Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 | Indonesia memiliki potensi besar bagi pasar dunia industri, oleh karena itu, generasi muda perlu memiliki jiwa yang tangguh untuk berwirausaha dan keberanian untuk memulai di dalam dunia usaha. 

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 

CP Prakarya Kerajinan revisi 2023 menekankan pendekatan pada kemampuan keterampilan kreatif dalam Prakarya Kerajinan berpeluang untuk memperkenalkan dan melatih jiwa kewirausahaan seperti kemampuan kepemimpinan (leadership), kerja sama (team work), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, serta berani mengambil risiko (risk-taking), sehingga diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik.   Mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa dicapai melalui pendekatan sistem pembelajaran secara mandiri, sinergi, dan gradasi. Pembelajaran dilaksanakan menyesuaikan dengan minat dan perkembangan kemampuan peserta didik dengan pendampingan dari guru atau sekolah.   Pembelajaran juga membuka kesempatan bagi peserta didik dan sekolah untuk bekerjasama dengan dunia usaha/dunia kerja.

CP Prakarya Kerajinan revisi 2023 menekankan pendekatan pada kemampuan keterampilan kreatif dalam Prakarya Kerajinan berpeluang untuk memperkenalkan dan melatih jiwa kewirausahaan seperti kemampuan kepemimpinan (leadership), kerja sama (team work), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, serta berani mengambil risiko (risk-taking), sehingga diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik. 

Mengacu pada konsep hasta karya Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan cipta, rasa, dan karsa dicapai melalui pendekatan sistem pembelajaran secara mandiri, sinergi, dan gradasi. Pembelajaran dilaksanakan menyesuaikan dengan minat dan perkembangan kemampuan peserta didik dengan pendampingan dari guru atau sekolah. 

Pembelajaran juga membuka kesempatan bagi peserta didik dan sekolah untuk bekerjasama dengan dunia usaha/dunia kerja.  

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 

Prakarya Kerajinan memiliki tujuan sebagai berikut:  

  1. merancang dan menghasilkan produk kerajinan melalui penggalian (exploration) bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan seni, kerajinan, teknologi, desain, budaya, dan ekonomi;  
  2. mengapresiasi, mengevaluasi dan merefleksi karya diri, teman sebaya dan/atau perajin berdasarkan pendekatan ilmiah sehingga berkembang kepekaan rasa estetik, kreativitas dan kemampuan menghargai produk kerajinan masa kini maupun artefak masa lampau di nusantara dan mancanegara;  
  3. menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan antara lain kepemimpinan, kerja sama dan berani mengambil risiko.  

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 

CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 ini mengembangkan kompetensi merancang dan menciptakan produk kerajinan secara kontekstual dan ergonomis (memperhatikan kesesuaian antara fungsi dan kenyamanan produk). 

Pengembangan ide kreatif dalam bentuk desain/perencanaan dengan menggali budaya dan kearifan lokal melalui kemampuan apresiasi, observasi dan eksplorasi. Proses produksi melalui kegiatan uji coba, modifikasi, membuat produk, dan sentuhan akhir (finishing touch) dengan memberi kesempatan merefleksi dan mengevaluasi. 

Akhirnya, melalui penguasaan ilmu, pengetahuan dan keterampilan: seni, desain, teknologi, budaya, dan ekonomi dengan semangat kewirausahaan diharapkan dapat terwujud Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik. 

Selengkapnya baik rasionallitas prakarya kerajinan, Tujuan dan karakteristrik prakarya kerajinan, elemen dan subelemen serta capaian pembelajaran (CP) Prakarya Kerajinan bisa anda scrolling dibawah ini :

Atau silahkan anda download CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 pada tombol biru dibawah ini :

Untuk CP Revisi terbaru 2023 perjenjang dan semua mata pelajaran dapat anda download pada link berik ; CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 yang dapat di paparkan,semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Prakarya Kerajinan Revisi 2023 "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.