Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Pesawat Udara

Capaian Pembelajaran Teknik Pesawat Udara | menghantarkan peserta didik menguasai kompetensi di bidang teknik pesawat udara seperti gambar teknik, aerodynamic fundamental, aircraft material, aircraft hardware dan tools equipment, aircraft structure, tenaga pendorong/power plant, flight control, aircraft system, dan pengetahuan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Pesawat Udara.   Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara merupakan gabungan kompetensi meliputi gambar teknik, aerodynamic fundamental, aircraft material, aircraft hardware dan tools equipment, aircraft structure, tenaga pendorong/power plant, flight control, aircraft system, dan pengetahuan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Capaian Pembelajaran Teknik Pesawat Udara

    A. Rasional Teknik Pesawat Udara

    Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Teknik Pesawat Udara. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara merupakan gabungan kompetensi meliputi gambar teknik, aerodynamic fundamental, aircraft material, aircraft hardware dan tools equipment, aircraft structure, tenaga pendorong/power plant, flight control, aircraft system, dan pengetahuan Civil Aviation Safety
    Regulation (CASR).

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang teknik pesawat udara dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. 

    Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

    Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain ;
    • project-based learning, 
    • problem-based learning, 
    • inquiry-based learning, 
    • discovery- based learning, 
    • teaching factory, atau 
    • model pembelajaran lainnya yang relevan.

    Beberapa konsentrasi yang dimungkinkan untuk dibentuk pada Program Keahlian Teknik Pesawat Udara antara lain Airframe Power Plant, Airframe Mechanic, Aircraft Electricity, Aviation Electronics, Electrical Aviaonics, dan sejenisnya.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), softskills dan karakter peserta didik pada bidang teknik pesawat udara sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotongroyong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

    B. Tujuan Teknik Pesawat Udara

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat udara bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh bidang manufaktur dan rekayasa pesawat udara;
    2. memahami bagan perkembangan teknologi di dunia kerja dan isu-isu global terkait dunia industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurhip), serta peluang usaha dalam bidang manufaktur dan rekayasa pesawat udara;
    4. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya;
    5. memahami teknik dasar proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara;
    6. menggambar teknik dasar pada lingkup manufaktur dan rekayasa pesawat udara;
    7. memahami aerodynamic fundamental dengan baik;
    8. memahami aircraft material dengan baik;
    9. memahami aircraft hardware dan tools equipment dengan baik;
    10. memahami aircraft structure dengan baik;
    11. memahami tenaga pendorong/power plant dengan baik;
    12. memahami flight control dengan benar;
    13. memahami aircraft system dengan baik; dan
    14. memahami Civil Aviation Safety Regulation (CASR) sesuai dengan prosedur.

    C. Karakteristik Teknik Pesawat Udara

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi Pesawat Udara sesuai dengan perkembangan dunia kerja diantaranya :
    • pemahaman tentang proses bisnis, 
    • perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, 
    • isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), 
    • Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), 
    • teknik dasar proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa pesawat udara, 
    • menggambar teknik dasar, 
    • aerodynamic fundamental, 
    • aircraft material, 
    • aircraft hardware dan tools equipment dengan baik, 
    • aircraft structure, 
    • tenaga pendorong/power plant, 
    • flight control, 
    • aircraft system, dan 
    • Civil Aviation Safety Regulation (CASR) sesuai dengan prosedur.
    Elemen dan capaian pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Pesawat Udara bisa anda cek dibagian bawah:

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Pesawat Udara

    Pada akhir fase E, peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami gambar teknik, aerodynamic fundamental, aircraft material, aircraft hardware dan tools equipment, aircraft structure, tenaga pendorong/power plant, flight control, aircraft system, dan pengetahuan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).


    Atau bisa sobat Unduh Capaian pembelajaran Teknik Pesawat Udara berbentuk Word pada link berikut ini :

    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    2 komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Pesawat Udara"

    1. ibu pengajar di SMKN 12 Bandung?

      BalasHapus
      Balasan
      1. salam kenal saya guru di SMPN 4 Sumedang, kalau admin 2 mengajar di SMK yang ada di Bandung, sehingga sering berinteraksi dengan SMKN 12 BDG, gambar hanya ilustrasi dimana Kita ketahui awal pertama siswa SMK bisa membuat pesawat terbang ya di SMKN 12 Bandung, sebagai icon SMK yang dulu kita kenal sebagai SMK Penerbangan, yang berada dekat dengan IPTN atau sekarang dikenal dengan PT DI

        Hapus

    Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.