Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep dan Pengelolaan Implementasi PAK jenjang SMP Kab Sumedang



Nara Sumber  :Nunung Nurhayati, S.Pd, M.M.Pd
Moderator      : Hj. Yeni Andriani,S.Pd,M.Pd
Pengawas Pendidikan Kabupaten Sumedang


“Pendidikan anti korupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan 
mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong 
generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas 
terhadap setiap bentuk korupsi”.

Pendahuluan

Korupsi adalah kejahatan luar biasa (extraordinary crime), penyakit yang sudah akut di Republik ini, sebuah permasalahan yang rumit dan sulit untuk diurai, sehingga perlu kerjakeras dari berbagai komponen bangsa ini.

Untuk memberantas korupsi di Indonesia tidak cukup hanya dengan melakukan tindakan pemberantasan di hilir berupa penegakan hukum saja tapi juga harus dihulu dengan mencegah berkembangnya tindakan korupsi berupa penerapan nilai-nilai pendidikan karekter di sekolah.

Metode yang dapat dilakukan untuk mengintegrasikan moral pada tiap individu
  1. Pendekatan Rasionalistik  ; Pendekatan ini menanamkan moral dengan konsep-konsep yang bersifat rasional, dengan menanamkan pola pikir bahwa korupsi merupakan perbuatan yang merusak dan menghancurkan diri, lingkungan, dan negara.
  2. Pendekatan Spiritualistik ; Pendekatan ini menanamkan moral dengan konsep-konsep yang bersifat spiritual, seperti dengan menanamkan rasa takut kepada Tuhan dan azab-Nya.
  3. Pendekatan kombinasi antara rasionalistik dan spiritualistic ; Pendekatan kombinasi ini akan menanamkan paham rasional dalam diri peserta didik tentang efek buruk korupsi, juga menanamkan konsep spiritual tentang bagaimana hukuman Tuhan terhadap para koruptor di akhir zaman nanti.

Pengelolaan Pendidikan Anti Korupsi

  • Pendidikan anti korupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.
  • Implementasi pendidikan anti korupsi di sekolah dapat diterapkan melalui penanaman nilai kejujuran, kedisiplinan, keterbukaan, tanggung jawab, mengintegrasikan tiga domain, yakni domain pengetahuan (kognitif), sikap dan perilaku (afeksi), dan keterampilan (psikomotorik).
  • Apa yang bisa dilakukan sekolah dalam berpartisipasi  dalam gerakan pemberantasan korupsi ini ?
  • Meproses pendidikan yang mampu menumbuhkan kepedulian yang tulus, membangun penalaran obyektif dan mengembangkan perspektif universal pada individu. 
  • Memproses pendidikan yang mengarah pada penyemaian kualitas pribadi individu yang konsekuen dan kokoh dalam keterlibatan politiknya.
  • Membangun integritas yang bukan mensyaratkan kedewasaan semata, tetapi yang mampu membangun keberanian individu untuk mempertahankan kejujuran dan kesederhanaan sebagai prinsip dasar keterlibatan politik.

Bagaimana Strateginya agar PAK disekolah berjalan lancar ?

Strategi yang bisa dilakukan satuan Pendidikan adalah :
  • Pengintegrasian materi anti korupsi dalam mata pelajaran. Pada prinsipnya strategi integrasi bisa dilakukan melalui pengembangan materi, metode, media, dan sumber belajar dengan memberikan penonjolan, penajaman, pendalaman, atau perluasan materi pembelajaran yang terkait dengan nilai dan perilaku anti korupsi tertentu sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa yang ada pada setiap jenjang. 
  • Pengembangan kegiatan kesiswaan,  dimaksudkan untuk mendorong terjadinya internasilasi nilai dan tumbuhnya sikap dan perilaku anti korupsi melalui aktivitas dan pengalaman nyata siswa baik yang dilaksanakan secara rutin maupun insidental. dan 
  • Pembiasaan perilaku, dimaksudkan untuk menciptakan atmosfir dan menumbuhkan budaya anti korupsi di lingkungan sekolah. Melalui pembiasaan perilaku akan terjadi pengulangan perilaku secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama, sehingga perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang tersebut lambat laun secara pasti akan membudaya dalam kehidupan sehari-hari.

Model dan pendekatan Yang bisa dipakai di satuan Pendidikan :

Model sebagai Mata Pelajaran Tersendiri
Model Terintegrasi dalam Semua Mata Pelajaran
Model di Luar Pembelajaran
Model pembudayaan, pembiasaan nilai dalam seluruh aktivitas dan suasana sekolah
Model Gabungan

Selengkapnya anda scrolling dibawah ini :


Unduh Video Selengkapnya Hari #1 dan #2 DISINI
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Konsep dan Pengelolaan Implementasi PAK jenjang SMP Kab Sumedang"

  1. Terima kasih bu Ai, semoga sukses terus. Izin download materi PAK.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.