Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUPERVISI DAN PK GURU TERBARU

TANTANGAN ZAMAN

Perkembangan era 4.0 ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat,hal ini bisa dilihat dan dirasakan pada melesatnya perkembangan teknologi informasi, perkembangan zaman yang serba cepat menuntut institusi Pendidikan melahirkan insan yang bisa menjadi penentu dan pemain dari kemajuan ini bukan hanya sebatas penonton. 

Tantangan ini bisa dijawab dengan melahirkan lulusan yang berkualitas, lulusan yang berkualitas akan lahir dari pembelajaran yang berkualitas dan pembelajaran yang berkualitas dibidani oleh guru yang berkualitas.


Untuk meningkatkan kualitas guru maka kepala sekolah sebagai penanggungjawab terlaksananya pembelajaran yang berkualitas, sebuah pembelajaran yang berkualitas ditandai dengan kinerja yang baik di setiap komponen yang ada didalam intitusi sekolah, salah satunya adalah guru yang bertanggungjawab langsung bagaimana proses pembelajaran terjadi.

Salah satu upaya dalam pengawasan kualitas, pengembangan  profesionalisme dan penumbuhan motivasi   guru disekolah adalah supervisI Akademik kepada Guru. 

SUPERVISI AKADEMIK

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogic dan Profesionalisme, meningkatnya komitmen,kemauan dan motivasi guru sehingga kualitas akademik menjadi meningkat yang muaranya pada lahirnya mutu lulusan yang berkualitas.Supervisi secara Daring klik Disini

Supervisi  akademik dilakukan oleh kepala sekolah dengan tujuan :
  1. Membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.
  2. Memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas- kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik.
  3. Mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajar, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggung jawabnya

PENILAIAN KINERJA  GURU

Menurut Permen PAN dan RB No 16 tahun 2009 Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jabatannya. dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan.

Pengamatan, adalah suatu proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan melalui pengamtan langsung terhadap cara kerja guru pada saat menyampaikan materi pembelajaran dan atau pembimbingan di kelas pada peserta didik. 

Pengamatan terdiri dari Sebelum, selama dan setelah pengamatan  hal ini bisa dilakukan prosesnya diawalai dengan supervisi akademis/supervise kelas oleh kepala sekolah.

Pemantauan, merupakan proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan terhadap kegiatan guru selain pelaksanaan pembelajaran /pembimbingan peserta didik didalam kelas, misalnya ;
  • Kehadiran guru dikelas
  • Laporan layanan dan bimbingan konseling terkini dan tepat waktu untuk guru BK
  • Kehadiran guru di sekolah
  • Pelayanan terhadap orang tua peserta didik dll
PK GURU dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai tugas pembelajaran, pembimbingan dan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah.

Untuk pembelajaran, kompetensi yang dijadikan dasar dalam penilaian kinerja guru  sesuai Permen No 16 tahun 2007 adalah :
  • Kompetensi pedagogic
  • Kompetensi professional
  • Kompetensi sosial
  • Kompetensi kepribadian
Tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah misalnya sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengelola perpustakaan dan sebagainya sesuai Permen PAN RB No 16 tahun 2009.

Fungsi PK Guru adalah :
  1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan merencanakan PKB.
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya

MODUL SUPERVISI DAN PENILAIAN KINERJA GURU (MPPKS-PKG)


yang di susun oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dirjan GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019

Berisi tentang :
  1. Konsep Supervisi Guru
  2. Prinsip-Prinsip Supervisi Guru
  3. Pendekatan, Teknik dan Model Supervisi Guru
  4. Instrumen Supervisi Guru
  5. Tahapan Supervisi Guru
  6. Konsep Penilaian Kinerja Guru
  7. Prinsip-Prinsip Penilaian Kinerja Guru
  8. Komponen PK Guru
  9. Waktu Pelaksanaan PK Guru
  10. Aspek yang Dinilai
  11. Perangkat Pelaksanaan PK Guru
  12. Pelaksanaan PK Guru
  13. Pengolahan Hasil Penilaian
Lebih lengkapnya tentang Pembahasan 
  • MODUL Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru ( MPPKS-PKG) silahkan Unduh disini. 

Selengkapnya tentang pembahasan :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

4 komentar untuk "SUPERVISI DAN PK GURU TERBARU"

  1. terimaksih bu, sangat bermanfaat untuk menilai kinerja guru-guru kami di sma labschool untad palu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, sukses untuk SMA Labschool Untad Palu

      Hapus
  2. info penguatan yang menarik, terima kasih atas berbaginya

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share,Sukses selalu

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.