Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Prakarya Budidaya Revisi 2023

CP Prakarya Budidaya Revisi 2023 | berdasarkan surat Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomr  1152/H3/SK.02.01/2023 tertanggal 4 September 2023, hasil dari umpan balik dan ditetapkanlah CP Revisi 2023.

CP Prakarya Budidaya Revisi 2023

CP Prakarya Budidaya revisi 2023/prakarya mengembangkan olah pikir dan olah rasa, untuk membantu peserta didik menjalani kehidupan, memecahkan masalah, maupun menghasilkan produk yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup.  Karya manusia sebagai produk budaya, terlihat dalam tiga ranah: fisik (material), sistem (langkah-langkah, metode dan strategi memproduksi) dan ide (gagasan dan latar belakang memproduksi).    Menyikapi perkembangan dan perubahan teknologi, ekonomi digital, budaya, dan gaya hidup yang terjadi dengan cepat di dunia saat ini, maka dunia pendidikan di Indonesia perlu mengantisipasi melalui penguatan keterampilan dan jiwa kewirausahaan peserta didik.

CP Prakarya Budidaya revisi 2023/prakarya mengembangkan olah pikir dan olah rasa, untuk membantu peserta didik menjalani kehidupan, memecahkan masalah, maupun menghasilkan produk yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. 

Karya manusia sebagai produk budaya, terlihat dalam tiga ranah: fisik (material), sistem (langkah-langkah, metode dan strategi memproduksi) dan ide (gagasan dan latar belakang memproduksi).  

Menyikapi perkembangan dan perubahan teknologi, ekonomi digital, budaya, dan gaya hidup yang terjadi dengan cepat di dunia saat ini, maka dunia pendidikan di Indonesia perlu mengantisipasi melalui penguatan keterampilan dan jiwa kewirausahaan peserta didik. 

Salah satu mata pelajaran yang mengembangkan keterampilan dan jiwa kewirausahaan adalah Prakarya. Mata Pelajaran Prakarya terdiri dari empat aspek berdasarkan jenis keterampilan yaitu kerajinan, rekayasa, budi daya dan pengolahan. 

Prakarya-Budi daya ditujukan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik melalui kepekaan terhadap lingkungan, ide dan kreativitas untuk bertahan hidup mandiri dan ekonomis.  

Mata pelajaran Prakarya Budi daya mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa dengan menghasilkan produk yang berdampak pada diri serta lingkungan menuju keseimbangan antara nature dan culture. 

Prakarya Budi daya mengembangkan kemampuan dan keterampilan peserta didik dengan mengintegrasikan, mengkorelasikan, dan mengkolaborasikan berbagai pengetahuan dan disiplin ilmu untuk menciptakan inovasi produk yang efektif dan efisien melalui pembelajaran kolaborasi dengan dunia kerja dan jenjang pendidikan selanjutnya. 

Kemampuan keterampilan kreatif pada Prakarya Budi daya berpeluang mewujudkan jiwa kewirausahaan dimulai sejak pendidikan dasar hingga pendidikan menengah melatih kemampuan kepemimpinan (leadership), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, kerjasama (teamwork), serta berani mengambil risiko (risk-taking). 

Akhirnya, melalui penguasaan ilmu dan pengetahuan alam, teknologi budi daya, budaya, ekonomi dengan semangat kewirausahaan diharapkan dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 

CP Prakarya Budi Daya Revisi 2023

Prakarya Budidaya memiliki tujuan sebagai berikut: 

  1. merencanakan dan menghasilkan produk budi daya yang aman melalui penguasaan eksplorasi bahan, alat, teknik dan sistem dengan mengembangkan, pengetahuan alam, dan teknologi budi daya berbasis ekosistem sesuai potensi lingkungan/kearifan lokal; 
  2. mengapresiasi, mengevaluasi dan merefleksi produk budi daya hasil diri sendiri, teman sebaya dan masyarakat berdasarkan pendekatan ilmiah; dan 
  3. menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan antara lain kepemimpinan, kerjasama dan berani mengambil risiko. 

CP Prakarya Budidaya Revisi 2023

CP Prakarya Budidaya Revisi 2023, mengembangkan kompetensi merencanakan dan menghasilkan produk budi daya yang aman berdampak individu maupun sosial. Peserta didik diberi kesempatan melakukan kegiatan eksplorasi, merencanakan produksi, melaksanakan produksi, evaluasi dan refleksi dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya. 

Proses perencanaan dan produksi produk budi daya memperhatikan ekosistem. Di samping itu, peserta didik dilatih kemampuan berpikir kreatif-inovatif, logis, sistematis dan global (komprehensif). 

Pengembangan materi pembelajaran bersifat kontekstual, yaitu menggali potensi kearifan lokal melalui apresiasi, observasi, dan eksplorasi untuk membuat perencanaan produksi. 

Proses produksi budi daya melalui uji coba, dan modifikasi bahan, alat, teknik dan sistem produksi dengan memberi kesempatan merefleksi dan mengevaluasi. Prakarya-Budi daya berorientasi mengembangkan kemampuan mengkonservasi dan memperbanyak sumber daya hayati secara berkelanjutan (sustainable). 

Melalui CP Prakarya Budidaya Revisi 2023, peserta didik dapat mengasah kecerdasan naturalis untuk memelihara dan/atau mengembangkan tanaman ataupun hewan secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil dan manfaat secara maksimal dengan memperhatikan kelestarian dan ekosistem. 

Lingkup materi Prakarya Budi daya mencakup pertanian (tanaman sayuran, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman obat), perikanan (ikan konsumsi dan ikan hias, baik tawar maupun laut) dan peternakan (hewan peliharaan, unggas pedaging, unggas petelur, satwa harapan) yang diselenggarakan secara mandiri, sinergi, dan gradasi dengan menyesuaikan kondisi dan potensi daerah/lingkungan masing-masing serta memperhatikan kelestarian dan ekosistem.  

Download CP Prakarya Budidaya Revisi 2023

Berdasarkan uraian di atas, maka mata pelajaran Prakarya Budi daya diorganisasikan dalam lingkup empat elemen yang terdiri dari observasi/eksplorasi, desain/perencanaan, produksi dan refleksi dan evaluasi. 

Keempat elemen tersebut dapat dipelajari secara terpisah dan diaplikasikan sebagai siklus dalam bentuk proyek sehingga memberikan pengalaman yang menyeluruh dan komprehensif bagi peserta didik.  

Berikut ini selengkapnya CP Prakarya Budidaya revisi 2023 mulai dari rasionalitas, tujuan , karakteristik, elemen dan capaian pembelajaran (CP) :

Atau sobat GS tinggal klik tombol biru dibawah ini untuk mendownload CP Prakarya Budidaya revisi 2023 :

Untuk CP perjenjang dan seluruh mata pelajaran  dapat anda temukan pada link berikut : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Prakarya Budidaya Revisi 2023 yang dapat kami sodorkan, semoga bermanfaat.

 

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Prakarya Budidaya Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.