Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seleksi Alam |Simulasi Phet Colorado

Seleksi Alam | Simulasi Phet Colorado, agar mudah memahami nya  saya sodorkan ringkasan beberapa konsep sebagai prasyarat memahami seleksi alam silahkan klik sesuai daftar isi ;
Daftar ISI :
  1. Ekologi
  2. Ekosistem
  3. Populasi
  4. Komunitas
  5. Rantai Makanan
  6. Energi
  7. Piramida Makanan
  8. Biosfer dan Habitat

Seleksi Alam|Simulasi Phet Colorado

1. Ekologi

Adalah ilmu yang mempelajari hubungan interaksi bolak-balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya, baik biotik ( mahluk hidup lainnya) maupun abiotik ( benda benda tak hidup)

2. Ekosistem

Ekosistem adalah tempat dimana makhluk hidup berinteraki dengan lingkungannya. Terjadinya awal ekosistem disebut suksesi ekologi yang diawali oleh vegetasi perintis, kemudian dilanjutkan oleh Bryophyta, pteridophyta dan akhirnya spermatophyta.

Komponen ekosistem adalah :
  • abiotk
  • biotik ( produsesn, konsumen dan dekomposer)

3. Populasi

Populasi adalah kumpulan mahluk hidup yang terdiri dari satu spesies yang menempati sebuah ekosistem yang sama pada waktu yang sama.

Ciri populasi :
  • Kepadatan populasi ; jumlah individu dalam hubungannya dengan ruang yang mereka tempati , rumus kepadatan Populasi (D)  
  • perubahan kepadatan ( R)  

Kepadatan populasi dipengaruhi dan ditentukan oleh adanya hubungan antara :
  1. Kelahiran
  2. Kematian 
  3. Perpindahan
  4. Linkungan biotik dan abiotik
Faktor lingkungan biotik akan bertambah dengan naiknya kepadatan populasi dan berkurang dengan turunnya kepadatan populasi. dan faktor lingkungan abiotik akan mempengaruhi kepadatan populasi misalnya : ruang dan cuaca

Sedangkan yang akan menjadi penghambat perkembangan populasi adalah :
  1. Jumlah makanan
  2. bencana alam
  3. penyakit
Dalam perkembangan populasi ada yang disebut kemampuan tampung yaitu kemampuan menampung jumlah organisme hidup dalam jumlah maksimum dalam suatu ekosistem.

Bila kemampuan tampung dari suatu ekosistem telah terpenuhi, maka jumlahnya akan tetap konstan.

4. Komunitas

Komunitas adalah kumpulan populasi dalam suatu ekosistem. Komunitas diberi nama dengan nama tumbuhan yang paling dominan atau paling banyak.

Bila dalam suatu ekosistem kemunitas tumbuhannya tidak ada yang dominan, maka komunias itu diberi nama sesuai dengan iklim dan keadaan ekosistemnya.

5. Rantai Makanan

Makanan adalah materi yang mengandung energi yang dapat digunakan oleh organisme, sehingga makanan berada dalam arus energi atau arus materi.

6. Energi

Setiap mahluk hidup memerlukan energi dan materi. Sumber energi utama adalah cahaya matahari.
Hanya tumbuhan hijau yang dapat mentransfer energi matahari  yang diubah oleh tumbuhan menjadi energi kimia melalui proses Fotosintesis.

Mahluk hidup lain memperoleh energi dari tumbuhan dalam bentuk energi kimia yang kita sebut makanan (materi). Karena itulah tumbuhan disebut produsen dan mahluk hidup yang memperoleh energi dari tumbuhan disebut konsumen.

Arus energi searah, energi yang sudah digunakan akan keluar dari jaring-jaring kehidupan dalam bentuk panas dan tidak dapat digunakan lagi. jadi energi diambil dari bentuk cahaya dan keluar dalam bentuk panas.

cahaya matahari -----> produsen ----->  konsumen ------> panas

jaring-jaring makanan ; kalau kita memperhatikan arus energi diatas maka kita dapat pula membuat rantai makanan, misalnya sebagai berikut :
Produsen ---> konsumen 1 ----> konsumen 2-----> decomposer
(rumput)         (biri-biri)              (harimau)             ( Saprophor)

Rantai makanan bisa disebut  tranfer energi atau juga bisa disebut transfer nutrisi. Bermacam-macam rantai makanan salin terjalin/terhubung satu sama lain, jalinan rantai makanan itu disebut jaring-jaring makanan.  Suatu populasi tidak dapat berdiri sendiri, namun tergantung pada populasi lainnya. maka akan terjadilah perpindahan energi (tranfer energi)  dari : Matahari - produsen - konsumen - decomposer
Rantai makanan bisa disebut  tranfer energi atau juga bisa disebut transfer nutrisi.
Bermacam-macam rantai makanan salin terjalin/terhubung satu sama lain, jalinan rantai makanan itu disebut jaring-jaring makanan.

Suatu populasi tidak dapat berdiri sendiri, namun tergantung pada populasi lainnya.
maka akan terjadilah perpindahan energi (tranfer energi)  dari : Matahari - produsen - konsumen - decomposer

7. Piramida Makanan

Tumbuhan menempati tingkat tropik pertama kemudian herbivora kedua, carnivora ketiga dan carnivora sekunder tingkat tropik keempat dan seterusnya yang disebut Piramida makanan.

Tumbuhan menempati tingkat tropik pertama kemudian herbivora kedua, carnivora ketiga dan carnivora sekunder tingkat tropik keempat dan seterusnya yang disebut Piramida makanan.

8. Biosfer dan Habitat

Bioefer adalah tempat didunia yang ada kehidupan disebut juga ekosistem dunia.
Sedangkan Habitat adalah tempat hidup dibiosfer , dan tempat hidup yang ada makanan disebut substrat.
contoh :
Jamur habitatnya daratan
substratnya sisa-sisa organisme 
selengkapnya kita lanjut tentang jenis-jenis habitat.

Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Seleksi Alam |Simulasi Phet Colorado"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.