Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Nilai dan PAK pada KBM

Nara sumber : Ade Sudiana,S.Pd,M.Si / Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kab.Sumedang
Moderator    : Hj.Nivati Telaumbanea,S.Pd,M.Si


“Benih perilaku koruptif bisa dicegah sejak dini 
dengan mengajarkan dan memberikan tauladan kepada anak-anak
 lewat pendidikan berbasis karakter melalui SEMAI (Sembilan Nilai)”.

Lulusan S2 Administrasi Pendidikan ini memaparkan materi “ Penerapan Nilai dan PAK pada KBM/ Pembelajaran di Semua Mata Pelajaran” dimana pencegahan adalah  tahapan yang lebih penting selain tindakan pidana oleh aparat hukum, sebab perilaku korupsi tidak akan pernah habis kalau semua komponen bangsa hanya bekerja di hilir, sedangkan  hulu dibiarkan tidak ada yang menggarapnya. 

Dibagian Hulu inilah peran keterlibatan pendidik menjadi sangat vital dalam memutus siklus prilaku korupsi sehingga terbentuk generasi yang berintegritas sesuai dengan harapan dari tujuan pendidikan Nasional, yaitu tumbuh dan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Lihat UU Sisdiknas no 20 tahun 2003.

Penanaman Pendidikan karakter anti korupsi wajib dilakukan sedini mungkin dan terus di pantau agar mampu tumbuh dengan baik dan terjaga, hal inilah yang menjadikan tantangan tersendiri para pendidik di jenjang Sekolah Menengah Pertama yang berusaha maksimal untuk mengintegrasikan Pendidikan karakter anti korupsi ke dalam pembelajaran sehari- hari. 

Perlu di ingat oleh para pendidik bahwa Pendidikan antikorupsi bukan sekedar proses transfer pengalihan pengetahuan (kognitif) namun juga menekankan pada upaya menanam, menumbuhkan sehingga terbentuk karakter  dan kesadaran moral dalam melakukan perlawanan  terhadap perilaku penyimpangan korupsi, sebuah upaya yang membutuhkan, keuletan , ketelatenan, keteladanan , kesungguhan dan juga kesabaran yang tinggi karena berhadapan dengan tantangan yang tidak ringan. 


Bagaimana tahapan mengintegrasikan Pendidikan anti korupsi dalam mata pelajaran ?

Tahapan-tahapan mengintegrasikan PAK dalam mata pelajaran :

  1. Identifikasi Nilai dan Perilaku Anti korupsi ; Identifikasi nilai dan perilaku anti korupsi dilakukan untuk memberikan penegasan mengenai nilai dan perilaku anti korupsi yang akan ditanamkan melalui mata pelajaran di sekolah, sehingga dapat memberikan kejelasan orientasi dan arah pengintegrasian ke dalam mata pelajaran yang dimaksud.
  2. Identifikasi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD ; Pada tahap awal identifikasi dilakukan untuk menemukan sejumlah KI dan KD yang ada dalam mata pelajaran yang mengandung muatan nilai dan perilaku anti korupsi. Setelah mengidentifikasi sejumlah KI dan KD, akan dijumpai sejumlah KI dan KD tertentu yang mengandung muatan nilai dan perilaku anti korupsi. Maka, di KI dan KD tersebut guru dapat mengintegrasikan materi anti korupsi ke dalam mata pelajaran.
  3. Susun Strategi Integrasi Pendidikan Nilai Anti Korupsi dalam Mata Pelajaran
  • Pengembangan Materi
  • Metode
  • Media dan Sumber Belajar

Tahapan mengintegrasikan PAK dalam KBM :

1. Tahap Perencanaan
  • Rumusan tujuan pembelajaran direvisi/diadaptasi
  • Bahan ajar disiapkan
  • Pendekatan/metode pembelajaran diubah (disesuaikan) 
  • Langkah-langkah pembelajaran juga direvisi
  • Bagian penilaian direvisi
2. Tahap Pelaksanaan

Kegiatan pembelajaran dari tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dipilih dan dilaksanakan agar peserta didik mempraktikkan nilai-nilai karakter anti korupsi yang ditargetkan.

3. Tahap Evaluasi

Dalam penilaian karakter terkait nilai-nilai karakter anti korupsi , guru hendaknya membuat instrumen penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk menghindari penilaian yang subjektif, baik dalam bentuk instrumen penilaian pengamatan (lembar pengamatan) maupun instrumen penilaian skala sikap (misalnya skala Likert).

Selengkapnya Pemetaan Kompetensi dan Indikator Nilai-Nilai Antikorupsi  Berdasarkan Tingkat Perkembangan Siswa, anda scrolling saja dibawah ini :


materi PDF Silahkan di unduh :

Unduh Video Selengkapnya hari#1 dan #2 DISINI
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Penerapan Nilai dan PAK pada KBM"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.