Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Antropologi SMA Revisi 2023

CP Antropologi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat dari  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang hasil feedback dan revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP Antropologi SMA Revisi 2023

CP Antropologi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat dari  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang hasil feedback dan revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Indonesia adalah negeri besar, kaya dan beragam. yang berasal dari limpahan sumber daya alam dan kekayaan yang berasal dari kebudayaan yang dimiliki ribuan kelompok etnik yang tersebar di puluhan ribu pulau. 

Keragaman bahasa, etnik, ras, agama, kepercayaan, dan berbagai aspek bendawi dan nonbendawi terbukti menjadi bagian tidak terpisahkan dari kekayaan kebudayaannya. Mengakui keberagaman tersebut merupakan modal dasar terciptanya masyarakat yang harmonis. 

Keberagaman itu telah terdapat dalam sila-sila Pancasila dan ditegaskan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Pemahaman akan keberagaman dan kekayaan kebudayaan tentu akan menghasilkan kesadaran identitas diri di tengah kelompok masyarakat lain yang berbeda.  

Kesadaran ini perlu dilestarikan oleh peserta didik, pendidik, dan masyarakat untuk mengelola perbedaan yang ada. Pengelolaan keberagaman yang berujung pada upaya mempertemukan: 

  • suatu kebudayaan dengan kebudayaan lain yang memiliki dimensi emik (native point of view); dan 
  • dimensi etik (scientist’s viewpoint). 

Dalam CP Antropologi SMA Revisi 2023 ini, Pengetahuan kebudayaan atas diri, masyarakat, dan kelompok lain beserta keberagaman di dalamnya menjadi urgensi pembelajaran Antropologi. Pembelajaran Antropologi diorientasikan pada penanaman nilai atas jati diri sebagai bangsa yang multikultural. 

CP Antropologi SMA Revisi 2023

CP Antropologi SMA Revisi 2023 diharapkan pemahaman mendalam dan internalisasi nilai atas keberagaman dan kekayaan kebudayaan membentuk karakter peserta didik yang unggul dan beradab. 

Karakter yang dimaksud adalah peserta didik yang menghargai dan mengembangkan harmoni atas kebinekaan etnik, budaya, bahasa, agama, dan kepercayaan, serta segala aspek yang berbeda dengan identitas dirinya. 

CP Antropologi SMA Revisi 2023 memfokuskan pada proses identifikasi, penelusuran, dan pengungkapan makna atas keberagaman dan kekayaan kebudayaan bendawi dan nonbendawi yang ada, termasuk kebudayaan global pada abad 21 ini. 

Pembelajaran Antropologi adalah usaha untuk memberikan pemahaman mendalam dan memantik refleksi peserta didik terhadap keunikan kebudayaannya, serta segala nilai apapun yang terkandung di dalamnya.  

Proses memantik refleksi ini juga mendorong untuk penguatan nalar kritis, kreativitas, dan empati peserta didik dalam memposisikan dan mengelola diri dengan tepat di tengah keragaman budaya. 

Seluruh proses pembelajarannya akan tertuju pada penggalian nilai utama yang terkandung pada kebudayaan sehingga proses penanaman dan transmisi nilai-nilai pelajar Pancasila berjalan dinamis dan berkontribusi positif bagi pembentukan sumber daya manusia yang maju dan warga negara yang beradab. 

CP Antropologi SMA Revisi 2023

Mata pelajaran Antropologi bertujuan memfasilitasi peserta didik untuk: 

  1. mengidentifikasi, menelusuri, dan mengungkapkan secara kritis berbagai aspek ruang lingkup bidang Antropologi yang mewujud pada bentuk kebudayaan bendawi dan nonbendawi; 
  2. meningkatkan pengetahuan dan mampu berpikir kritis dalam praktik berkebudayaan pada konteks ruang dan waktu untuk melestarikan kebudayaan secara kreatif;  
  3. mengembangkan kemampuan adaptif dan reflektif dalam menerima kebudayaan lain, khususnya terkait kebinekaan nasional dan global sehingga proses transformasi sosial dapat berkembang; dan  
  4. menanamkan nilai-nilai utama dalam menciptakan bangsa yang beradab, menguatkan kegotongroyongan, dan responsif terhadap kebinekaan global.  

CP Antropologi SMA Revisi 2023

Antropologi termasuk rumpun ilmu sosial-budaya yang mempelajari manusia yakni manusia sebagai makhluk secara fisik, manusia pada masa prasejarah, dan manusia dengan sistem kebudayaannya. 

Kelahiran Antropologi erat kaitannya dengan etnografi, baik etnografi sebagai metode penelitian maupun etnografi sebagai produk penelitian. Antropologi mengkaji manusia dan kompleksitasnya dengan menggunakan pendekatan holistik untuk mendapat perspektif emik. 

Pendekatan ini dilakukan melalui partisipasi langsung dengan fokus kajiannya. Jadi, Antropologi mampu memahami fokus penelitiannya secara detail dan menghasilkan penjelasan yang mendalam (thick description).  

Capaian pembelajaran Antropologi didasarkan pada pertimbangan kemampuan bernalar peserta didik pada tingkat pendidikan menengah. Ciri pokok perkembangan peserta didik pada fase tersebut adalah mampu berpikir abstrak, logis serta menganalisis secara deduktif dan induktif mengenai berbagai fenomena sosial-budaya. 

Kemampuan bernalar secara deduktif dan induktif yang dimaksud adalah peserta didik mampu mengidentifikasi masalah; mencari jawaban, menarik kesimpulan, menafsirkan dan mengembangkan pemahamannya. 

Download CP Antropologi SMA Revisi 2023

Selengkapnya CP Antropologi SMA Revisi 2023 terdiri dari rasionalitas, tujuan , karakteristik, elemen dan capaian pembelajaran :


Atau bisa anda Download CP Antropologi SMA Revisi 2023 pada tombol biru berikut :


Untuk CP Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan seluruh matapelajaran dapat anda cek dilink berikut ini : CP Revisi terbaru 2023

Demikian CP Atropologi SMA Revisi 2023 yang dapat disodorkan semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Antropologi SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.