Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Hosting Unlimited Indonesia

Profil Pelajar Pancasila dalam Visi Pendidikan Indonesia

visi Pendidikan Indonesia = mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotongroyong dan berkebinekaan global

Profil Pelajar Pancasila

Berdasarkan visi pendidikan Indonesia berikut ini  profil Pelajar Pancasila :

  1. Beriman, bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
  2. Berkebhinekaan global
  3. Mandiri
  4. Gotong royong
  5. Bernalar kritis
  6. Kreatif
Sebuah cita-cita Pendidikan yang harus di bangun dengan layanan Pendidikan yang berkualitas, yaitu sebuah proses Pendidikan yang mampu meningkatkan hasil belajar  berupa komptensi kognitif maupun non kognitif sehingga setiap peserta didik mampu bersaing di tingkat global sesuai dengan kondisi dan perkembangan dunia saat ini.

Secara lengkap Profil Pelajar Pancasila :

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa dan berakhlak mulia ;

Indonesia adalah bangsa yang dibangun atas nilai-nilai religiusitas, sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa  kemerdekaan bangsa ini berdiri atas berkat rahmat Alloh yang maha esa yang di perjelas didalam Pancasila sila ke 1 yaitu Ketuhanan yang maha esa. dengan karakter :
  • penguatan Iman dan takwa kepada Tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Dan keimanan ini termanifestasikan pada akhlak mulia baik pada diri sendiri, dan akhlak mulia pada sesame manusia.
  • Akhlak mulia hubungannya dengan Tuhan  (akhlak beragama) hal ini berarti Pelajar Indonesia harus sadar bahwa dirinya adalah  mahluk  yang mendapatkan amanah dari Tuhan dimuka bumi untuk untuk membawa rahmat (saling mengasihi) dengan menjaga diri sendiri, sesame manusia, dan alam sekitarnya dengan cara menjalakan perintah-Nya dan menjauhi larangann-Nya.
  • Akhlak pribadi menunjukkan pelajar Indonesia harus mampu berprilaku untuk menjaga diri sendiri dan melaraskannya dengan tindakan menjada dan merawat sesame. Dan akhlak kepada sesame berarti pelajar Indonesia harus menyadari bahwa manusia berkedudukan sama dihadapan Tuhan, sehingga harus mampu menghargai segala bentuk perbedaan.

Profil Pelajar Pancasila www.gurusumedang.com

2. Berkebhinekaan global ; bahwa pelajar Indonesia adalah :

  • pelajar yang mampu memahami dan menghargai kebhinekaan budaya ( baik kebhinekaan budaya daerah, nasional maupun global) 
  • mampu berinteraksi secara positif antar sesama dan
  • memiliki kemampuan komunikasi interkultural, 
  • secara reflektif dan penuh tanggung jawab menjadikan pengalaman kebinekaan sebagai kekuatan untuk membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkesinambungan. 
  • pelajar yang berkebinekaan global dibangun melalui penguatan pengetahuan dan kemampuan personal, interpersonal, dan sosial

3. Mandiri ; Pelajar Indonesia yang mandiri yaitu 

  • pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Dengan kata lain, pelajar mandiri harus memiliki beberapa elemen kunci, antara lain adalah kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi,
  • kemampuan melakukan regulasi diri (self regulation), yakni mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajar.

4. Gotong Royong, Pelajar Indonesia yang memiliki kemampuan gotong royong  dengan ciri :

  • mampu melakukan kegiatan bersama-sama, 
  • berkolaborasi untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang disekitarnya. 
  • peduli terhadap lingkungannya dan 
  • berkomitmen untuk bisa berkontribusi meringankan masalah yang dihadapi oleh orang-orang di sekitarnya.

5. Bernalar Kritis;  pelajar Indonesia yang bernalar kritis adalah

  • pelajar yang mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dan terbuka terhadap pembuktian baru. 
  • mampu berpikir sistematik dan saintifik, menarik kesimpulan dari fakta yang ada, dan memecahkan masalah. 
  • mampu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, melakukan refleksi pemikiran dan proses berpikir, serta mengambil keputusan ( ektended communication)

6. Keatif, pelajar Indonesia yang kreatif ialah :

  • mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Baik berupa gagasan, tindakan, maupun karya nyata.  Dengan elemen kunci pelajar kreatif yaitu :
  1. mampu menghasilkan gagasan yang orisinal 
  2. mampu menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal 

Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan ekosistem yang mendukung proses pembelajaran yang berkualitas,  memiliki komitmen tinggi dan berintegritas di tiap level.

Maju terus Pendidikan Indonesia.

Reff :

  • Naskah akademik program sekolah penggerak Puslitjak Kemdikbud

Ai Deti Heryanti
Ai Deti Heryanti Guru IPA SMPN 4 SUMEDANG,

Post a Comment for "Profil Pelajar Pancasila dalam Visi Pendidikan Indonesia"

Menginformasikan seputar Pendidikan, Forum Ilmiah,Lesson Study, Jurnal dan Publikasi ilmiah,sebagai wahana terus belajar sepanjang hayat.
mohon maaf atas ketidaknyamanan tampilan blog dikarenakan masih ada kendala perbaikan id dalam verifikasi id google adsense,
Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.

Dapatkan artikel otomatis via Email