Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022

Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 | Struktur kurikulum PAUD usia 5 (lima) – 6 (enam) tahun  Bermain merupakan intisari kurikulum dan pembelajaran di  PAUD, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. 
Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 | Struktur kurikulum PAUD usia 5 (lima) – 6 (enam) tahun  Bermain merupakan intisari kurikulum dan pembelajaran di  PAUD, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”.

Bermain  adalah belajar, dan bermain-belajar merupakan kegiatan yang  esensial untuk perkembangan yang optimal.  Anak belajar melalui  bermain di saat ia menjelajahi lingkungan untuk mengenali dunia  di sekelilingnya. 

Di usia emas perkembangan otaknya, anak perlu  diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang  bermakna. 

Bermain sesuai dengan minat dan rasa ingin tahu  anak membuat anak memiliki pembelajarannya. Inilah merdeka  bermain bagi anak. 

Kegiatan yang juga dikuatkan dalam pembelajaran di PAUD  merupakan kegiatan bermain-belajar berbasis buku bacaan anak.  Kegiatan ini ditujukan untuk menguatkan literasi secara dini  melalui kegiatan-kegiatan yang membangun minat baca anak. 

Kegiatan berbasis buku bacaan anak bukanlah kegiatan yang  menuntut anak untuk dapat membaca secara mandiri, melainkan  kegiatan yang melibatkan buku bacaan anak. Sebagai contoh,  kegiatan di PAUD diawali dengan guru membacakan buku cerita  kepada anak-anak, kemudian mendiskusikan isi buku tersebut,  dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan isi buku yang  telah dibaca bersama.

Berbagai pendekatan kegiatan bermain-belajar dapat digunakan  di satuan PAUD seiring dengan kegiatan berbasis buku bacaan  anak, misalnya kegiatan kelompok, kegiatan berbasis area,  kegiatan berbasis sentra, dan kegiatan projek. 

Keragaman  pendekatan dan metode diharapkan dapat memberikan stimulasi yang dapat mendorong tumbuh kembang yang optimal serta siap  untuk bersekolah di jenjang berikutnya. 

Selain itu dukungan  berupa area bermain yang terbuka, guru/pendidik yang 
membangun komunikasi stimulatif akan memberikan kebebasan  pada anak dan dapat mengoptimalkan potensi perkembangannya.

Oleh karena itu, kegiatan belajar baca-tulis-hitung yang monoton  di mana anak belajar membaca dan menulis suatu kata berulangulang (drilling), adalah kegiatan yang harus dihindari.

Capaian perkembangan pada jenjang PAUD (CP PAUD) terdiri atas  3 elemen, yaitu:
  • nilai agama dan budi pekerti;
  • jati diri; dan 
  • dasar-dasar literasi, sains, teknologi, rekayasa, seni, dan  matematika (STEAM).
Penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.
  • Per minggu 1050 menit
  • Asesmen merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP)
  • Asesmen yang dilaporkan cukup asesmen semester
  • Pendekatan pembelajaran berbasis literasi (buku bacaan anak dan bahan teks lainnya)
  • Pengintegrasian persiapan literasi dan numerasi ke dalam CP melalui kegiatan bermain-belajar Selengkapnya Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022




Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.