Telekomunikasi anda cermati bersama capaian pembelajaran teknik jaringan komouter dibawah.

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai program keahlian yang dipilihnya melalui penguatan Wawasan Dunia Kerja dan Kewirausahaan. 

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum

    MerdekaCapaian pembelajaran berikutnya adalah penguasaan elemen-elemen
    pembelajaran lainnya sehingga dapat menumbuhkan passion dan vision yang dapat memotivasi dalam merencanakan, dan melaksanakan aktivitas belajar pada fase ini maupun fase berikutnya. 

    Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dapat diuraikan sebagai berikut:


    Atau silahkan di unduh saja Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer Revisi 2022 Kurikulum Merdeka di link berikut :


    Untuk Buku Teks dan CP Kompetensi lainnya bisa anda kunjungi :
    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat 
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Jaringan Komputer"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.