Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian

Contoh Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian | pencemaran dan kerusakan lingkungan sudah begitu mengkhawatirkan, pembabatan lahan hutan yang dialihfungsikan untuk pemukiman dan industri, pengunaan kendaraan bermotor yang mengakibatkan polusi udara, industri dan prabrik serta limbah rumah tangga yang mencemari perairan itu semua menimbulkan dampak yang membahayakan kehidupan manusia. 

Sehingga upaya mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan dari semua orang tidak terkecuali menjadi cara bijak menjaga lingkungan.

Contoh Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian

Selain inovasi diberbagai sektor penunjang kehidupan manusia dalam menciptakan teknologi ramah lingkungan dan kebijakan yang pro lingkungan, sikap dan perilaku hemat energi adalah penting terus diupayakan dan dibudayakan pada kehidupan sehari-hari dalam menjaga lingkungan.

Berikut ini upaya dan contoh perilaku hemat energi dalam keseharian untuk menjaga kelestarian lingkungan yang diambil dari buku IPA  SMP kelas 9 semester 2  kemdikbud 2018 yang ditulis oleh Siti zubaedah  dkk serta dilengkapi dari berbagai sumber :

  1. Mengurangi dan menghemat BBM serta polusi udara dengan membudayakan penggunaan sepeda atau berjalan kaki untuk  kegiatan sehari-hari. Selain menghemat BBM, penggunaan  sepeda dan berjalan kaki, murah dan menyehatkan. 
    Mengurangi dan menghemat BBM serta polusi udara dengan membudayakan penggunaan sepeda atau berjalan kaki untuk  kegiatan sehari-hari. Selain menghemat BBM, penggunaan  sepeda dan berjalan kaki, murah dan menyehatkan.

  2. Mematikan kendaraan jika sedang tidak digunakan dan jangan  terlalu lama memanaskan kendaraan ketika akan digunakan.
  3. Menggunakan transportasi publik sehingga mengurangi jumlah kendaraan, karena pembakaran bahan bakar minyak menghasilkan polutan udara dan menimbulkan efek rumah kaca yang meningkatkan suhu bumi dan mempengaruhi perubahan iklim dunia
  4. Mematikan lampu waktu tidur dan saat siang hari, dengan membuka jendela agar cahaya matahari masuk ke dalam menerangi rumah, selain itu jendela yang terbuka akan memberikan sirkulasi udara pada rumah  yang dapat menghemat penggunaan AC .Ketika membangun dan merenovasi rumah perbanyaklah jendela.
  5. mematikan alat elektronika yang mengunakan energi listrik seperti TV, pemanas air , AC (pendingin ruangan) dan lainnya saat tidak digunakan, akan mengurangi penggunaan batubara dalam pembuatan energi listrik.mematikan alat elektronika yang mengunakan energi listrik seperti TV, pemanas air , AC (pendingin ruangan) dan lainnya saat tidak digunakan, sehingga mengurangi penggunaan batubara dalam pembuatan energi listrik.
  6. Jika menggunakan pompa air listrik untuk mengalirkan air, penuhilah bak mandi dan tempat penampungan air dalam sekali waktu. 
  7. Gunakan air secukupnya saat mandi dan mencuci serta aktifitas penggunaan air lainnya, tutup keran air setelah digunakan dengan rapat.
  8. Membuat jadwal mencuci dan menyetrika pakaian secara teratur, misal dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.
  9. Menutup pintu kulkas dengan rapat.
  10. Jika menggunakan kendaraan, sebaiknya berangkat lebih pagi agar terhindar dari kemacetan. Kemacetan di jalan membuat  kendaraan membuang bahan bakar secara percuma.
  11. Merawat peralatan elektronika dan kendaraan bermotor secara rutin dan berkala sehingga proses pelistrikan dan pembakaran mesinnya tidak boros.
  12. ikuti dan cari tahu informasi dan penggunaan serta perawatan alat di petunjuk penggunaan alat elektronika,
  13. Memilih peralatan rumah tangga yang hemat energi. Misalnya mengganti lampu pijar yang menghasilkan warna kuning dengan lampu neon yang menghasilkan warna putih atau lampu LED (light emitting diode) yang dapat bertahan hingga 15 tahun.
  14. Jangan buang kertas-kertas bekas begitu saja, gunakan kembali dan daur ulang karena setiap 1 rim kertas, berarti kita telah menebang sebuah pohon,yang berumur minimal 5 tahun.
  15. Budayakan perilaku 
    Reduce, Reuse, Repair, Refuse dan Recycle

  • 3R (Reduce ,Reuse dan Recyle)
  • 4R (Reduce, Reuse, Repair, dan Recycle)
  • 5R (Reduce, Reuse, Repair,Refuse, dan recyce) 
  • yaitu kurangi penggunaannya (reduce), misalnya kendaraan bermotor dengan jalan kaki atau bersepeda, kendaraan pribadi dengan alat tranportasi publik,   gunakan kembali (reuse), dengan menggunakan alat yang tidak sekali buang, perbaiki barang dan alat yang rusak (repair) sehingga berumur panjang dan awet, tolak (refuse) alat teknologi yang tidak ramah lingkungan, kemudian lakukan daur ulang (recycle)
Perilaku dan sikap hemat energi diatas akan memberikan keuntungan dan manfaat secara langsung maupun tidak langsung diantaranya :
Perilaku dan sikap hemat energi diatas akan memberikan keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung diantaranya :   Mengurangi penggunaan bahan bakar yang terbuat dari fosil, sehiingga bisa mengurangi polusi udara, dan mengurangi efek rumah kaca yang mempengaruhi iklim dunia. Mengurangi pencemaran lingkungan yaitu mengurangi polusi udara, polusi tanah dan air Alat elektronika menjadi awet dan tahan lama Mengurangi biaya pengeluaran dan pemeliharaan. hidup sehat

  1. Mengurangi penggunaan bahan bakar yang terbuat dari fosil, sehingga bisa mengurangi polusi udara, dan mengurangi efek rumah kaca yang mempengaruhi iklim dunia.
  2. Mengurangi pencemaran lingkungan baik polusi udara, polusi tanah dan air
  3. Alat elektronika menjadi awet dan tahan lama
  4. Mengurangi biaya pengeluaran dan pemeliharaan.
  5. hidup sehat 

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Contoh Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.