Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TALENTA | Tantangan Literasi Nusantara

TALENTA | Tantangan Literasi Nusantara tahun 2023. Literasi saat ini tidak hanya dipandang sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis saja, namun dipahami sebagai suatu kemampuan berbahasa  dalam menyimak, membaca, memirsa, menulis, dan berbicara, yang dipadukan dengan kemampuan berpikir (mengakses, mengeksplorasi, mengidentifikasi, memproses, memperhitungkan, mempertanyakan, memahami, mengintrepretasi, dan mengevaluasi) sehingga seseorang dapat memiliki kemampuan dalam menggunakan, mengekspresikan, menciptakan dan mengkomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya.

Tingkat lilterasi Indonesia masih sangat jauh dari yang diharapkan, hal ini bisa kita lihat dari beberapa idikator diantaranya :

  1. Nilai Programme for international Student Asesment (PISA) Indonesia tahun 2018 menempati posisi ke 80 dari 85 negara. 
  2. Tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia tahun 2021 sebesar 59,52 
  3. Tingkat kegemaran membaca Provinsi Jawa Barat  tahun 2021 sebesar 70,10
  4. Sumber rujukan informasi penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun keatas umumnya diperoleh dari televisi sebesar 91,68% dan hanya 17,66% yang gemar membaca buku, surat kabar dan majalah (BPS 2012)

Untuk menjawab dan mempercepat  pencapain indikator-indikator tersebut,sangat dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan, dalam hal: 

  1. Peningkatan infrastruktur dan akses literasi keluarga, sekolah, dan masyarakat. 
  2. Peningkatan sumber literasi baik cetak maupun digital serta peningkatan kemampuan literasi di keluarga, sekolah dan masyarakat
Maka lahirlah gerakan TALENTA (Tantangan literasi Nusantara) yang dibidani oleh GLN Gareulis Jawa Barat.

TALENTA | Tantangan Literasi Nusantara tahun 2023. Literasi saat ini tidak hanya dipandang sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis saja, namun dipahami sebagai suatu kemampuan berbahasa  dalam menyimak, membaca, memirsa, menulis, dan berbicara, yang dipadukan dengan kemampuan berpikir (mengakses, mengeksplorasi, mengidentifikasi, memproses, memperhitungkan, mempertanyakan, memahami, mengintrepretasi, dan mengevaluasi) sehingga seseorang memiliki kemampuan dalam menggunakan, mengekspresikan, menciptakan dan mengkomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya.  Tingkat lilterasi masih sangat jauh dari yang diharapka,sangat hal ini bisa kita lihat dari beberapa idikator diantaranya :  Nilai Programme for international Student Asesment (PISA) Indonesia tahun 2018 menempati posisi ke 80 dari 85 negara.  Tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia tahun 2021 sebesar 59,52  Tingkat kegemaran membaca Provinsi Jawa Barat  tahun 2021 sebesar 70,10 Untuk menjawab dan mempercepat  pencapain indikator-indikator tersebut,sangat dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan, dalam hal:   Peningkatan infrastruktur dan akses literasi keluarga, sekolah, dan masyarakat.  Peningkatan sumber literasi baik cetak maupun digital serta peningkatan kemampuan literasi di keluarga, sekolah dan masyarakat Maka lahirlah gerakan TALENTA (Tantangan literasi Nusantara) yang dibidani oleh GLN Gareulis Jawa Barat.

Program Talenta ( Tantagan Literasi Nusantara)

Talenta adalah sebuah program literasi yang digagas untuk memberikan tantangan literasi kepada peserta tantangan selama kurun waktu 10 bulan dalam upaya meningkatkan pembiasaan implementasi literasi dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. 

Peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah/tokoh tertinggi di Jawa Barat/Nusantara. 

Tujuan TALENTA(Tantagan Literasi Nusantara) ini adalah :
  1. Meningkatkan minat baca masyarakat. 
  2. Meningkatkan kompetensi, kreativitas & inovasi dalam berliterasi.  
  3. Membantu pemerataan pemahaman dan implementasi literasi dan numerasi di masyarakat. 
  4. Sarana pengembangan media & publikasi hasil karya literasi. 
  5. Pengembangan penelitian literasi, peningkatan AKM, dan Rapor Pendidikan. 
  6. Memunculkan bibit-bibit penggerak literasi yang mau berpartisipasi terhadap peningkatan indeks literasi di daerahnya. 
  7. Wadah silaturahmi penggerak literasi se-Indonesia

Peserta Talenta

Peserta Talenta adalah individu atau sekelompok orang yang telah melakukan pendaftaran, tercatat sebagai peserta, dan melaksanakan tugas tantangan literasi selama periode Maret sampai dengan Desember 2023. 

