Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Tindak Lanjut PAK di Satuan Pendidikan

Rencana tindak lanjut (RTL) adalah upaya dalam mempersiapkan suatu proses kegiatan yang akan dilakukan , disusun dengan baik dan teratur (sistemik) untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Untuk itu sebuah RTL harus disusun sedemikian rupa sehingga mudah dibaca dan dipahami serta diimplementasikan, sebuah RTL yang baik harus memenuhi beberapa hal diantaranya :
  • Spesifik
  • Mampu diukur
  • Dapat dicapai
  • Masuk akal dan Relevan
  • Terjadwal dengan baik
  • Tujuan yang dirumuskan harus baik. 

Peserta yang mengikuti sosialisasi Implementasi Pendidikan Anti korupsi (PAK) jenjang SMP pada Kegiatan Pembinaan Karakter SMP Kabupaten Sumedang selama 2 hari  adalah Guru PKn dan wakil kepala sekolah tingkat SMP se Kabupaten Sumedang dengan materi :
  1. Manajemen Potensial Qodrati )MPQ) Penguatan Nilai-nilai anti Korupsi
  2. Implementasi Pendidikan anti korupsi pada Pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Sumedang
  3. Konsep dan Pengelolaan Implementasi Pendidikan abti korupsi
  4. Nilai dan perilaku annti korupsi
  5. Kebijakan implementasi Pendidikan anti korupsi
  6. Penerapan nilai dan perilaku anti Korupsi pada pembelajaran
Kasi Kurikulum Disdik Kab.Sumedang Edi Suwardi,M.Pd mengharapkan Pasca mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta yang diwakili para Wakasek dan Guru PKN  dapat :
  1. Memahami kebijakan, konsep dan pengelolaan PAK
  2. Memahami nilai-nilai perilaku Anti Korupsi
  3. Mampu menerapkan nilai-nilai anti korupsi dalam suatu pembelajaran
  4. Melaksanakan Diseminasi Implementasi Pendidikan Anti korupsi  dan  menyusun RTL Bersama - sama ditingkat Satuan Pendidikan. 
Pendidikan anti Korupsi ini di implementasikan pada semester genap tahun ajaran 2020-2021 dengan terlebih dahulu seluruh Satuan Pendidikan melaporkan RTL ke Kasi Kurikulum.

Diharapkan Bapak/ibu guru memaksimalkan diri dan mengambil peran dalam  membentuk generasi Cerdas Eksotik sehingga di catat sebagai wujud investasi masa depan yang gemilang kata Kasi Kurikulum ketika menutup kegiatan Sosialiasi PAK di Kabupaten Sumedang. Aamiin. 

Format RTL PAK Jenjang SMP di Kab Sumedang unduh DISINI

Setelah diisi RTL dari tiap sekolah , silahkan masukan ke link drive berikut kemudian buat folder dengan nama sekolah masing masing, terimakasih LINK LAPORAN DISINI

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Rencana Tindak Lanjut PAK di Satuan Pendidikan"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.