Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial

Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial | Menghantarkan peserta didik menguasai kompetensi pekerjaan sosial, mulai dari penyusunan tahapan , proses dan pelaksanaan layanan serta asesmen kebutuhan klien, proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil filantropi, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

Materi mata pelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial meliputi:  pelaksanaan kegiatan pelayanan sesuai dengan kebutuhan klien, melakukan pelayanan sosial tanpa diskriminasi,  pemahaman tentang pelayanan prima kepada klien,  teknik asesmen kebutuhan klien,  penyusunan tahapan pekerjaan dan proses pelayanan, pelaksanaan pelayanan, dan  evaluasi hasil pelayanan.

Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial

    A. Rasional Pekerjaan Sosial

    Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Pekerjaan Sosial pada tingkat selanjutnya. 

    Mengajarkan tentang berbagai muatan kompetensi relevan yang berasal dari psikologi, komunikasi, sosiologi dan antropologi yang mendukung ilmu
    pekerjaan sosial serta langkah-langkah kerja dalam praktik pekerjaan sosial.

    Materi mata pelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial meliputi: 
    • pelaksanaan kegiatan pelayanan sesuai dengan kebutuhan klien,
    • melakukan pelayanan sosial tanpa diskriminasi, 
    • pemahaman tentang pelayanan prima kepada klien, 
    • teknik asesmen kebutuhan klien, 
    • penyusunan tahapan pekerjaan dan proses pelayanan,
    • pelaksanaan pelayanan, dan 
    • evaluasi hasil pelayanan.

    Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang pekerjaan sosial, meningkatkan lebih lanjut kemampuan berpikir kritis dengan menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi
    mengatasi masalah. 

    Penguasaan kemampuan dasar-dasar pekerjaan sosial akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain :
    • project-based learning, 
    • teaching factory, 
    • discovery-based learning, 
    • problem-based learning, 
    • inquiry-based learning, atau 
    • model lainnya serta metode yang relevan.

    Melalui lingkup materi tersebut diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak yang baik kepada sesama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

    Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial

    B. Tujuan Pekerjaan Sosial

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skill dan soft skill ) meliputi:
    1. memahami proses bisnis atau pengelolaan secara menyeluruh mengenai layanan pekerja sosial yang meliputi: penerimaan klien, identifikasi kebutuhan klien, perencanaan pemberian layanan, pelaksanaan pemberian layanan, evaluasi pemberian layanan;
    2. memahami perkembangan jenis-jenis layanan sosial serta perkembangan teknologi fasilitas dan peralatan pelayanan sosial;
    3. memahami profil filantropi dan lembaga-lembaga sosial;
    4. memahami teknik dasar layanan pekerja sosial dengan layanan prima; dan
    5. menggunakan alat wawancara, observasi, dan dokumentasi.

    Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial

    C. Karakteristik Pekerjaan Sosial

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga asisten pekerja sosial dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Oleh karena itu, dalam proses pembelajarannya memerlukan kesabaran, keramahan, dan kebersihan serta atensi sebagai bekal dalam pemberian layanan.

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil filantropi, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial meliputi elemen dan capaian pembelajaran yang selengkapnya sobat GS bisa scrolling dibagain bawah atau silahkan unduh bentuk wordnya juga.

    D. Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Pekerjaan Sosial untuk menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Capaian pembelajaran setiap elemen mata pelajaran Dasar- Dasar Pekerjaan Sosial dapat diuraikan sebagai berikut;


    atau silahkan unduh Capaian Pembelajaran Pekerjaan sosial bentuk word pada link berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pekerjaan Sosial"

    Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.