Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Organ Pernapasan pada manusia

Organ pernapasan pada  manusia | dalam ilmu kedokteran dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) manakala kita berhadapan dengan korban hal pertama yang harus dilakukan adalah ABC. yaitu (Airway, Breathing, Circulation), 

Airway artinya cek jalur napas apakah tersumbat atau tidak,  Breathing bagaimana bernapasnya apakah lambat atau cepat hitung jumlah napasnya dan berikutnya Circulation, cek aliran darah dengan mengukur nadi dan tensinya.

Apabila dilihat dari peristiwa diatas , aliran napas dan proses bernapas menjadi hal penting dalam kehidupan mahluk hidup,sehingga bernapas menjadi salah satu ciri mahluk hidup.

Sehingga mengenal dan mengetahui organ pernapasan pada manusia menjadi penting di kuasai apalagi sobag GS dan para siswa.

Bernapas adalah proses pengambilan oksigen (O2) dari udara bebas dan mengeluarkan karbondioksida (C2O) sampah  metabolisme dan uap air (H2O), oksigen dipasok paru- paru ke seluruh jaringan tubuh dalam proses bernapas ini dihasilkan energi untuk aktivitas.

Organ Pernapasan pada manusia




A. Organ Pernapasan pada Manusia

1. Hidung 

Hidung adalah organ pernapasan pada manusia yang tersusun atas tulang keras dan tulang rawan, udara yang masuk kehidung akan disaring oleh rambut-rambut halus (silia) dan mucus.  

Penyaringan ini bertujuan agar bebas dari debu dan kuman,  selain itu suhunya pun akan disesuaikan dengan suhu tubuh. 

Hidung tersusun atas tulang keras dan tulang rawan, udara yang masuk kehidung akan disaring oleh rambut-rambut halus (silia) dan mucus.  Penyaringan ini bertujuan agar bebas dari debu dan kuman,  selain itu suhunya pun akan disesuaikan dengan suhu tubuh.


Hidung , merupakan struktur yang  menonjol di antara mata yang berperan sebagai pintu masuk ke saluran pernapasan dan berisi organ penciuman. dn  fungsi hidung berperan dalam  :
  • menyediakan udara untuk respirasi , 
  • melayani indrabau , 
  • mengkondisikan udara dengan menyaring, menghangatkan, dan melembabkannya, dan membersihkan dirinya dari kotoran asing yang diekstraksi dari inhalasi.
Setelah disaring oleh rongga hidung, kemudian udara akan masuk melalui faring  yang diteruskan  ke laring. Adanya rongga udara dihidung (Sinus) juga mempengaruhi suara manusia.

 2. Faring (daerah tekak)

Faring sebgai organ pernapasan pada manusia berikutnya yang merupakan tabung fibromuskular yang terletak di  didepan tulang leher yang bersambung dengan  dengan rongga hidung, rongga telinga tengah, dan laring.

Faring terdiri dari 3 bagian yaitu: 
  1. Faring nasal yang berhubungan dengan rongga hidung, 
  2. Faring oral yang berhubungan dengan rongga paru-paru, 
  3. Faring laryngeal yang berhubungan dengan epiglotis menuju ke Esofagus.
Faring berhubungan dengan saluran pencernaan (kerongkongan), rongga hidung dan laring menjadikan  faring sangat penting. sehingga faring bisa dilalui oleh makanan, udara dan air. 


Fungsi Faring diantaranya :
  1. produksi suara, 
  2. saluran pernafasn dengan adanya  uvula dan epiglotis  yang mengatur masuknya  udara ke laring 
  3. jika diperlukan  karena sesuatu hal secara medis  menjadi saluran untuk  memasukkan makanan melalui hidung.

3. laring (Pangkal tenggorokan)

Organ penapasan pada manusia berikutnya adalah Laring yang merupakan  saluran yang terletak diantara Faring dan Tenggorokan (Trakea) , dikenal sebagai pita suara (glotis), disinilah suara manusia dihasilkan. Pada leher laki-laki dewasa terlihat Jakun, yang juga  terdapat di laring.

Pada saat bernafas  lubang yang menuju saluran pencernaan (kerongkongan ) akan di tutup oleh epiglotis (anak tekak), dan  sebaliknya pada saat menelan makanan epiglotis akan menutup saluran tenggorokan.

 

4. Trakea (tenggorokan)

Tengorokan adalah saluran udara ke paru -paru, yang disusun oleh cincin tulang rawan yang berselang seling dengan otot polos yang melingkar. 

Pada saluran tenggorokan juga terdapat sillia (rambut halus) yang akan merangsang untuk bersin ketika debu  atau benda asing yang masuk ke saluran tersebut.  Sillia berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran yang masih lolos terbawa ke ternggorokan. 

Pada bagian ujungnya trakea bercabang dua (bronkus)  , yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri daerah tempat percabangannya disebut Trakeal Bifurkasi.

5. Paru-Paru

Paru- paru merupakan pusat organ pernapasan pada manusia . berada dalam rongga dada (thorax) , diatas diafragma . Diafragma adalah sekat yang membatasi  ronga dada dan rongga perut.  

Paru-paru  terdiri dari dua buah yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. dan paru-paru sebelah kiri terdiri dari dua gelambir /lobus sedangkan paru-paru kanan terdiri dari 3 gelambir/lobus , paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru  atau disebut Pleura.

Paru- paru berada dalam rongga dada (thorax) , diatas diafragma . Diafragma adalah sekat yang membatasi  ronga dada dan rongga perut.  Paru-paru  terdiri dari dua buah yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. dan paru-paru sebelah kiri terdiri dari dua gelambir /lobus sedangkan paru-paru kanan terdiri dari 3 gelambir/lobus , paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru  atau disebut Pleura.


Didalam paru-paru bronkus bercabang-cabang yang disebut Bronkiolus, yang juga bercabang-cabang lagi sangat banyak. cabang-cbang terebut sangat halus dan tipis . Disetiap ujungnnya membentuk kantong berdinding halus dan tipis  yang disebut Alveolus.

Alveolus adalah gelembung yang sangat tipis yang diselimuti oleh pembuluh kapiler darah. pada alveolus inilah terjadi pertukaran gas Oksigen (O2) dan gas Karbondioksida (CO2)

B. Mekanisme Bernapas 

Bagaimana prose terjadinya inspirasi dan ekspirasi serta berapa banyak udara yang masuk dan keluar serta tertinggal didalam paru paru ? 

Selengkapnya tentang mekanisme permapasan manusia klik disini : 


C. Gangguan Pernapasan /Penyakit pada saluran pernafasan

Infeksi saluran pernapasan masuk urutan ke 3 penyakit yang mematikan  ditambah sekarang ini dunia dalam kondisi darurat kesehatan  karena dilanda pandemi Covid -19 yang juga sama menyerang saluran penapasan, dengan tingkat penyebaran yang tinggi. saya pernah menuliskan di artikel sebelumnya berjudul : Covid 19 Ancaman Sistem Pernapasan Manusia.


Apa saja penyakit dan gangguan pada saluran pernapasan, kenali lebih dekat, apa upaya dalam mencegah dan menghindarinya ? sSelengkapnya ilahkan klik link dibawa ini 

D.    Soal Latihan Sistem Pernapasan pada manusia

Ok sobat guru dan adik adik sekalian soal latihan saluran pernapasan untuk siswa SD dan SMP cek saja di link berikut ini :

E. LKPD /Lembar Kerja Praktikum

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Organ Pernapasan pada manusia"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.