Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku

Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku.  buku kedua kiriman dari PPM KIMIA UPI Bandung sebagai buku rujukan pelajaran IPA SMP/MTs dengan judul " Bahan Kimia dalam kehidupan dan zat aditif " untuk dibagikan kepada guru-guru IPA yang terlibat dalam program Pendalaman materi ajar Kimia SMP. 

Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku.  buku kedua kiriman dari PPM KIMIA UPI Bandung sebagai buku rujukan pelajaran IPA SMP/MTs dengan judul " Bahan Kimia dalam kehidupan dan zat aditif " untuk dibagikan kepada guru-guru IPA yang terlibat dalam program Pendalaman materi ajar Kimia SMP.

Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku

2 buah Buku yang berjudul " Asam Basa dan Garam  dan Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif ". adalah buku pelengkap  pada program pendalaman materi ajar Kimia SMP bersama PPM KIMIA UPI Bandung dibawah bimbingan Dr. paed. Syaeful Anwar  dan Drs. Asep Suryatna,M.Si.

Semoga kedua buku tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kami guru IPA SMP di Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran, sehingga harapan penulis dengan hadirnya kedua buku tersebut siswa dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan.

Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku 2 buah Buku yang berjudul " Asam Basa dan Garam  dan Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif ". adalah buku pelengkap  pada program pendalaman materi ajar Kimia SMP bersama PPM KIMIA UPI Bandung dibawah bimbingan Dr. paed. Syaeful Anwar  dan Drs. Asep Suryatna,M.Si.  Semoga kedua buku tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kami guru IPA SMP di Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran, sehingga harapan penulis dengan hadirnya kedua buku tersebut siswa dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan.

Identitas Buku

  • Judul buku : Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif
  • Penulis : 
    1. Dr.paed.Syaeful Anwar, 
    2. Dr.rer.nat.Omay Sumarna,M.Si, 
    3. Drs. Yaya Sonjaya,M.Si
  • Penerbit : UPI Press 
  • Tanggal Terbit : Februari 2019
  • ISBN : 978-602-5643-41-5
  • Tebal halaman: 43 halaman
  • Lebar: 18.0 cm
  • Panjang: 24.0 cm
  • Berat: 178 gram
  • ketebalan kertas : 210 gsm
  • Jenis kertas : glossy art paper

Sinopsis Buku

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu tidak akan terhindar dari penggunaan bahan kimia dan zat aditif. banyak ditemui bahan kimia yang digunakan dirumah tangga dan dibidang industri.

Adapun zat aditif sering ditemui pada makanan, yaitu zat yang dapat berupa bahan pewarna, bahan pengawet bahan pemanis, bahan penyedap rasa, bahan penguat rasa, bahan pengatur keasaman makanan dan lain sebagainya.

Isi Resensi

Penyusunan buku ini didasarkan tuntunan kurikulum IPA yang harus disusun secara holistik, terpadu dan terintegrasi, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, dekat dan berdaya guna bagi kehidupannya, sehingga pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya baik secara konkret maupun abstrak, serta lahir sikap yang mensyukuri anugerah Alam Semesta yang dikaruniakan-Nya dengan memanfaatkannya secara bertanggungjawab.

buku dengan judul bahan kimia dalam kehidupan dan zat aditif ini menurut hemat saya sangat powerfull untuk dijadikan rujukan oleh para guru IPA dan tidak menutup kemungkinan untuk bisa dikembangkan lebih jauh dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan strategi yang bervariasi dan berdifensiasi sehingga bisa maksimal dalam mengembangkan potensi siswa.

Buku inipun menjelaskan usaha minimal yang dapat dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dan sesuai dengan tuntunan kurikulum yang berlaku, dilengkapi dengan pemaparan materi, ayo kita coba dan minilab, latihan soal, rangkuman menambah keistimewaan buku ini. 

Kelebihan Buku:

Kertas yang cerah, tebal dan memanjakan mata dengan warna-warni gambar, tabel yang menarik, menambah elegannya buku ini.

Penulis menyodorkan beragam materi bahan kimia dalam kehidupan dan zat aditif sesuai dengan judulnya sangat relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, penuturan bahasa yang sederhana dan interaktif membawa siswa dan pembaca terlibat aktif walau dilakukan dalam pembelajaran secara mandiri. 

Dibagian akhir buku, penulis melengkapinya dengan glosarium untuk kata-kata ilmiah, sehingga kata dan istilah sulit menjadi mudah di fahami.

Penutup

Saya percaya bahwa ilmu kimia bisa membuktikan keberadaan pencipta yang cerdas".(Thomas Alva Edison)
Terimakasih pada PPM KIMIA UPI Bandung, Nara sumber dan Penulis Buku.
Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Bahan Kimia dalam Kehidupan dan Zat Aditif | Resensi Buku"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.