Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Tekanan Gas IPA SMP Kelas 8 Semester 2

LKPD  Tekanan Gas IPA SMP Kelas 8 Semester 2 | zat padat dan zat cair memiliki tekanan. Bagaimana dengan gas? Apakah gas juga memiliki tekanan? Pernahkah kamu melihat balon udara? Bagaimana balon udara dapat terbang? Untuk memahami dan membuktikannya kita lakukan percobaan berikut ini.

LKPD  Tekanan Gas IPA SMP Kelas 8 Semester 2

Tujuan Percobaan :

  • Membuktikan bahwa Gas memiliki tekanan

Alat dan Bahan

No Alat dan Bahan Jumlah
1 Gelas Minum  1 Buah
2 Labu Erlenmeyer  2 buah
3 pembakar Spirtus  1 set
4 Balon 2 Buah
5 Air Secukupnya
6 Kertas HVS 1 lembar
7Karet Gelang 2 buah

Langkah kerja :

Percobaan 1 :
  1. Isil gelas dengan air sampai penuh.
  2. Tutuplah gelas yang telah berisi air tersebut dengan selembar kertas HVS.
    LKPD  Tekanan Gas IPA SMP Kelas 8 Semester 2 | zat padat dan zat cair memiliki tekanan. Bagaimana dengan gas? Apakah gas juga memiliki tekanan? Pernahkah kamu melihat balon udara? Bagaimana balon udara dapat terbang? Coba lakukan aktivitas berikut agar kamu dapat memahami jawaban pertanyaan tersebut!

  3. Tahan kertas HVS tersebut dengan telapak tangan, kemudian baliklah gelas dengan cepat (usahakan jangan sampai tumpah).
  4. Lepaskan tangan secara perlahan. Amati apa yang terjadi.
Percobaan 2 :
  1. Sediakan 2 labu erlenmeyer masing-masing isi air sebanyak  250 mL
  2. Kemudian tutup labu erlenmeyer dengan balon karet, ikatlah dengan karet gelang agar lebih kuat.
    Percobaan 2 : Sediakan 2 labu erlenmeyer masing-masing isi air sebanyak  250 mL Kemudian tutup labu erlenmeyer dengan balon karet, ikatlah dengan karet gelang agar lebih kuat.   Panaskan erlenmeyer di atas pembakar spiritus sampai mendidih. Amati apa yang terjadi pada balon karet. Hentikan pemanasan dengan cara mematikan pembakar spiritus. Tiup balon ke 2 kemudian tutupkan balon tersebut ke mulut labu erlenmeyer ke 2 Dinginkan erlenmeyer yang telah ditutup dengan karet dengan cara memasukkannya ke dalam air dingin (air yang telah  dicampur es batu) Kemudian biarkan beberapa saat. Amati apa yang terjadi pada balon karet.

  3. Panaskan erlenmeyer di atas pembakar spiritus sampai mendidih. Amati apa yang terjadi pada balon karet.
  4. Hentikan pemanasan dengan cara mematikan pembakar spiritus.
  5. Tiup balon ke 2 kemudian tutupkan balon tersebut ke mulut labu erlenmeyer ke 2

  6. Dinginkan erlenmeyer yang telah ditutup dengan karet dengan cara memasukkannya ke dalam air dingin (air yang telah  dicampur es batu)
  7. Kemudian biarkan beberapa saat. Amati apa yang terjadi pada balon karet.

Pertanyaan dan Diskusikan

  1. Ketika gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas HVS dapat menahan air di dalam gelas. Jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi!
  2. Ketika air dalam erlenmeyer yang ditutup dengan balon karet dipanaskan, balon karet mengembang. Mengapa hal ini dapat terjadi?
  3. Mengapa ketika erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin, balon karet tertekan ke dalam labu erlenmeyer? Jelaskan kejadian tersebut!

Kesimpulan

  • Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?


Pembahasan 

Percobaan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa gas juga memiliki tekanan. Ketika gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas HVS dapat menahan air di dalam gelas. Hal ini terjadi karena HVS mendapatkan tekanan dari udara luar yang besarnya lebih besar daripada tekanan air dalam gelas.
Sumber Gb: kemdikbud


Ketika air dalam erlenmeyer yang ditutup dengan balon karet dipanaskan akan membuat balon karet mengembang. Hal ini terjadi karena partikel gas dalam erlenmeyer menerima kalor dari pemanasan. 

Akibatnya gerakan partikel gas dalam erlenmeyer semakin cepat dan terjadilah pemuaian sehingga tekanannya menjadi besar. 

Tekanan di dalam erlenmeyer ini diteruskan sama besar menuju balon karet, sehingga tekanan di dalam balon karet lebih besar daripada tekanan gas di luar balon karet yang mengakibatkan balon karet mengembang. 

Ketika erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin, balon karet tertekan ke dalam erlenmeyer. Hal ini disebabkan karena kalor pada partikel gas dalam erlenmeyer dirambatkan menuju air dingin. 

Pergerakan partikel gas semakin lambat dan terjadilah penyusutan. Penyusutan ini menyebabkan tekanan gas dalam erlenmeyer semakin rendah dari tekanan gas di luar. Akibatnya balon karet masuk ke dalam erlenmeyer karena tekanan gas dari luar.

Prinsip tekanan gas dimanfaatkan untuk mengembangkan balon udara. Balon udara dapat terbang karena massa jenis total dari balon udara lebih rendah daripada massa jenis udara di sekitarnya.

Massa jenis balon udara tersebut dikendalikan oleh perubahan temperatur pada udara dalam balon. Seorang pilot mengontrol temperatur udara dalam balon dengan menggunakan pembakar yang ada di bawah lubang balon.


LKPD tekanan gas dalam bentuk PDF :


Selamat Mencoba
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "LKPD Tekanan Gas IPA SMP Kelas 8 Semester 2"

  1. Yang kesimpulan bukannya masuk dalam rumusan masalah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LKPD diatas sangat mungkin tidak sempurna silahkan di koreksi dan modifikasi, terimakasih masukannya

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.