Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8

LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8 | Alloh SWT yang maha Besar telah menganugerahkan kepada kita mata sebagai indera penglihatan, sehingga kita bisa melihat benda-benda yang ada disekeliling kita, hal ini terjadi karena benda-benda tersebut memantulkan cahaya. 

Cahaya memiliki beberapa sifat, diantaranya 
  1. merambat lurus, 
  2. dapat dipantulkan, 
  3. dapat dibiaskan, dan 
  4. merupakan gelombang elektromagnetik.  
untuk lebih memahami proses tersebut ikuti dan lakukanlah percobaan sederhana berikut baik dikelas bersama teman kalian maupun dicoba secara mandiri. 

LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8 

Tujuan :

  • siswa dapat membuktikan sifat rambat cahaya dan pembiasan cahaya

Alat dan Bahan

No Alat dan Bahan Jumlah
1 LIlin /Lampu 1 buah
2 Kertas /kardus Secukupnya
3 Cuter/gunting 1
4 Sendok/Spatula  Row 4, Cell 3
5 Gelas Kimia/Gelas bening  1 buah
6Air secukupnya

Langkah Kerja

Kegiatan 1 (Arah rambat cahaya)

  1. Lakukan percobaan ini ditempat gelap atau remang-remang
  2. siapkan dua persegi kartun seukuran / kertas HVS yang tengahnya sudah dilubangi.
    Sifat Cahaya : Merambat Lurus : Arah rambat cahaya lurus Dapat dipantulkan : Cahaya dapat dipantulkan jika menumbuk suatu permukaan bidang. Pemantulan yang terjadi tergantung permukaan bidang pantul, dapat berupa pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, misalnya jalan, tembok, dan batang kayu. sedangka Pemantulan teratur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar. Dapat dibiaskan ; Cahaya dibiaskan ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. pembiasan tidak terjadi pada  saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium. merupakan gelombang Elektromagnetik : cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan medium. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik, sehingga merupakan gelombang elektromagnet.
  3. Susunlah set percobaan sebagaimana gambar, mintalah bantuan temanmu untuk memegangi kertas
  4. nyalakan lilin /lampu, amati nyala lilin tersebut dengan posisi lubang pada kedua kertas/kardus dalam satu garis lurus dengan mata (lihat gambar)
  5. Kemudian antara mata dan lubang kertas tidak searah, apa yang terjadi ? bagaimana dengan nyala lilin ?

Kegiatan 2 (Pembiasan Cahaya)

  1. isi gelas kimia/gelas bening dengan air hingga 3/4 gelas !
    Dapat dibiaskan ; Cahaya dibiaskan ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. pembiasan tidak terjadi pada  saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium.

  2. Masukan spatula atau sendok ke dalam gelas (yang telah berisi air) dengan posisi seperti gambar !
  3. Amati apa yang terjadi pada sendok dengan melihat di pinggir gelas

Diskusi dan pertanyaan

  1. Apa yang terjadi jika mata, lubang kertas/kardus berada dalam satu garis lurus ? dan bagaimana jika antara lubang kardus dan mata tidak satu garis lurus ?
  2. Apa yang terjadi pada sendok ? mengapa hal itu bisa terjadi ?
  3. mengapa cahaya dibiaskan saat melalui medium yang berbeda kerapatannya ?
  4. gambarkan dengan diagram cartesius untuk menjelaskan proses pembiasan yang terjadi pada sendok tersebut !

Kesimpulan

  1. Berdasarkan kegiatan 1 , apa yang dapat kalian simpulkan ?
  2. Berdasarkan kegiatan 2 , apa yang dapat kalian simpulkan ?

Pembahasan

Sifat Cahaya :
  1. Merambat Lurus : Arah rambat cahaya lurus
    LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8 | Kamu perlu mengetahui dan memahami sifat-sifat cahaya agar dapat mengenali cahaya. Cahaya memiliki beberapa sifat, yaitu merambat lurus, dapat dipantulkan, dapat dibiaskan, dan merupakan gelombang elektromagnetik.

