Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Wacana Narasi

Contoh Wacana Narasi | Wacana Narasi atau sering disebut juga wacana kisah adalah wacana yang mengisahkan suatu peristiwa atau kronologis dengan alur cerita yang menarik.

Salah satu skill dalam membuat karangan ilmiah adalah kemampuan dalam membuat wacana, berikut ini untuk mempermudah pemahaman sobat GS saya sodorkan contoh wacana narasi :

Contoh Wacana Narasi | Wacana Narasi atau sering disebut juga wacana kisah adalah wacana yang mengisahkan suatu peristiwa atau kronologis dengan alur cerita yang menarik.

Contoh Wacana Narasi 

Hari itu dua orang anak muda yang berteman sangat bahagia. Hari itu adalah hari wisuda lulusan sarjana mereka. Roni lulus dengan nilai IPK terbaik hampir 4, sedangkan teman baiknya , Eko lulus dengan nilai IPK baik yaitu hampir 3. Mereka berteman. Eko memang memiliki kecakapan luwes dalam berteman, baik berteman dengan Roni atau dengan lainnya. Tetapi Roni berbeda ia dapat berteman hanya dengan orang-orang tertentu saja meskipun ia sangat pandai di bidang akademis.

Roni dan eko memiliki nasib yang beruntung, mereka diterima kerja di perusahaan yang sama, sesuai degan keahlian mereka tidak lama setelah lulus. Roni karena nilai akdemisnya begitu bagus memperoleh gaji lebih baik dibanding Eko sekitar 1,5 kali lebih besar.

Sampai tahun kedua bekerja, prestasi mereka berkembang tanpa ada yang aneh. Tetapi setelah tahun ke empat, terjadi perubahan yang mencolok. Eko memiliki prestasi lebih bagus melampaui prestasi Roni diukur dari berbagai aspek. Meskipun nilai akademis dan gaji awal Roni lebih bagus. Eko memiliki keterampilan lain.

Eko adalah orang yang mampu berkawan secara fleksibel, berkomunikasi dengan jelas dan kompetensi yang memadai. Eko berhasil membangun kerja tim yang tangguh dan mampu berkomunikasi efektif baik dalam tim maupun ke pihak luar. Sebaliknya Roni memiliki kompetensi teknis brilian tetapi sulit di pamahi dan dikoimunikasikan dengan anggota tim a[alagi kepada pihak lluar. berbagai proyek besar diselesaikann Roni sendirian, tanpa bantuan yang signifikan dari anggota tim lainnya.

Semakin hari tim yang dipimpin Eko dan yang dipimpin Roni semakin berkembang dan menghadapi tanggungjawab yang semakin besar. Tim Roni sangat mengandalkan kompetensi Roni, sedangkan tim Eko  telah terbiasa kerjasama dalam komando Eko. Dalam beberapa proyek besar, tim Eko mendapat kepercayaan lebih besar karena tim Eko mampu menjelaskan dengan baik segala kebijakan yang diambil. Sedangkan tim Roni sering mengalami kesulitan komunikasi meskipun secara teknis mungkin kompetensi mereka tidak kalah bagus. Tetapi pihak luar cenderung mengambil keputusan mempercayai tim Eko karena segala sesuatunya dapat dipahami dan resikonya dapat diperhitungkan.

Sampai akhirnya Eko diangkat diangkat untuk menjadi pemimpin yang lebih besar tanggungjawabnya termasuk membawahi tim Roni. Eko memperoleh dukungan yang besar baik dari atasan, teman maupun bawahan. Roni sendiri sangat senang Eko menjadi atasannya, karena Ekolah yang mampu memahami ide brilian dan sulit dari Roni untuk dijelaskan kepada anggota tim dan pihak luar. Mereka menjadi tim yang kompak dipimpin Eko. Prestasi Eko melejit jauh melampaui Roni dan Roni berkembang berkat bantuan Eko.

----------------------- 😀 -----------------------

Wacana diatas disadur dari : 

  • Nggermanto,Agus.2003."Quantum Quetient Kecerdasan Quantum" (Cara Praktis melejitkan IQ,EQ dan SQ yang Harmonis).Bandung: Penerbit Nuansa.

Demikian contoh wacana narasi dalam karangan ilmiah, yang bisa dilihat dari wacana diatas adalah adanya satu ciri yang khas pada wacana narasi yaitu penokohan dan latar yang mengungkapkan dan menceritakan apa yang dilakukan para tokoh, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Contoh Wacana Narasi"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.