Peserta Talenta (Tantangan Literasi Nusantara) terbuka bagi seluruh peserta nusantara dari berbagai kalangan/kategori. 

Kategori peserta Talenta (Tantangan Literasi Nusantara )

  1. Peserta Talenta Kategori Perorangan Peserta adalah seseorang yang mengatasnamakan dirinya sendiri, memiliki NIK, berkewarganegaraan Indonesia dan bersedia mengikuti tantangan literasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta tidak dibatasi usia. Peserta kategori perorangan bisa dari siswa, guru, kepala sekolah, komite, orang tua, pengawas, Bunda Literasi, Bunda PAUD, anggota TBM, anggota Komunitas Literasi, anggota karang taruna, pejabat pemerintah, pejabat swasta, dan yang lainnya yang mengatasnamakan atas dirinya sendiri untuk ikut serta dalam tantangan literasi. Peserta kategori perorangan mendaftar menggunakan email pribadi untuk mengupload tugas tantangan bagi dirinya sendiri. 
  2. Peserta Talenta Kategori Lembaga Peserta merupakan sekelompok orang (tim) yang mengatasnamakan lembaganya, memiliki SK penugasan dari lembaga yang mengirimkannya dan bersedia mengikuti tantangan literasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Peserta kategori Lembaga/Kelompok mendaftar hanya dengan menggunakan 1 akun (Email lembaga/kelompok) yang digunakan secara bersama-sama untuk mengunggah seluruh tugas tantangan dalam satu kelompok. (Unggah tugas boleh dikoordinir). Peserta Kategori Lembaga/Tim, terdiri dari: 
    1. GLS (Gerakan Literasi Sekolah), 
    2. GLK (Gerakan Literasi Keluarga), dan 
    3. GLM (Gerakan Literasi Masyarakat). 

Ketentuan Peserta Talenta Kategori Lembaga/Tim GLS (TK/PAUD/RA) 

  1. Peserta dari lembaga satuan pendidikan terdiri dari lembaga satuan pendidikan TK/ PAUD & SEDERAJAT. 
  2. Peserta dalam 1 lembaga terdiri dari 5 orang (1 tim). 
  3. Satu tim terdiri dari  3 siswa, dan 2 guru atau komposisi lain, selama jumlah siswa lebih banyak dari pembimbing. 
  4. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu grup/tim. e.  Keikutseraan peserta lembaga sekolah dibuktikan dengan SK Peserta Tantangan Literasi yang dikeluarkan dan disahkan oleh Kepala Sekolah.  

Ketentuan Peserta Talenta Kategori Lembaga/Tim GLS (SD, SMP, SMA, SMK, & SEDERAJAT) :

  1. Peserta dalam 1 lembaga terdiri dari 9 orang (1 tim). 
  2. Satu tim terdiri dari  6 siswa, dan 3 guru atau komposisi lain, selama jumlah siswa lebih banyak dari pembimbing. 
  3. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu grup/tim. 
  4. Keikutseraan peserta lembaga sekolah dibuktikan dengan SK Peserta Tantangan Literasi yang dikeluarkan dan disahkan oleh Kepala Sekolah. 

Ketentuan Peserta Talenta Kategori Lembaga/Tim SLB: 

  1. Peserta dalam lembaga/tim SLB terdiri dari 2 orang guru (1 tim). 
  2. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu grup/tim. 
  3. Keikutsertaan peserta lembaga sekolah dibuktikan dengan SK Peserta Tantangan Literasi yang dikeluarkan dan disahkan oleh Kepala Sekolah. 

Ketentuan Peserta Talenta Kategori Lembaga/Tim GLK: 

  1. Peserta Lembaga GLK terdiri dari 2 orang, yaitu 1 orang tua (ayah/ibu/wali) dan 1 anak. 
  2. Tugas anak disesuaikan dengan usia anak, bila anak usia TK/PAUD maka yang dilakukan adalah tugas literasi untuk TK/PAUD, bila anak usia SD & Sederajat, tugas yang dilakukan adalah tugas untuk tingkat SD & sederajat, demikian seterusnya. 
  3. Hubungan keluarga ditunjukan dalam kartu keluarga. 

