Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asam Basa dan Garam (Resensi Buku)

Asam Basa dan Garam  (Resensi Buku) | dipertengahan bulan tepatnya Selasa / 15 Februari 2022 kami MGMP IPA se Kabupaten Sumedang mendapat kiriman berharga dari PPM KIMIA UPI Bandung berupa dua buah buku rujukan pelajaran IPA SMP/MTs yang masing-masing berjumlah 40 buah buku untuk dibagikan kepada guru-guru IPA yang terlibat dalam program Pendalaman materi ajar Kimia SMP. 
Asam Basa dan Garam | dipertengahan bulan tepatnya Selasa / 15 Februari 2022 kami MGMP IPA Kabupaten Sumedang mendapat kiriman dari PPM KIMIA UPI Bandung berupa dua buah buku rujukan pelajaran IPA SMP/MTs yang masing-masing berjudul 1) Asam Basa dan Garam dan 2) Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif.

Asam Basa dan Garam (Resensi buku)

2 buah Buku yang berjudul " Asam Basa dan Garam  dan Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif ". adalah pelengkap kerjasama kami MGMP IPA Di Kabupaten Sumedang  pada program pendalaman materi ajar Kimia SMP bersama  Dr. paed. Syaeful Anwar  dan Drs. Asep Suryatna,M.Si serta tim PPM Kimia UPI.

Semoga kedua buku tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kami guru IPA SMP di Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran, sehingga harapan penulis dengan hadirnya kedua buku tersebut siswa dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan.

Asam Basa dan Garam | dipertengahan bulan tepatnya Selasa / 15 Februari 2022 kami MGMP IPA Kabupaten Sumedang mendapat kiriman dari PPM KIMIA UPI Bandung berupa dua buah buku rujukan pelajaran IPA SMP/MTs yang masing-masing berjudul 1) Asam Basa dan Garam dan 2) Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif.

Identitas Buku

  • Judul buku : Asam Basa dan Garam
  • Penulis : Syaeful Anwar dan Asep Suryana
  • Penerbit : UPI Press 
  • Tanggal Terbit : November 2021
  • ISBN : 978-623-6988-92-3
  • Tebal halaman: 34 halaman
  • Lebar: 15.0 cm
  • Panjang: 22.0 cm
  • Berat: 126 gram
  • ketebalan kertas : 210 gsm
  • Jenis kertas : glossy art paper

Sinopsis Buku

Kamu pasti pernah atau bahkan sering mendengar dan menggunakan kata asam dan garam. tapi pernahkan kamu mendengar kata basa atau alkali ?. Apa yang kamu ketahui tentang basa ?.

Sebenarnya asam, basa dan garam memiliki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. 

Asam dan Basa merupakan sifat zat , sedangkan garam merupakan produk dari hasil reaksi antara asam dan basa. 

Zat- zat ini banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sangat penting kegunaanya. Sabun yang kamu gunakan untuk mandi, mencuci tangan, mencuci pakaian, mencuci motor dan mobil, obat sakit maag, garam dapur yang digunakan untuk memasak, soda gue yang biasa digunakan dalam mengembangkan kue-kue lezat, dan kaporit yang merupakan jenis garam yang dimasukan ke kolam renang supaya airnya terbebas dari kuman, cuka yang sering kamu tambahkan ke baso, sampai air aki yang digunakan untuk mesin mobil atau motor merupakan sebagian produk yang berhubungan dengan asam, basa dan garam.

Untuk mengetahui apa alasan zat-zat tersebut disebut dengan asam, basa atau garam ? kita akan bertualang dengan  mengupasnya ...

Isi Resensi

Buku ini disusun oleh PPM KIMIA UPI Bandung sebagai pelengkap kegiatan pendalaman materi Kimia IPA SMP, berdasarkan temuan dan kendala guru-guru IPA SMP, mata pelajaran IPA sebagaimana kita ketahui merupakan mata pelajaran gabungan /terpadu antara Biologi, Kimia dan Fisika. 

Kendalanya muncul ketika guru IPA lulusan Fisika  harus mengajarkan bab Kimia demikian juga guru Biologi sering mengeluh ketika harus mengajarkan bab Fisika atau Kimia.

Pada umumnya, ini yang saya temui di kabupaten Sumedang, mungkin juga sama kasusnya dengan daerah-daerah lain, guru lulusan KIMIA yang mengajar di tingkat SMP sangat jarang sekali, sehingga materi ajar kimia menjadi masalah tersendiri bagi guru IPA SMP.

Untuk itu guru-guru IPA membutuhkan sekali pendalaman materi ajar dari para dosen  perguruan tinggi. dan kehadiran PPM KIMIA UPI Bandung yang melakukan pendalaman materi Kimia untuk guru -guru IPA sangat membantu sekali.

Buku ini diperuntukan untuk jenjang SMP sebagai buku rujukan atau buku sumber mata pelajaran IPA SMP. Disusun dengan metode yang dikembangkan oleh Syaeful Anwar (2021) dengan nama  four Steps Teaching Material Development (4S TMD), sehingga memiliki kriteria kelayakan dari sebuah bahan ajar.

Bahan ajar ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, terasa renyah dan dekat dengan kehidupan keseharian serta tidak berat dengan bahasa dan istilah ilmiah yang rumit membuat siswa dapat memahaminya dengan mudah, walaupun digunakan untuk belajar secara mandiri.

Buku Asam Basa dan Garam ini, memiliki ketertarikan tersendiri karena didalamnya dilengkapi gambar, tabel, latihan soal, kegiatan dan percobaan serta permainan bersama untuk melatih siswa berkolaborasi dalam kelompok dan berani berdiskusi untuk mengungkapkan pendapatnya serta menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kimia asam dan basa yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya.

Kelebihan Buku:

Selain jenis kertas yang cerah, tebal dan memanjakan mata dengan warna-warni gambar, penulis menyodorkan beragam materi Asam basa dan garam yang relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, dengan bahasa yang sederhana memberikan kemudahkan siswa dalam belajar secara mandiri. 

Dibagian akhir buku, penulis menyempurnakan keunggulan buku ini dengan :
  1. mengidentifikasi miskonsepsi yang sering terjadi pada materi asam basa dan garam, hal ini membantu guru dan tentunya pembaca (siswa) sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama. 
  2. Istilah atau kata ilmiah yang tidak familiar yang memungkinkan bisa menyulitkan siswa di tutup dengan adanya Glosarium.

Kelemahan Buku

Pada bagian awal buku mulai dari kata pengantar dan daftar isi besarnya huruf sangat memanjakan mata, namun ketika masuk ke konten materi, ukuran hurup berubah menjadi ukuran yang lebih kecil yaitu ukuran font 10, sehingga sedikit mengganggu kenyamanan yang sudah ada.

Penutup

" Ilmu itu bagaikan kancil yang mudah lepas, dan buku adalah pengikatnya"
Terimakasih pada PPM KIMIA UPI Bandung, Nara sumber dan Penulis Buku ;
Dr. Paed Syaeful Anwar  |  Drs. Asep Suryatna,M.Si
Dr. Paed Syaeful Anwar  |  Drs. Asep Suryatna,M.Si

Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Asam Basa dan Garam (Resensi Buku)"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.