Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tes Diagnostik |Tindak Lanjut

Tes Diagnostik | tindak lanjut, setelah dilakukan tes diagnostik langkah selanjutnya yang sangat penting adalah Tindak lanjut Tahap ini mencakup empat langkah:

  1. Lakukan pengolahan hasil Tes
  2. Berdasarkan hasil penilaian, bagi siswa menjadi 3 kelompok
  3. Lakukan penilaian pembelajaran topik yang sudah diajarkan sebelum memulai topik pembelajaran baru
  4. Ulangi proses yang sama, sampai siswa mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan

Tes Diagnostik | tindak lanjut, setelah dilakukan tes diagnostik langkah selanjutnya yang sangat penting adalah Tindak lanjut Tahap ini mencakup empat langkah:  Lakukan pengolahan hasil Tes Berdasarkan hasil penilaian, bagi siswa menjadi 3 kelompok Lakukan penilaian pembelajaran topik yang sudah diajarkan sebelum memulai topik pembelajaran baru Ulangi proses yang sama, sampai siswa mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan

Tahap 1. Lakukan pengolahan hasil Tes

Setelah semua murid menyelesaikan asesmen, gunakan contoh tabel di bawah ini untuk:
  • Melakukan penilaian untuk masing-masing murid, denganmemberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabilajawaban salah. Jadi, seorang murid yang bisa menjawab denganbenar 10 soal akan mendapatkan nilai 10.
  • Menghitung rata-rata kelas, dengan menambahkan nilai total semuamurid, dan membagi dengan jumlah murid yang mengikuti asesmenawal.

Tahap 2. Berdasarkan hasil penilaian, bagi siswa menjadi 3 kelompok

  • Siswa dengan rata-rata kelas akan diajar oleh guru kelas
  • Siswa 1 semester di bawah rata-rata mendapatkan pelajarantambahan dari guru kelas
  • Siswa 2 semester di bawah rata-rata akan dititipkan ke guru kelas dibawah, atau dibuatkan kelompok belajar yang didampingi orang tua,anggota keluarga, dan pendamping lainnya yang relevan
Tahap 2. Berdasarkan hasil penilaian, bagi siswa menjadi 3 kelompok Siswa dengan rata-rata kelas akan diajar oleh guru kelas Siswa 1 semester di bawah rata-rata mendapatkan pelajarantambahan dari guru kelas Siswa 2 semester di bawah rata-rata akan dititipkan ke guru kelas dibawah, atau dibuatkan kelompok belajar yang didampingi orang tua,anggota keluarga, dan pendamping lainnya yang relevan

Tahap 3. Lakukan penilaian pembelajaran topik yang sudah diajarkan sebelum memulai topik pembelajaran baru

Dengan melakukan Asesmen Diagnosis Berkala, guru dapat menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa. 

Dengan demikian, landasan pengetahuan dan keterampilan dasar siswa menjadi lebih kuat, sebelum mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang lebih sulit.

Karenanya, sebelum memulai topik pembelajaran baru, sebaiknya Bapak/ Ibu guru kembali melakukan penilaian untuk topik yang sudah diajarkan.

Tahap 4. Ulangi proses yang sama, sampai siswa mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan

Tahap 4. Ulangi proses yang sama, sampai siswa mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan

Salam Sukses

Sumber rujukan :

  • Asesmen Diagnosis Kognitif berkala, 2020. Pusat Asesmen dan Pembelajaran BPPP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  • Download Modul Asesmen Diagnostik Kognitif Berkala :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Tes Diagnostik |Tindak Lanjut"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :