Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D

Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D, melengkapi modul ajar PPKn kelas 7 yang sudah ada sebelumnya, sebagai perangkat ajar para guru dalam menghadirkan pembelajaran  yang  mengutamakan keteladanan seorang guru,  pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta pembelajaran kontekstual.


Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D, melengkapi modul ajar PPKn kelas 7 yang sudah ada sebelumnya, sebagai perangkat ajar para guru dalam menghadirkan pembelajaran  yang  mengutamakan keteladanan seorang guru,  pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta pembelajaran kontekstual.


Untuk itu dibutuhkan modul ajar PPKn SMP kelas 8 Fase D ini agar terukur, terstruktur, dapat dievaluasi sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik, sehingga bisa mencapai Tujuan Pembelajaran.

Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D

Model pembelajarannya memang perlu kontekstual, banyak mengggunakan diskusi dan presentasi, hingga model pembelajaran proyek kewarganegaraan, maka hadirnya modul ajar PPkn SMP Kelas 8 Fase D ini menjadi media ajar yang tepat.

Situasi di satuan pendidikan sobat GS tentu berbeda-beda. Untuk itu guru perlu mengembangkan model pembelajaran /modul ajar PPKn sendiri yang dipandang relevan dengan pembelajaran yang difasilitasinya. 

Guru perlu lebih intensif meluangkan waktu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau modul ajar PPKn SMP kelas 8 Fase D yang dipandangnya paling efektif, sesuai dengan keperluan situasi dan kondisi masing-masing. 

Meminta siswa untuk membaca dan mempelajari setiap bagian materi lebih dahulu akan membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran PPKn dengan menggunakan buku ini. 

Begitu juga penggunaan pemetaan pikiran (mind mapping) dalam setiap pertemuan seperti pemetaan pikiran yang dicontohkan dalam setiap bab. 

Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D

Berbagai contoh yang ada di modul ajar PPKn SMP kelas 8 Fase D ini hasil aksi nyata dari guru-guru sekolah penggerak yang sudah dikurasi oleh kemdikbudristek, diharapkan dapat mempermudah sobat GS dan para guru menyiapkan dan menjalankan proses pembelajaran PPKn yang difasilitasinya dengan baik.

Meminjam istilah sobat GS, para guru bisa melakukan ATM dari contoh dibawah ini dengan langkah Amati dan analisis, Tiru kemudian Modifikasi. selamat bekerja:

Alur Tujuan Pembelajaran PPKn SMP Fase D

No ATP Unduh
1 Alur Tujuan Pembelajaran PPKn SMP Fase D Unduh

Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D

No Topik /ModulPenyusun Unduh
1 Pancasila Dasar Negara Pandangan
Hidup Bangsa
Yayat Suryatna,M.Pd Unduh
2 Penyebab Keberagaman Masyarakat
Indonesia
Tia Setiawati,S.Sos.,M.pd Unduh

Modul Ajar PPKn SMP kelas lainnya silahkan ikuti link berikut ini :
Demikian Modul ajar PPKn SMP kelas 8 Fase D yang akan admin terus update dalam upaya berkontribusi mensosialisasikan kurikulum merdeka,  semoga bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar PPKn SMP Kelas 8 Fase D"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.