Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Home Visit yang Sangat Berkesan



Ditulis Oleh : Sri Novitasanti
Guru SMPN 2 Cimalaka Kab.Sumedang 

Pembelajaran siswa pada masa pandemi Covid seperti saat ini memang lebih baik di rumah, siswa Belajar Di Rumah (BDR) saja. Meskipun dirasakan kurang maksimal, namun ini solusi yang sudah sangat baik. Memang banyak kendala bagi guru dalam menyampaikan materi atau informasi ke siswa melalui daring, tanpa bertatap muka langsung. 

Sebagai guru kita tidak bisa melihat ekspresi anak pada saat pembelajaran secara daring, apakah anak sudah paham dengan materi yang diberikan guru atau belum, apakah siswa senang pada saat pembelajaran, apakah siswa merasa nyaman atau tidak dengan gurunya. 

Tapi alhamdulillah,  tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi,  ada 7 metode pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran ke siswa.  Ke 7 metode ini saling melengkapi satu sama lain, Dari 7 metode pembelajaran tersebut diantaranya pembelajaran melalui media sosial (Whatsapp) dan home visit. 

Melalui metode pembeajaran dengan menggunakan media sosial Whatsapp guru bisa memberikan berbagai informasi baik berupa catatan, suara ataupun dalam bentuk video. Dan anak pun dapat memberikan umpan balik dengan mengirimkan hasil belajar mereka. Menurut saya metode pembelajaran dengan media sosial ini dirasakan efektif dan murah. Kenapa saya katakan murah? 

Karena jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode virtual (aplikasi Zoom), media sosial whatsapp ini tidak terlalu “menyedot” kuota siswa. Jadi siswa yang keadaan orang tua nya termasuk golongan masyarakat menengah kebawah dirasakan cukup efektif dengan pembelajaran melalui media sosial Whatsapp ini.

Disini saya akan akan sedikit membagikan cerita, pengalaman saya pada saat melakukan kegiatan Home Visit ke daerah yang sama sekali belum saya kunjungi. Yaitu daerah dusun Cibunut desa Cikole kecamatan Cimalaka. Cukup menyenangkan pada saat saya berkunjung ke rumah siswa, dengan perjalanan yang cukup jauh, akhirnya saya dapat menemukan rumah siswa tersebut, walaupun sempat tersesat karena alamat yang diberikan oleh siswa kurang jelas. 

Saya mencoba mengabadikan nya dalam sebuah video, saya rekam obrolan saya dengan siswa dan sempat juga berbincang-bincang dengan orang tua dari siswa yang saya kunjungi. Saya mencoba melakukan wawancara dengan beliau dan meminta pendapatnya mengenai pembelajaran di rumah.  Dengan keadaan rumah yang sederhana, tapi ada yang istimewa disini, yang mana beliau sangat memperhatikan protokol kesehatan. Terdapat sabun dan tempat mencuci tangan di teras rumahnya. Ini membuktikan bahwa meskipun keadaan rumah nya sederhana, tapi beliau sangat mematuhi anjuran dari pemerintah. Saya sangat salut dengan orang tua siswa yang saya kunjungi saat itu.

Dan hikmah yang saya dapatkan dari kegiatan home visit ini adalah saya bisa meluapkan kerinduan saya kepada anak didik, karena kebetulan saya mengajar dikelas 7 yang sama sekali belum pernah bertemu langsung dengan mereka. Dengan melakukan home visit saya bisa melihat wajah-wajah polos mereka, tampak sekali kelihatan dari wajah mereka perasaan malu pada saat awal bertemu, sedkit berbicara pada saat menjawab beberapa pertanyaan dari saya. 

Dan diakhir pembicaraan ada senyuman yang mereka berikan dan itu sangat membuat saya bahagia. Senyuman mereka menandakan “mungkin mereka bahagia” pada saat bertemu dengan guru yang kebetulan wali kelas nya untuk pertama kalinya. Dan yang lebih membanggakan adalah respon dari orang tua yang sangat baik, dengan tutur katanya yang sangat sopan, sikap nya yang begitu hangat dan ramah membuat saya sangat tersanjung. Betapa sosok guru itu sangat dirindukan. Meskipun teknologi sudah semakin canggih, kita bisa mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan di internet namun posisi guru tetaplah tidak tergantikan. 

Berikut saya lampirkan video dari kegiatan Home Visit yang saya lakukan pada bulan Agustus 2020, dan  mohon maaf apabila banyak kekurangannya. Dan saya ucapkan terimakasih kepada MGMP Matematika wilayah 3 dan www.gurusumedang.com yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk sedikit berbagi cerita kepada rekan-rekan semuanya.

Video Dokumentasi Home Visit yang saya lakukan
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Home Visit yang Sangat Berkesan"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.