  2. Dapat dipantulkan : Cahaya dapat dipantulkan jika menumbuk suatu permukaan bidang. Pemantulan yang terjadi tergantung permukaan bidang pantul, dapat berupa pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, misalnya jalan, tembok, dan batang kayu. sedangka Pemantulan teratur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar.
    Dapat dipantulkan : Cahaya dapat dipantulkan jika menumbuk suatu permukaan bidang. Pemantulan yang terjadi tergantung permukaan bidang pantul, dapat berupa pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, misalnya jalan, tembok, dan batang kayu. sedangka Pemantulan teratur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar.

  3. Dapat dibiaskanCahaya dibiaskan ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. pembiasan tidak terjadi pada  saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium.
    Dapat dibiaskan ; Cahaya dibiaskan ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. pembiasan tidak terjadi pada  saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium.

  4. merupakan gelombang Elektromagnetik : cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan medium. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik, sehingga merupakan gelombang elektromagnet.
Contoh :
  1. Untuk membuktikan bahwa cahaya mampu mentransfer energi adalah saat lilin yang dinyalakan di sebuah ruang yang gelap dan kemudian lilin tersebut dapat menerangi ruangan. 
  2. matahari yang memancarkan gelombang cahayanya melalui ruang angkasa (tanpa medium). Gelombang cahaya matahari memancar ke segala arah sampai ke bumi meskipun melalui ruang hampa udara. Hal ini berarti gelombang cahaya dapat merambat pada ruang kosong (hampa udara) tanpa adanya materi. 

Berdasarkan frekuensinya, gelombang elektromagnetik ada bermacam-macam. Berikut klasifikasi gelombang elektromagnetik yang dikenal dengan spektrum elektromagnetik.

Cahaya tampak adalah cahaya yang memiliki panjang gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia.

merupakan gelombang Elektromagnetik : cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan medium. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik, sehingga merupakan gelombang elektromagnet. Contoh : Untuk membuktikan bahwa cahaya mampu mentransfer energi adalah saat lilin yang dinyalakan di sebuah ruang yang gelap dan kemudian lilin tersebut dapat menerangi ruangan.  matahari yang memancarkan gelombang cahayanya melalui ruang angkasa (tanpa medium). Gelombang cahaya matahari memancar ke segala arah sampai ke bumi meskipun melalui ruang hampa udara. Hal ini berarti gelombang cahaya dapat merambat pada ruang kosong (hampa udara) tanpa adanya materi.   Berdasarkan frekuensinya, gelombang elektromagnetik ada bermacam-macam. Berikut klasifikasi gelombang elektromagnetik yang dikenal dengan spektrum elektromagnetik.  Cahaya tampak adalah cahaya yang memiliki panjang gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia.  merupakan gelombang Elektromagnetik : cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan medium. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik, sehingga merupakan gelombang elektromagnet. Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 400 nm sampai 700 nm, yang besarnya seratus kali lebih kecil daripada lebar rambut manusia.   Warna cahaya yang dapat kamu lihat tergantung pada panjang gelombang dari gelombang cahaya yang masuk ke mata.  Misalnya :  Cahaya hijau yang memiliki panjang gelombang sekitar 500 nm akan dapat terlihat apabila benda-benda yang berwarna hijau menyerap semua spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang kurang dari 500 nm dan lebih dari 500 nm, serta hanya memantulkan spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang 500 nm saja.   Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebuah benda hanya akan memantulkan spektrum cahaya yang warnanya sama dengan warna permukaan benda tersebut, sehingga kita dapat mengindrai dengan tepat warna-warna benda tersebut.
Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 400 nm sampai 700 nm, yang besarnya seratus kali lebih kecil daripada lebar rambut manusia. 

Warna cahaya yang dapat kamu lihat tergantung pada panjang gelombang dari gelombang cahaya yang masuk ke mata.  Misalnya :

Cahaya hijau yang memiliki panjang gelombang sekitar 500 nm akan dapat terlihat apabila benda-benda yang berwarna hijau menyerap semua spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang kurang dari 500 nm dan lebih dari 500 nm, serta hanya memantulkan spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang 500 nm saja. 

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebuah benda hanya akan memantulkan spektrum cahaya yang warnanya sama dengan warna permukaan benda tersebut, sehingga kita dapat mengindrai dengan tepat warna-warna benda tersebut.
  • Download LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8
Selamat Mencoba
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKPD Sifat Cahaya IPA SMP kelas 8 "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.