Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran berfokus pada kompetensi
yang bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pemasar sesuai
dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran adalah mata pelajaran kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam Program Keahlian Pemasaran yang berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada  konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran

    A. Rasional Dasar-Dasar Pemasaran

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran adalah mata pelajaran kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam Program Keahlian Pemasaran yang berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada 
    konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII. 

    Setelah mempelajari Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran dan materi lanjutan di kelas XI dan XII, peserta didik dapat bekerja sebagai: kasir, pramuniaga, sales
    executive, merchandiser, digital marketer, public relation, dan wirausaha, serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

    Pembelajaran dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana (passion), dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain :
    • project based learning, 
    • problem based learning, 
    • discovery and inquiry learning, 
    • teaching factory, 
    • serta model-model lainnya yang relevan.
    Penasaran ke 5 model pembelajaran diatas silahkan kepoin di 5 Sintaks Model Pembelajaran

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran memuat kompetensi soft skills dan hard skills. Soft skills berkontribusi untuk mengembangkan kapasitas peserta didik dalam bernalar kritis, mandiri, kreatif, dan adaptif. 

    Selain itu, juga menumbuhkan sikap dan karakter beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, dan berkebhinekaan global. Sedangkan hard skills difokuskan untuk penguasaan kompetensi spesifik sesuai dengan pekerjaan di dunia kerja.

    Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran

    B. Tujuan Dasar-Dasar Pemasaran

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills yang meliputi:
    1. memahami proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industri;
    2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini terkait dunia pemasaran;
    3. memahami profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran;
    4. memahami prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat, dan mempertahankan standar penampilan pribadi;
    5. memahami pola komunikasi dengan pelanggan;
    6. memahami dasar-dasar dalam pemasaran barang dan jasa dengan mengobservasi pasar dan mengidentifikasi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP marketing) pada ritel modern maupun tradisional, baik online maupun offline;
    7. memahami pola pelayanan pelanggan, berdasarkan prinsip pelayanan prima dengan penuh percaya diri; dan
    8. memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa, dengan mengenali sinyal-sinyal calon pelanggan agar dapat mewujudkan kepuasan pelanggan.

    Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Pemasaran

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran berfokus pada kompetensi yang bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pemasar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran membutuhkan daya nalar kritis, inovatif, kreatif, kerja keras, dan ulet, kemampuan dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, serta membangun kolaborasi. 

    Selain itu mata pelajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik
    tentang proses bisnis, perkembangan teknologi dan isu-isu terkini, job profile, serta peluang usaha di bidang pemasaran.

    Elemen dan Deskroipsi serta capaian Pembelaajaran Dasar-Dasar Pemasaran silahkan cek di bawah :

    D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran

    Pada akhir fase E (kelas X SMK) peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai Program Keahlian Pemasaran, memiliki gambaran karir dan rencana pengembangan diri di bidang pemasaran yang sesuai dengan bakat, minat, dan renjana (passion), serta mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam elemen-elemen Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran. 

    Capaian pembelajaran pada elemen-elemen Mata Pelajaran Dasar-Dasar
    Pemasaran dapat diuraikan sebagai berikut:

     

    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat 
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran"

    Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.