Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Mikroskop Siswa dan Bagian-Bagiannya


Pendahuluan
Mengenal Mikroskop
Bagian-bagian Mikroskop
Prinsip Kerja Mikroskop

Pendahuluan

Biologi adalah Ilmu yang mempelajarai mahluk hidup yang merupakan bagian dari Ilmu pengetauan Alam (IPA) , untuk mempelajari fakta-fakta mahluk hidup tersebut dibutuhkan alat bantu yang dapat menjelaskan secara detail fakta-fakta tersebut , dan salah satu alat bantu dalam pelajaran Biologi adalah Mikroskop, yang berfungsi untuk mengamati obyek-obyek kecil sehingga bisa diamati dan diidentifikasi.

sebelumnya kita telah Membahas Pengelolaan Laboratorium IPA, dan kali ini kita akan mengupas dan Mengenal Mikroskop siswa dan bagian-bagiannya , disambung cara menggunakan dan merawatnya.

Sejarah Mikroskop keberadaannya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mengiringi dan menemani setiap  penemuan-penemuan bidang sains tersebut. 
Mikroskop pertama kali di temukan dan digunakan  oleh Antony Van Leuwenhoek (1632-1723) berkebangsaan Belanda walaupun menggunakan mikroskop sederhana, pembesarannya sampai 200-300 kali,kemudian Hans dan Zaccharias Jansen menemukan mikroskop majemuk, berlensa ganda.

Prinsip kerja mikroskop terdiri dari dua lensa yaitu lensa cembung sebagai lensa obyektif ( dekat dengan benda ) dan lensa Okuler dekat dengan mata, lensa obyektif dipasang pada roda berputar yang disebut gagang putar, diputar sesuai dengan pembesaran yang diinginkan , sistem lensa obyektif memberikan pembesaran awal dan menghasilkan bayangan nyata kemudian diproyeksikan ke atas lensa okuler, yang kemudian bayangan tadi diperbesar untuk mendapatkan bayangan maya yang terlihat oleh mata. 

Mengenal Mikroskop

  1. Menurut Bahasa  Yunani Micros adalah kecil dan scopein adalah melihat,  maka mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang sangat kecil sekali untuk dapat di lihat oleh mata langsung. Dan ilmu yang mempelajari benda-benda kecil dengan menggunakan mikroskop di sebut mikroskopi.
  2. Umumnya mikroskop adalah mikroskop optis, yaitu mikroskop yang merupakan alat optic yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memperbesar gambar dari sebuah benda yang ditaruh di kaca obyek. Berdasarkan sumber cahayanya , mikroskope dibagai menjadi dua yaitu :
  • Mikroskop cahaya (A)
  • Mikroskop electron (B)

Mikroskop cahaya sendiri dibagi menjadi dua kelompok besar,yang dilihat berdasar penggunaannya. 

2.1. berdasarkan kegiatan pengamatan 
  1. Mikroskop stereo /diseksi untuk mengamati bagian permukaan 
  2. Mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian sel.
  • Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yanghanya memiliki 1 lensa okuler 
  • Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa okuler


2.2. Berdasarkan Kerumitan Kegiatan Pengamatan yang dilakukan.
  • Mikroskope sederhana
  • Mikroskop riset

Bagian-bagian Mikroskop

Ada dua bagian utama yang menyusun Miskroskop 

  • Bagian Optik ; terdiri dari kondensor, lensa obyektif dan lensa okuler
  • Bagian Non Optik ;dimulai dari kaki dan lengan mikroskop, diagfragma, meja sediaan objek, kaca obyek, micrometer dan makrometer, penjepit kaca obyek dan cermin
 

Prinsip Kerja Mikroskop

Pembesaran total adalah pembesaran lensa obyektif x pembesaran lensa okuer 
Prinsip kerja atau proses pemantulann cahaya adalah sebagai berikut ini :

  • Misalnya kita mengunakan obyektif 100 x, diagframa iris kondensor harus digunakan dalam keadaan terbuka penuh, karena lensa obyektif dengan pembesaran tinggibutuh cahaya yang  banyak, selain itu harus menggunakan minyak imersi, yang berfungsi untuk  mencegah hilangnya cahaya yang disebabkan oleh perbedaan indek bias (refraktif) antara kaca dan udara. Dimana indek bias udara = 1 sedangkan indek bias kaca 1,58 dan indek bias minyak imersi sama dengan kaca yaitu 1,56.
  • Fungsi mikroskop di pengaruhi oleh beberapa factor diantaranya :
  1. Usia Mikroskop
  2. Intensitas pemakaian
  3. Kualitas mikroskop
  4. Perilaku pemakai
  5. Tempat penyimpanan
Sehingga proses perawatan dan pemeliharaan menjadi penting untuk memaksimalkan kerja Mikroskop dan kesinambungan kegiatan laboratorium  

selengkapnya dibawah ini : 

Penutup

Pernahkah kita melihat keceriaan yang terpancar di wajah para siswa ? 
pengalaman saya ketika kita bekerjasama bersama siswa di laboratorium, lihatlah keceriaanya

Selengkapnya Menggunakan dan Merawat Mikroskop DISINI


Pustaka
  • Tim pudak scientific (2009) panduan contoh-contoh aktivitas biologi unntuk SMP dan sekolah sederajat, Bandung Pudak scientific
  • Kertiasa Nyoman,(2006) laboratoriumsekolah dan pengelolaannya, Bandung; Pudak Scientifik
  • Gambar : dari berbagai sumber.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Mengenal Mikroskop Siswa dan Bagian-Bagiannya"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :