Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Uji Karbondioksida

LKPD Uji Karbondioksida, dalam beraktifitas tubuh memerlukan energi dalam bentuk ATP, ATP dihasilkan dari proses  Katabolisme Glukosa (C6H12O6) + O2 menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan CO2.  


ATP akan digunakan sebagai sumber energi sel, yang juga didistribusikan ke seluruh tubuh sebagai energi dalam menunjang seluruh aktivitas hidup. 

Misalnya Jantung yang terus memompa darah memerlukan ATP yang besar,  atau ATP dalam otot digunakan dalam bergerak, dan seluruh aktivitas tubuh memerlukan ATP.

CO2 yang dihasilkan merupakan sisa metabolisme tubuh sehingga melalui proses pernapasan dibuang keluar tubuh (Ekspirasi). 

Maha Besar Alloh SWT CO2 sisa pernapasan justru diambil oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis sehingga menjadi daur hidup yang sangat penting bagi kehidupan mahluk.

Dari proses fotosintesis itulah dihasilkan O2 yang sangat bermanfaat bagi kehidupan mahluk lainnya selain tumbuhan. Masya Alloh. sebuah daur hidup yang menunjukkan kepada kita tidak ada yang sia-sia, 

yaitu orang -orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk dan dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) " Ya Tuhan kami. tidaklah engkau ciptakan semua ini sia-sia; Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka" (Qs 3 :191)


Bagaimana membuktikan bahwa ketika kita bernapas mengeluarkan udara keluar (ekspirasi) dari tubuh mengandung gas CO2 ?

Untuk membuktikannya kita lakukan Uji Karbondioksida dibawah ini : 

Selamat melakukan percobaan

LKPD UJI KARBONDIOKSIDA

Tujuan 

Membuktikan bahwa dalam proses bernapas dikeluarkan gas Karbondioksida

Alat dan Bahan

No   Alat dan BahanJumlah
1 air kapur Secukupnya
2 tabung erlenmeyer 250 ml  2 buah
3 Sumba karet/gabus   2 lubang 2 buah
4 Pipa kaca bentuk L /Sedotan plastik  2 buah

langkah kerja

  1. Sehari /dua hari sebelum percobaan dilakukan : batu kapur sirih direndam hingga batu kapur tersebut hancur, biasanya dalam perendaman kapur akan menimbulkan panas, biarkan kapur larut dan mengendap. bila sudah mengendap , ambilah bagian air yang jernihnya untuk kita gunakan dalam percobaan
  2. Tuangkan air kapur (hasil langkah 1) ke dalam 2 tabung erlenmeyer dan tutup oleh sumbat karet/gabus yang sudah dipasang pipa L. prhatikan susunan alat yang digunakan sebagaimana gambar dibawah ini.


  3. dua orang siswa diminta untuk melakukan percobaan : siswa 1) melakukan percobaan dengan perangkat 1 yaitu menghembuskan  /meniupkan udara pernapasan melalui pipa A selama 2-3 menit. sedangkan siswa 2) melakukan percobaan dengan perangkat 2  yaitu dengan menghisap udara dengan pipa B selama 2-3 menit . seperti pada gambar dibawah ini.

  4. amati perubahan yang terjadi pada larutan kapur di kedua tabung erlenmeyer tersebut, 

Pertanyaan

  1. Tuliskan apa yang terjadi pada kedua tabung erlenmeyer !
  2. buatlah kesimpulan dari percobaan yang dilakukan !

Cek LKPD lainnya tentang pernapasan DISINI

Selamat mencoba, dan salam sukses

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKPD Uji Karbondioksida "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.