Ketentuan Peserta Kategori Lembaga/Tim GLM :

  1. Peserta kategori Lembaga/tim GLM terdiri dari Lembaga TBM, Komunitas, Pokja Literasi dan atau yang lainnya yang dibuktikan dengan SK/akta pendirian pembentukan TBM, komunitas dan Pokja Literasi dan atau yang lainnya.  
  2. Bila tidak ada SK pendirian, maka boleh diganti dengan  surat keterangan yang ditandatangani oleh ketua/pimpinan TBM/Komunitas/Pokja Literasi. 
  3. Peserta kategori Lembaga/tim GLM terdiri dari 4 orang, yaitu 1 ketua komunitas dan 3 orang anggota. 
  4. Tiap komunitas boleh mengirimkan lebih dari satu grup/tim. 

Pendaftaran Peserta Talenta

Waktu Pendaftaran Talenta :
  1. Pendaftaran dibuka mulai 20 Februari 2023 – 25  Maret 2023 
  2. Grand Opening Tantangan Literasi Nusantara (TALENTA), dilaksanakan 18 Maret 2023, pukul 08.00–13.00 WIB. 
  3. Pelaksanaan Diklat Literasi 1 hari ke-1, 18 Maret 2023 dan Diklat literasi 1 hari ke-2, 25 Maret 2023 (32JP). 
  4. Tantangan Literasi Nusantara dimulai 25 Maret 2023 – Desember 2023 (10 bulan). 
  5. Pemanfaatan website untuk upload tugas tantangan dimulai Senin, 27 Maret 2023. 
  6. Batas akhir upload tugas adalah setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya. Misalnya untuk tugas upload reviu bulan Maret 2023, maka batas akhir upload tugas revieu adalah tanggal 15 bulan April 2023 dan seterusnya. Kecuali untuk bulan Desember Batas akhir upload tugas tantangan hanya sampai 31 Desember 2023 
  7. Website upload tugas yang digunakaan : http://tlnusantara-glnjabar2023.dlibraryapp.com/ 

Manfaat Mengikuti Program Talenta ( Tantangan Literasi Nusantara)

Manfaat yang diperoleh peserta tantangan: 
  1. Mendapatkan pelatihan materi TOT literasi sebanyak 6 paket yang bisa diimplementasi di sekolah, keluarga, dan masyarakat. 
  2. Piagam Partisipasi sebagai peserta tantangan literasi. 
  3. Silaturahmi dengan seluruh peserta tantangan literasi. 
  4. Tergabung dalam alumni keluarga besar peserta Tantangan Literasi Nusantara. 
  5. Mengikuti dan dilibatkan dalam kegiatan literasi GLN Gareulis Jabar. 
  6. Produk hasil TALENTA akan didokumentasikan dan dipublikasikan oleh GLN Gareulis jabar kepada pihak yang membutuhkan/mitra. 
  7. Mendapatkan penghargaan dan diikutsertakan sebagai nominator GAREULIS AWARD 

Jenis Tantangan Literasi dan Time Line 

  1. Diklat Literasi: sebanyak 6 paket dilaksanakan pada Maret - September 2023
  2. Membaca dan Mereviu Buku: dilaksanakan selama 10 bulan dari Maret - Desember 2023
  3. Menulis: menulis tulisan karya fiksi dan non difksi diantaranya ;
    • Karya Fiksi 
      1. Puisi 4 naskah
      2. Pantun 4 naskah
      3. Cerpen 1 Naskah, 
      4. Cerita Daerah 1 naskah
      5. Kaligrafi/tulisan indah ayat suci/kajian ayat (1 naskah)
    • karya Non Fiksi
      1. Best praktise untuk guru 1 naskahh
  4. Menerbitkan Buku ; menerbitkan 1 buku pada bulan Juli - Agustus 2023
  5. Mendongeng ; mendongeng 2 naskah September - Oktober 2023
  6. Diorama Dunia Baca ; 1 Diorama pada bulan Maret - esember 2023
  7. Video Literasi ; 3 video pada bulan september -November 2023
  8. Ke Pustaka; kunjungan ke perpustakaan sebanyak 1 kali , pada Juni 2023
  9. Instrumen Literasi; mengisi intrumen litersi pada bulan Maret dan Desember 2023
  10. Pameran Literasi; Seluruh peserta membuat dan mengikuti pameran literasi sebanyak 1 kali kegiatan yang dilaksanakan pada Desember 2023.
Selengkapnya silahkan telaah lebih lanjut petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Talenta 2023 yang berjudul : Implementasi literasi dai sekolah, keluarga dan masyarakat melalui program Talenta (Tantangan Liteasi Nusantara) tahun 2023-2024 yang dikeluarkan oleh Pokja literasi Dispusipda Jawa Barat GLN Gareulis Jabar : 

 

Demikian Talenta (Tantangan Literasi Nusantara) tahun 2023.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "TALENTA | Tantangan Literasi Nusantara"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.