Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam Revisi

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka | Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam yaitu keahlian dalam melakukan proses penyambungan dua buah bahan atau lebih yang didasarkan pada prinsip-prinsip proses fusi, sehingga terbentuk suatu sambungan melalui ikatan kimia yang dihasilkan dari pemakaian panas dan tekanan serta proses pembuatan produk dari bahan pelat melalui proses pemotongan, pembentukan, pengecoran dan pengelasan.

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka | Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam yaitu keahlian dalam melakukan proses penyambungan dua buah bahan atau lebih yang didasarkan pada prinsip-prinsip proses fusi, sehingga terbentuk suatu sambungan melalui ikatan kimia yang dihasilkan dari pemakaian panas dan tekanan serta proses pembuatan produk dari bahan pelat melalui proses pemotongan, pembentukan, pengecoran dan pengelasan.

CP Program Keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam yaitu Keahlian dalam melakukan proses penyambungan dua buah bahan atau lebih yang didasarkan pada prinsip-prinsip proses fusi, sehingga terbentuk suatu sambungan melalui ikatan kimia yang dihasilkan dari pemakaian panas dan tekanan serta proses pembuatan produk dari bahan pelat melalui proses pemotongan, pembentukan, pengecoran dan pengelasan. 

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam, agar peserta didik memiliki dasar kompetensi yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata
pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Teknik pengelasan dan fabrikasi logam telah berkembang pesat dan digunakan dalam berbagai industri pengelasan konvensional, pengelasan secara otomatis, pengelasan secara robotik, pembentukan logam secara panas dan dingin, pengecoran logam fero dan non fero, serta industri lain yang terkait dengan pengelasan dan fabrikasi logam.

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang pengelasan dan fabrikasi logam dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. 

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. 

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model pembelajaran lainnya yang relevan.

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Ada beberapa konsentrasi yang dimungkinkan untuk dibentuk pada program keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam antara lain Teknik Pengelasan, Teknik Pengelasan Pesawat Udara, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Teknik Pengecoran Logam, dan sejenisnya. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), soft skills dan karakter peserta didik pada bidang teknik pemesinan dan pengepasan (Fitting and Machining) sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam berkontribusi
dalam memampukan peserta didik agar menjadi warga negara yang menguasai dasar program keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam, serta beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, dan kreatif.

B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam

Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
  1. memahami proses bisnis bidang pengelasan dan fabrikasi logam secara menyeluruh pada berbagai industri dan konstruksi;
  2. memahami perkembangan teknologi di dunia industri dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dengan pengelasan dan fabrikasi logam pada berbagai bidang;
  3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang pengelasan;
  4. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;
  5. memahami teknik dasar yang terkait dengan seluruh proses pengelasan dan fabrikasi logam;
  6. menggambar teknik dasar yang terkait dengan pengelasan dan fabrikasi logam;
  7. memahami penggunaan perkakas bengkel; dan
  8. memahami rutinitas pengelasan dasar dengan proses SMAW (Shielded Metal Arc Welding) sesuai dengan WPS (Welding Procedure Specification).

C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi pengelasan dan fabrikas logam sesuai dengan perkembangan dunia kerja, diantaranya :
  • pemahaman tentang proses bisnis, 
  • perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, 
  • isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), 
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), 
  • budaya kerja industri, 
  • teknik dasar pada bidang teknologi pengelasan dan fabrikasi logam, 
  • gambar teknik, 
  • penggunaan perkakas bengkel, dan 
  • pengelasan SMAW dasar.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam terdiri atas elemen-elemen dan deskripsinya yang bisa sobat cermati dibagian bawah.

D. CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam

CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan hidup dalam menggunakan perkakas bengkel, dalam melakukan pengelasan dasar sesuai dengan renjana (passion) dan cita-cita (vision) yang membangkitkan imajinasi dan kreativitas dalam menghasilkan produk kreatif baik dalam perancangan maupun pekerjaan.

Berikut ini adalah CP dari Program keahlian Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam :

 No  CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam  Download
1 CP Dasar-Dasar Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam  Download
2 CP Teknik Pengelasan Download
3 CP Teknik Pengelasan Kapal Downlaod
4 CP Teknik Kontruksi Badan Pesawat udara Download
5CP Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur Download
6 CP PKL Download

Capaian pembelajaran / CP Kompetensi keahlian lainnya bisa anda kunjungi : CP SMK Kurikulum Merdeka Revisi 2022

Sumber rujukan : CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi  Logam Revisi 2022 Kurikulum Merdek ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam Revisi"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.