Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

Mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan berkontribusi dalam memampukan peserta didik menguasai keahlian perhotelan (Hotelier), yang tergambarkan pada Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan.
Mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan adalah pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang dasar- dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang hotelier.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

A. Rasional Dasar-Dasar Perhotelan 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan adalah pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang dasar- dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang hotelier.

Berupa keseluruhan kompetensi soft skills dan hard skills yang meliputi  :
  • salah satu atau keseluruhan rangkaian kegiatan operasional hotel dan menjadi landasan bagi peserta didik untuk mendalami industri perhotelan, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia pariwisata dan perhotelan, 
  • dasar penerapan layanan prima (excellent service) pada industri perhotelan, 
  • profil entrepreneur, 
  • peluang usaha dan pekerjaan/profesi pelayanan jasa perhotelan, 
  • tahapan operasional perhotelan secara menyeluruh dengan layanan prima (excellent service).
Fungsi mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan untuk membekali dan menumbuhkembangkan kebanggaan pada peserta didik agar memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas, profesional memiliki daya saing, kreativitas dan pencapaian dari pengetahuan dasar tersebut untuk memotivasi diri sendiri agar peserta didik mampu menghadapi tantangan global dan perubahan
zaman sebagai seorang hotelier yang memiliki kemampuan berwirausaha dan problem solving. 

Topik pembelajaran atau kasus yang ditentukan lebih menekankan pada kegiatan sehari-hari dan diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang mengacu
pada standar kurikulum ASEAN yaitu Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC) serta Matematika, sehingga peserta didik dapat mengekspresikan kemampuan berpikirnya secara terstruktur dan memiliki pemahaman Bahasa Inggris yang komunikatif dan membentuk kebiasaan berpikir logis. 

Sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan kompetensi Dasar-Dasar Perhotelan dan konsentrasi, dilaksanakan pembelajaran di kelas XI dan XII.

Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran diantaranya :
  • model project-based learning, 
  • discovery learning, 
  • problem-based learning, 
  • teaching factory atau 
  • inquiry learning yang mengacu pada MRA-CATC tentang sertifikasi standar ASEAN dan KKNI minimal level 2, disesuikan dengan peta okupasi dan standar industri mitra. 
Lebih jauh tentang ke 5 model pembelajaran tersebut diatas, silahkan kunjungi 5 Sintaks Model Pembelajaran

Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan dapat dilakukan secara sistem blok (block system) disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan berkontribusi dalam memampukan peserta didik menguasai keahlian perhotelan yang mengacu pada Profil pelajar Pancasila, dengan memegang teguh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia terhadap manusia dan alam, bernalar kritis, mandiri, kreatif, komunikatif dan adaptif terhadap lingkungan.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

B. Tujuan Dasar-Dasar Perhotelan 

Tujuan mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) meliputi:
  1. memahami proses bisnis industri perhotelan;
  2. memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia pariwisata dan perhotelan;
  3. memahami profil entrepreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi pelayanan jasa perhotelan;
  4. memahami dasar penerapan layanan prima (excellent service) pada industri perhotelan/industri pelayanan/industri keramahtamahan; dan
  5. memahami tahapan operasional perhotelan secara menyeluruh dengan layanan prima (excellent service).

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

C. Karakteristik Dasar-Dasar Perhotelan 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan menekankan pada aspek- aspek yang berkaitan dengan kedisiplinan, keramahtamahan, rendah hati, kerapian, kebersihan, ketangguhan, kesabaran, ketelitian, komunikatif, kerja sama, empati, kreatif dan etika kerja sebagai hotelier. Adapun aspek yang dipelajari adalah sebagai berikut.

D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan 

Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen- elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perhotelan.

Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan  yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat 
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.