Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Holistik Integratif Perpres No 60 Tahun 2013

Holistik Integratif Perpres No 60 Tahun 2013. tentang Pengembangan anak usia dini secara Holistik Integratif, dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat, cerdas dan produktif.

Holistik Integratif Perpres No 60 Tahun 2013. tentang Pengembangan anak usia dini secara Holistik Integratif, dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat, cerdas dan produktif.

Peningkatkan kualitas sumber daya manusia, ditentukan dari kualitas perkembangan anak sejak periode usia dini, mulai dari dalam kandungan ibunya (janin) sampai anak usia 6 tahun. untuk itu harus dipastikan anak sejak dini bisa tumbuh sehat dengan status gizi yang baik, memiliki kecerdasan dan keceriaan, tumbuh dan kembang dengan kematangan emosional dan spiritual yang positif serta terjaminnya kesejahteraan anak.  

Holistik Integratif

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ruh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur .(QS 32:9)

Menurut tafsir ringkas Kemenag RI atas ayat tersebut bahwa  setelah Alloh SWT menciptakan Adam dari tanah, kemudian Dia Alloh SWTmenyempurnakan ciptaan-Nya secara fisik dan setelah itu meniupkan roh ciptaan-Nya ke dalam tubuh-nya dan jadilah ia ciptaan Allah yang terbaik. 

Dia juga melengkapi ciptaannya dengan menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati atau akal bagimu supaya kamu dapat mendengar nasihat agama, melihat tanda kebesaran Allah, dan merenungkan ciptaan-Nya, yang dengan itu semua kamu beriman dan mengesakan-Nya. Namun, sedikit sekali di antara kamu yang mau bersyukur.

Berdasarkan tafsir tersebut disebutkan bahwa potensi manusia terdiri dari jasmani, rohani dan akal, sehingga pendidikan holistik integratif adalah proses pendidikan yang menyeluruh antara rohani (spiritual), jasmani (fisik) serta aspek aqal (kecerdasan) dengan mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial sehinga terpenuhinya kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan berkesinambungan, sistematis dan Terinteggrasi. 

Untuk tingkatan pendidikan dasar dan menengah Hollistik integratif adalah proses pemusatan perhatian pada pengamatan dan pengkajian dari gejala, peristiwa dari beberapa mata pelajaran sekaligus, pembahasan suatu materi dari berbagai sudut pandang sehingga peserta didik dapat memahami suatu fenomena dari berbagai sisi, dan akhirnya dihasilkan sikap peserta didik yang lebih arif dan bijak dalam menyikapi suatu kejadian dalam kehidupan sehari-harinya.

Tujuan Pendidikan Holistik Integratif adalah :

  1. Terselenggaranya sebuah layanan pendidikan dalam mengembangkan anak sejak usia dini secara Holistik integratif menunu terwujudnya anak indonesia yang sehat,cerdas, ceria dan berakhlak mulia.
  2. terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur;
  3. terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada;
  4. terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; dan
  5. terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, dalam upaya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif.

Holistik Integratif 

Selengkapnya tentang Holistik Integratif Perpres No 60 Tahun 2013 :
Bergerak Sepenuh hati majukan Pendidikan
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Holistik Integratif Perpres No 60 Tahun 2013"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :