Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asesmen Diagnostik Awal Pembelajaran Kelas 3 SD/MI Bahasa Indonesia

Asesmen Diagnostik Awal Pembelajaran kelas 3 SD/MI Bahasa Indonesia. Untuk memenuhi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan level siswa (Teach at The Right Level), maka diawal tahun ajaran, awal semester atau awal pembelajaran guru membuat analisis kemampuan dan kesulitan siswa dengan melakukan asesmen diagnostik.

Untuk mengetahui apakah asesmen diagnostik ? apa saja jenisnya dan bagaimana tahapannya ?, bisa sobat cek materi sebelumnya tentang Asesmen Diagnostik.

Dengan pemetaan dari analisis data hasil asesmen diagnostik guru dapat mengetahui kemampuan  awal (Entri Behavior) dan kemungkinan kesulitan yang akan dihadapi siswa ketika proses pembelajaran berjalan, sehingga dengan demikian guru dapat membuat strategi pembelajaran yang tepat dan cocok untuk setiap siswa.


Asesmen Diagnostik Awal Pembelajaran kelas 3 SD/MI Bahasa Indonesia. Untuk memenuhi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan level siswa (Teach at The Right Level), maka diawal tahun ajaran, awal semester atau awal pembelajaran guru membuat analisis kemampuan dan kesulitan siswa dengan melakukan asesmen diagnostik.  Untuk mengetahui apakah asesmen diagnostik, apa saja jenisnya dan bagaimana tahapannya, bisa sobat cek materi sebelumnya tentang asesmen diagnostik.  Dengan pemetaan dari analisis data hasil asesmen diagnostik guru dapat mengetahui kemampuan  awal (entri behavior) dan kemungkinan kesulitan yang akan dihadapi siswa ketika proses pembelajaran berjalan, sehingga dengan demikian guru dapat membuat strategi pembelajaran yang tepat dan cocok untuk setiap siswa.

Sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya minimal 3 tahap dalam membuat asesmen diagnostik, diantaranya :

  1. persiapan, 
  2. pelaksanaan 
  3. diagnosis dan tindak lanjut.

Yang dilakukan dalam tahap persiapan ketika membuat asesmen diagnostik awal pembelajaran diantaranya :

  1. membuat jadwal pelaksanaan asesmen
  2. mengidentifikasi materi-materi asesmen, sesuai penyederhanaan kompetensi dari kemdikbud
  3. membuat 10 soal yang terdiri dari :
    • 2 buah soal pertanyaan sesuai kelas dengan topik dari CP
    • 6 buah soal pertanyaan kelas sebelumnya (dibawahnya)
    • 2 buah soal pertanyaan dua tingkat kelas dibawahnya

Berikut ini adalah Isi dari modul asesmen diagnostik awal pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD/MI yang disusun oleh Pusat asesmen dan pembelajaran kemdikbud.

    A. Kisi-Kisi Soal Asesmen Awal Pembelajaran

     

    B. Soal asesmen awal pembelajaran  

     

    C. Kemungkinan jawaban Asesmen awal  pembelajaran  

    D. Kunci Jawaban Asesmen Awal Pembelajaran

     

     E. Pedoman Penskoran Asesmen Awal

     

     F. Interpretasi dan tindak lanjut Asesmen awal

     

    Selengkapnya dapat sobat unduh Modul Asesmen diagnostik awal pembelajaran kelas 3 SD/Mi bahasa Indonesia di link berikut ini :

    Asesmen diagnostik mata pelajaran dan kelas lainnya akan secara bertahap admin GS hadirkan dan bisa anda unduh dibawah ini :

    Asesmen diagnostik awal Pembelajaran untuk tingkat SD/MI :

    Asesmen diagnostik awal Pembelajaran untuk tingkat SMP/MTs :

    Demikan contoh asesmen diagnostik awal pembelajaran kelas 3 SD/Mi bahasa Indonesia yang disusun oleh pusat asesmen dan pembekaran kemdikbud.

    Semoga Bermanfaat

    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Asesmen Diagnostik Awal Pembelajaran Kelas 3 SD/MI Bahasa Indonesia"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.